Jokowi Minta Industri Percepat Vaksinasi Booster di Kawasan Mereka

Jokowi minta tingkat ekspor tidak terkendala

Bandung, IDN Times – Presiden Joko “Jokowi” Widodo meminta seluruh stakeholder sektor industri untuk bisa mempercepat pelaksanaan vaksin booster di kawasan mereka.

Hal tersebut ia sampaikan lewat teleconfrence zoom meeting, ketika menghadiri audiensi dengan para peserta vaksin booster kawasan industri di 24 titik seluruh Indonesia pada Kamis (24/2/2022).

Bagaimana respons pelaku industri terhadap perintah Jokowi?

1. Jokowi secara khusus minta percepatan vaksin booster di Cilegon

Jokowi Minta Industri Percepat Vaksinasi Booster di Kawasan MerekaJoko Widodo di depan para pelaku industri (IDN Times/Istimewa)

Salah satu peserta yang hadir ialah para perwakilan kawasan industri Kota Cilegon, Banten. Saat menyapa kawasan industri Kota Cilegon, Jokowi menginstruksikan kepada Ridi Djajakusuma, Direktur Utama PT. Kraktau Sarana Properti (KSP), untuk mempercepat pelaksanaan vaksin booster di areanya guna membangkitkan lagi perekonomian Indonesia agar semakin stabil.

"Segera percepat pelaksanaan vaksin booster di kawasan industri Kota Cilegon dengan semaksimal mungkin. Ekspor harus jalan lagi dan produksi tetap jalan terus, agar ekonomi kita bisa bangkit lagi," ujar Jokowi, dalam siaran pers yang diterima IDN Times, Kamis (24/2/2022).

2. Vaksin booster di kawasan industri Cilegon telah menyasar 1.000 orang

Jokowi Minta Industri Percepat Vaksinasi Booster di Kawasan MerekaJoko Widodo di depan para pelaku industri (IDN Times/Istimewa)

Menanggapi hal tersebut, Ridi memberikan data terkait pelaksanaan vaksin booster di wilayahnya. Instruksi yang diamanahkan Jokowi bakal segera dijalankan, agar kawasan industri Cilegon bisa memberikan kontribusi yang lebih baik lagi untuk perekonomian Indonesia.

"Kami laporkan target vaksin booster untuk kawasan industri Cilegon sampai hari ini mencapai 1.000 peserta, mulai dari karyawan Krakatau Steel Group, keluarga, dan tenant KSP yang terdiri dari perusahaan PMA dan PMDN.”

“Selanjutnya kami akan menjalankan instruksi Bapak Presiden dengan sebaik mungkin," Kata Ridi, dalam laporannya.

3. Kegiatan diikuti oleh kawasan industri hampir di seluruh Indonesia

Jokowi Minta Industri Percepat Vaksinasi Booster di Kawasan MerekaIlustrasi industri/pabrik. IDN Times/Arief Rahmat

Vaksin booster kawasan industri di 24 titik hari ini diikuti kurang lebih 145 ribu penerima vaksin. Kegiatan ini dilaksanakan dan diikuti oleh kawasan industri baik di pulau Jawa maupun Sumatera hingga Sulawesi seperti Kawasan Industri Medan, Gresik, Jababeka Karawang, Jabar Industrial Estate, Jakarta Industrial Estate Pulogadung (JIEP), hingga Morowali Industrial Park di Sulawesi Tengah.

"Kawasan industri Kota Cilegon sejauh ini masih stabil meskipun di beberapa sektor terkena imbas pandemi. Di area KSP untuk bisnis pergudangan masih bagus dan okupansi yang diisi oleh para tenan dalam kawasan (juga bagus),” ujar Ridi.

Baca Juga: Jokowi: Vaksin Booster Harus Diberikan untuk Kawasan Industri

Baca Juga: 7 Pekerja Kawasan Industri Terpadu Batang Probable COVID-19 Omicron

Baca Juga: Dorong Produktivitas Pekerja, BPJamsostek Gelar Vaksinasi di Kawasan Industri     

Topik:

  • Galih Persiana

Berita Terkini Lainnya