Hadiri B20, Pendiri Binance Ingatkan Perlindungan Konsumen

Ada ajakan perancangan standar bisnis bersama

Bandung, IDN Times - Changpeng Zhao (CZ), pendiri sekaligus CEO Binance, menjadi salah satu pembicara yang hadir dalam rangkaian Business 20 (B20) 2022 di Bali. B20, seperti kita tahu, memang menjadi momentum di mana pebisnis secara global berkumpul setelah presidensi G20.

Binance bergelut pada ekosistem blockchain terkemuka di dunia dan penyedia infrastruktur mata uang kripto.

Sementara B20 Summit Indonesia 2022 digelar sebagai tempat para pebisnis dari seluruh dunia untuk berkumpul dan berbagi pandangan tentang tantangan bisnis internasional dan prakarsa pertumbuhan di masa depan.

Tema B20 kali ini merupakan “Advancing Innovative, Inclusive, and Collaborative Growth” yang mendukung tema G20, “Recover Together, Recover Stronger.”

1. Perlindungan pengguna merupakan tanggung jawab pelaku industri

Hadiri B20, Pendiri Binance Ingatkan Perlindungan KonsumenPexels

CZ menjadi salah satu di antara sekelompok pimpinan bisnis global yang membahas masa depan teknologi dan pentingnya membangun lanskap teknologi dan talenta global.

Dia berbicara sebagai bagian dari sesi pleno dengan tema “Memanfaatkan Kekuatan Inovasi untuk Pertumbuhan Ekonomi Masa Depan”. Lewat kesempatan itu, ia menekankan bahwa perlindungan pengguna (platform) merupakan tanggung jawab pelaku industri.

“Semua orang di industri ini memiliki tanggung jawab untuk melindungi pengguna. Kami berharap para pelaku industri dapat bekerja sama untuk mengumpulkan pendapat dan menetapkan standar yang kuat,” kata dia, dalam siaran pers yang diterima IDN Times, Rabu (30/11/2022).

2. CZ mengajak merancang standar bisnis bersama

Hadiri B20, Pendiri Binance Ingatkan Perlindungan KonsumenBinance (IDN Times/Istimewa)

Mengingat rangkaian hal yang terjadi di tahun ini, Binance melihat pentingnya mengembangkan pedoman perlindungan pengguna bersama pelaku industri lain.

“Kami akan mencoba untuk bertemu dengan para pelaku lain dalam industri untuk membentuk standar bisnis bersama,” tuturnya. Kolaborasi antarpelaku industri, kata CZ, dapat dilakukan dengan tujuan yang sama yakni untuk membuat industri lebih tangguh.

3. Seberapa penting forum B20?

Hadiri B20, Pendiri Binance Ingatkan Perlindungan KonsumenUpacara pembukaan G20 Indonesia (g20.org)

B20 adalah forum dialog resmi bagi komunitas bisnis untuk berkomunikasi dan berbagi aspirasi mereka dengan pemerintah G20.

Lebih dari 60 pemimpin bisnis termasuk Jeff Bezos (Executive Chair, Bezos Earth Fund; Executive Chairman, Amazon), Mark Tucker (Group Chairman, HSBC Holdings), Euisun Chung (Executive Chair, Hyundai Motor Group), Febriany Eddy (CEO, Vale Indonesia), hingga Mohammed Y. Al Qahtani (Senior Vice President, Saudi Aramco) menghadiri forum tersebut.

Forum B20 menyita perhatian banyak orang. Bagaimana tidak, lewat berbagai pembahasan yang muncul di sana, pemangku kebijakan dapat membentuk iklim bisnis yang kondusif dan berbuntut pada pertumbuhan ekonomi yang diharapkan.

Baca Juga: Organizing Committee B20 Indonesia Nyatakan Kesiapan Jelang B20 Summit

Baca Juga: Menjadi The Next Elon Musk di Asia, Obrolan dari Panggung B20

Topik:

  • Galih Persiana

Berita Terkini Lainnya