IYC 2021 Segera Digelar, Ada Real Madrid dan Barcelona U-18

Turnamen akan menjadi soft launching JIS

Bandung, IDN Times – Turnamen olahraga bergengsi Internasional Youth Championship (IYC) 2021 segera digelar pada 4-11 Desember 2021. Kompetisi ini bakal diikuti oleh tiga klub besar Spanyol, di antaranya ialah Real Madrid U-18, FC Barcelona U-18, dan Atletico Madrid U-18.

Kompetisi yang diprediksi akan mencuri perhatian pecinta sepak bola Indonesia akan digelar sekaligus menjadi soft launching Jakarta International Stadium (JIS). Stadion ini akan menjadi lokasi pertandingan untuk babak final dan perebutan juara ke-3 IYC 2021, yakni pada 11 Desember 2021.

Sementara untuk babak lainnya, turnamen IYC 2021 akan digelar di Bali tepatnya di Stadion Kapten I Wayan Dipta, khususnya untuk babak penyisihan yang digelar pada 4-8 Desember 2021.

Manael Sudarman, Direktur Usaha Jakarta Experience Board (promotor IYC 2021), mengatakan jika sebenarnya rangkaian IYC 2021 sudah berlangsung sejak pertengahan November 2021.

“Jadi rentetan acara ini akan berlangsung dimulai dari tanggal 18 November. Kemudian pertandingan pertama akan dilakukan di tanggal 4 Desember di Bali, dan nanti akan diakhiri dengan acara puncak pada tanggal 11 Desember di Jakarta International  Stadium,” kata Manael, dalam konferensi pers IYC 2021 yang digelar pada Rabu (1/12/2021).

1. IYC 2021 disiarkan di MNC

IYC 2021 Segera Digelar, Ada Real Madrid dan Barcelona U-18IYC 2021 (IDN Times/Istimewa)

Turnamen sepak bola ini akan disiarkan di tiga stasiun televisi milik MNC Group, antara lain RCTI, MNC TV, dan INews. Untuk memudahkan jangkauan, MNC Group juga memastikan bahwa tiap pertandingan akan disiarkan di platform media digital mereka: RCTI dan Vision+,  juga program Soccer Channel yang disiarkan di MNC Vision.

Direktur Program MNC Group, Dini Putri, mengatakan jika perusahaannya berkomitmen untuk dapat menyiarkan turnamen ini secara live dan sebaik mungkin.

“Turnamen bola ini sebetulnya buat kami sangat esensial untuk berpartisipasi di sana, apalagi setelah kondisi pandemi COVID-19 yang berjalan cukup lama,” kata Dini.

Di sisi lain, Dini juga mengaku bahwa MNC memiliki maksud lain dalam keterlibatannya sebagai stasiun televisi yang menyiarkan IYC 2021. MNC Group, kata dia, ingin menunjukkan pada dunia bahwa Indonesia telah berhasil mengontrol penyebaran COVID-19 dengan baik sehingga kini bisa kembali menggelar pertandingan sepak bola.

“Kami ingin menunjukkan ke dunia internasional, bagaimana Indonesia sudah ikut berjuang untuk menangani pandemi secara benar. Message yang akan disampaikan nanti, di luar dari kompetisi ini, adalah bagaimana kami bangsa Indonesia berjuang untuk melakukan ini semua supaya kita punya tatanan hidup yang baik dalam waktu segera,” kata dia.

2. Pemerintah berharap JIS dimanfaatkan sebaik mungkin

IYC 2021 Segera Digelar, Ada Real Madrid dan Barcelona U-18Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan saat memantau pembangunan Jakarta International Stadium pada Kamis (23/9/2021). (IDN Times/Athif Aiman)

Sementara itu, Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga DKI Jakarta, Achamd Firdaus, mengatakan jika pemerintah sudah tak sabar melihat adanya pertandingan bergengsi yang digelar di Jakarta International Stadium.

Bagaimana tidak, kata dia, JIS merupakan persembahan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, untuk masyarakat Ibu Kota.

“Jadi Jakarta International Stadium dipersembahkan untuk warga Jakarta yang nantinya ada event-event yang bersifat internasional, dan bisa dinikmati oleh warga Jakarta, khususnya. Harapannya Jakarta International Stadium benar-benar digunakan semaksimal mungkin dan untuk masyarakat Jakarta,” ujarnya.

3. Proyek JIS belum sepenuhnya rampung

IYC 2021 Segera Digelar, Ada Real Madrid dan Barcelona U-18Suasana lapangan latih usai diresmikan di Jakarta International Stadium (JIS), Jakarta, Senin (28/12/2020). JIS direncanakan mempunyai lapangan utama yang dapat menampung penonton hingga 82 ribu dengan fasilitas berstandar internasional. (ANTARA FOTO/Rivan Awal Lingga)

Direktur Proyek Jakarta Propertindo, Iwan Takwin, mengakui bahwa Jakarta International Stadium belum sepenuhnya siap dipakai. Masih ada tahap finalisasi, utamanya untuk beberapa fasilitas di stadion tersebut.

Namun, alih-alih pesimistis, ia justru terpacu untuk segera merampungkan tugasnya. “Ini menjadi tantangan bagi kami bagaimana bisa menyediakan fasilitas-fasilitas yang ada di sana, tentunya dengan standar internasional atau standard FIFA," ujar Iwan.

4. Turnamen besar untuk pembinaan sepak bola usia muda

IYC 2021 Segera Digelar, Ada Real Madrid dan Barcelona U-18Aksi pemain SSB Generasi Medan (IDN Times/Doni Hermawan)

Di sisi lain, Chairman Pancoran Soccer Field (PSF), I Gede Widiade, menjelaskan jika Indonesia punya catatan baik dalam menjamu tim-tim besar yang datang. Pada 2018, kata dia, Indonesia sempat kedatangan Real Madrid, Arsenal, Inter Milan, yang bertemu dengan Indonesia All Star.

Namun, di balik sebuah gelaran olahraga yang megah, Gede mengatakan, terdapat misi besar yang harus dapat dimanfaatkan. “Tujuan mengadakan turnamen ini adalah untuk membantu program pemerintah di antaranya yaitu pembinaan sepak bola usia muda,” ujar Gede.

Gede juga menjelaskan alasan di balik penunjukkan Bali dan Jakarta sebagai tuan rumah IYC 2021. Bali, kata dia merupakan cerminan dari kota pariwisata populer di Indonesia.

“Sementara kenapa di Jakarta? Karena Jakarta merupakan representatif kota besar di Indonesia. Dua kota ini diharapkan bisa menjadi representative kota yang dapat di informasikan kepada masyarakat dunia,” tuturnya.

Baca Juga: 6 Pemain yang Sukses di Real Madrid dan Juventus, Ronaldo Terhebat

Baca Juga: 5 Pemain yang Berpotensi Dilepas Real Madrid di Transfer Januari 2022

Baca Juga: 30 Pemain Timnas Indonesia untuk Piala AFF 2020

Topik:

  • Galih Persiana

Berita Terkini Lainnya