Ingin Segera PTM, Susu Asal Subang Ini Gelar Vaksinasi Anak

Setelah Subang, kini Milklife vaksinasi di Rembang

Subang, IDN Times – Milklife, jenama susu asal Subang, Jawa Barat, baru saja menggelar vaksinasi anak di Kabupaten Rembang, Jawa Tengah. Vaksinasi tersebut menyasar anak usia 6-11 tahun, dan dikerjasamakan oleh PT. Global Dairi Alami (produsen Milklife) dengan Pemerintah Kabupaten Rembang.

Program tersebut digelar bersamaan dengan implementasi atas Instruksi Menteri Dalam Negeri (Inmendagri) nomor 66 tahun 2021 tengah bergulirnya vaksinasi COVID-19 di kalangan anak. Tujuannya tak lain untuk mempercepat terbentuknya kekebalan komunal di tengah masyarakat, serta mendukung proses pembelajaran tatap muka (PTM) di sekolah-sekolah.

1. Rembang dipilih setelah Subang

Ingin Segera PTM, Susu Asal Subang Ini Gelar Vaksinasi AnakVaksinasi Anak di Rembang (IDN Times/Istimewa)

Direktur Marketing PT Global Dairi Alami, Soegiono, menuturkan jika perusahaannya memang merasa harus ambil bagian dalam upaya melindungi anak-anak Indonesia dari bahaya COVID-19. Melansir data satgas COVID-19 RI, sebanyak 13,1 persen pasien positif COVID-19 di Indonesia berasal dari kalangan anak dan remaja usia 0-18 tahun.

Untuk itu, program vaksinasi bagi anak merupakan langkah penting guna memberikan anak-anak ‘tameng’ ketika melakukan aktivitas utamanya, yakni belajar baik di rumah maupun di sekolah.

Sebelum Rembang, Susu MilkLife juga sempat menjalankan program vaksinasi di daerah mereka yakni Subang, Jawa Barat, dan juga mendukung kegiatan vaksinasi anak di berbagai sekolah yang ada di wilayah DKI Jakarta.

“Program vaksinasi bagi anak ini juga menjadi upaya penting guna menjaga dan memastikan anak-anak selalu sehat dan terhindar dari acaman penyakit, khususnya COVID-19,” ujar Soegiono, dalam rilis yang diterima IDN Times, Jumat (20/1/2022).

“Untuk itu, kegiatan vaksinasi anak ini memang harus dilakukan secara bersama-sama oleh semua pihak baik dari sektor pemerintah maupun sektor swasta agar anak-anak sesegera mungkin mendapat perlindungan melalui vaksin,” tutur dia.

2. Orangtua diimbau ikut memantau kesehatan anak

Ingin Segera PTM, Susu Asal Subang Ini Gelar Vaksinasi AnakIlustrasi anak-anak (IDN Times/Dwifantya Aquina)

Bagi Milklife, program vaksinasi anak ini selaras dengan kampanye Berani Minum Susu yang mereka gagas. Pasalnya, susu sapi segar merupakan salah satu sumber vitamin D alami yang berguna dalam menjaga imunitas tubuh.

Vitamin D, kata Soegiono, berperan penting bagi pertumbuhan tulang dan gigi anak serta terbukti menurunkan risiko infeksi saluran penapasan.

“Selain itu kami imbau agar orangtua juga berperan dalam me-monitoring anak untuk menjaga kesehatannya sebelum pemberian vaksin dengan istirahat yang cukup, menjaga pola makan, dan tidak melakukan aktivitas berat agar kondisi badan anak tetap sehat dan terjaga,” katanya.

3. Kolaborasi penting untuk mengejar target vaksinasi

Ingin Segera PTM, Susu Asal Subang Ini Gelar Vaksinasi Anakilustrasi vaksinasi COVID-19 (IDN Times/Uni Lubis)

Dalam rilis yang sama, Wakil Bupati Rembang Mochamad Hanies Cholil Barro menuturkan jika kolaborasi lintas instansi dan elemen masyarakat membuat capaian vaksinasi di Rembang berada di atas anjuran pemerintah pusat.

Saat ini capaian vaksinasi dosis pertama di Kabupaten Rembang mencapai lebih dari 80 persen, sementara warga yang telah mendapat vaksinasi dosis kedua berada di angka 49 persen.

Raihan tersebut membuat Pemkab Rembang optimistis memasang target tinggi dalam program vaksinasi anak yakni 57 ribu siswa yang berasal dari 422 sekolah dan tersebar di 14 kecamatan.

“Dengan sebaran dan target yang besar ini, kolaborasi dari berbagai pihak tentunya diperlukan agar program dapat berjalan sukses. Semoga kerja gotong royong ini sesegera mungkin mencapai target sehingga dapat melindungi anak-anak dari bahaya COVID-19,” tutur Hanies.

4. Target 100 persen anak telah terima vaksin di awal Februari 2022

Ingin Segera PTM, Susu Asal Subang Ini Gelar Vaksinasi AnakVaksin Sinovac (Dok. Biro Pers Kepresidenan)

Pemkab Rembang menargetkan 100 persen anak menerima vaksin dosis pertama pada awal Februari 2022, sehingga para orangtua merasa anaknya lebih terlindungi ketika mengikuti pembelajaran tatap muka di sekolah.

Berdasarkan data Dinas Kesehatan Kabupaten Rembang, hingga Kamis (20/1), jumlah anak yang telah mendapatkan vaksin dosis pertama mencapai 36.500 anak atau 58 persen dari target yang diharapkan.

“Melihat banyaknya pihak yang turun tangan membantu program ini, saya optimistis vaksinasi anak akan rampung pada awal Februari untuk dosis pertama dan di bulan Maret mereka sudah memperoleh vaksin dosis lengkap,” tuturnya.

Program vaksinasi anak usia 6-11 tahun dimulai pada 17 Januari hingga 18 Februari 2022 untuk dosis pertama. Sementara dosis kedua akan diberikan dalam rentang waktu 21 Februari hingga 25 Maret mendatang.

Program ini menggunakan vaksin Sinovac yang berasal dari Dinas Kesehatan Rembang, Polres Rembang dan juga Kodim Rembang. Adapun vaksinator dan tenaga kesehatan akan diterjunkan oleh puskesmas yang berada di wilayah vaksinasi.

Baca Juga: Kejar Target Vaksinasi, Polda Kaltim Rencanakan Vaksinasi Door to Door

Baca Juga: Gebyar Vaksinasi, Baznas Jabar Genjot Vaksinasi di Pesantren

Baca Juga: Kejar Target, Vaksinasi Anak di Kota Cirebon Sudah 77,46 Persen

Topik:

  • Galih Persiana

Berita Terkini Lainnya