Guru Bahasa Inggris di Labuan Bajo Dapat Pendidikan ala EF

Langkah ini diambil untuk dukung upaya pemerintah

Bandung, IDN Times - Bahasa Inggris adalah bahasa yang paling banyak digunakan di dunia, maka dan menjadi  bahasa ini merupakan bahasa ibu untuk lebih dari 400 juta orang diseluruh dunia. Bahasa Inggris juga menjadi bahasa yang paling sering digunakan termasuk di sektor wisata.

Sebagai upaya mendukung pemerintah untuk program edukasi dan meningkatkan kemampuan berbahasa Inggris bagi siswa-siswi di daerah pariwisata, EF Kids & Teens Indonesia memberikan Program Pelatihan Bahasa Inggris untuk tenaga pendidik sekolah dasar dan sekolah menengah pertama berbagai daerah wisata yang tercakup dalam Daerah Pariwisata Super Prioritas dan beberapa destinasi wisata lainnya seperti Mandalika, Samosir, Labuan Bajo, Bromo, Magelang, dan Kepulauan Seribu.

Setelah sukses melaksanakan pembukaan pelatihan Bahasa Inggris di empat kabupaten yaitu Lombok Tengah, Samosir, Kepulauan Seribu dan Probolinggo, EF Kids & Teens bekerja sama dengan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Manggarai Barat memulai Program Pelatihan Bahasa Inggris yang diikuti oleh 50 orang tenaga pendidik sekolah dasar yang berasal dari Kabupaten Manggarai Barat.

Acara pembukaan ini dilakukan di SMPK St. Ignatius Loyola Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur. Acara pembukaan ini dihadiri oleh Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Manggarai Barat, Yohanes Hani; dan Director of Corporate Affairs EF Kids & Teens Indonesia, Juli Simatupang.

Dalam Program Pelatihan Bahasa Inggris, EF Kids & Teens membagikan metode fun learning yang kreatif dan efektif bagi tenaga pendidik untuk menyampaikan materi pembelajaran Bahasa Inggris ke siswa dan siswi peserta didik.

Program pelatihan ini terdiri dari workshop secara tatap muka langsung dan workshop melalui online yang diadakan selama empat bulan secara intensif. Terdapat banyak modul pembelajaran yang dapat dipraktikkan oleh para tenaga pendidik yang mudah diaplikasikan dalam proses belajar mengajar.

1. Sejak 2014 EF sudah kirimkan tenaga pengajar muda

Guru Bahasa Inggris di Labuan Bajo Dapat Pendidikan ala EFGuru Bahasa Inggris di Labuan Bajo Dapat Pendidikan ala EF (IDN Times/istimewa)

Country Director EF Kids and Teens Indonesia, Suryadi Afan, mengatakan jika sebagai sekolah Bahasa Inggris terbesar di dunia, EF Indonesia berkomitmen turut serta memajukan pendidikan di Indonesia, terutama dalam meningkatkan kemampuan penguasaan Bahasa Inggris dan pengembangan metode fun learning secara berkesinambungan.

“Progam pelatihan ini juga bukan yang pertama kali kami lakukan, sebelumnya kami telah melakukan program pelatihan bagi tenaga pendidik PAUD. Selain itu, EF juga telah menyelenggarakan program dukungan untuk Pengajar Muda #TeacherforTheFuture ke berbagai daerah pelosok Indonesia,” kata Suryadi Afan, dalam siaran pers yang diterima IDN Times, Selasa (10/10/2023).

Sejak 2014 hingga saat ini, EF telah mengirimkan pengajar muda guna mendukung pengembangan kapasitas tenaga pendidik ke beberapa daerah pelosok Indonesia seperti Kabupaten Natuna, Riau, Kabupaten Paser di Kalimantan Timur, dan Kabupaten Boalemo, Gorontalo.

2. Tahun ini EF fokus kembangkan kualitas tenaga pendidik SD dan SMP

Guru Bahasa Inggris di Labuan Bajo Dapat Pendidikan ala EFGuru Bahasa Inggris di Labuan Bajo Dapat Pendidikan ala EF (IDN Times/istimewa)

Lebih lanjut Suryadi Afan menyampaikan bahwa tahun ini EF fokus pada pengembangan tenaga pendidik sekolah dasar dan sekolah menengah pertama di wilayah program Daerah Pariwisata Super Prioritas (DPSP) dan cakupan destinati wisata lainnya di Indonesia.

“EF telah melaksanakan Pelatihan Berbahasa Inggris untuk empat kabupaten dengan total jumlah tenaga pendidik 275 orang, sebanyak 157 orang dari tingkat SD serta 118 orang dari tingkat SMP dan akan terus bertambah,” kata Suryadi.

Dalam acara Press Conference KTT ASEAN ke-42, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif menyampaikan bahwa Labuan Bajo akan menjadi destinasi MICE (Meeting, Incentive, Conference, Exhibition) kelas dunia.

Sebagai bentuk dukungan atas program tersebut, EF Kids & Teens Indonesia pun menunjukkan komitemen dengan membantu peningkatkan kemampuan Berbahasa Inggris di area Labuan Bajo.

“Kami mengapresiasi Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Manggarai Barat yang memberikan respons positif dan bersinergi dengan baik sehingga program ini dapat mulai berjalan hari ini,” tuturnya.

3. Program EF di Labuan Bajo memang diperlukan daerah tersebut

Guru Bahasa Inggris di Labuan Bajo Dapat Pendidikan ala EFPink Beach, Labuan Bajo, Kabupaten Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur (NTT). (dok. Kemenparekraf)

Yohanes Hani, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Manggarai Barat mengatakan jika saat ini dunia pendidikan membutuhkan program-program yang dapat meningkatkan mutu dan kualitasnya, terutama bagi para tenaga pendidik.

“Peningkatan mutu dan kualitas Berbahasa Inggris juga dapat diciptakan dengan suasana belajar Bahasa Inggris yang menyenangkan bagi siswa-siswi di sekolah. Mengingat Labuan Bajo adalah salah satu destinasi pariwisata super prioritas, di mana banyak wisatawan mancanegara yang datang, maka upaya edukatif yang dibawa oleh EF sangat membantu kami, khususnya bagi para tenaga pendidik,” tutur Yohanes.

4. Modul-modul akan dibuat lebih interaktif

Guru Bahasa Inggris di Labuan Bajo Dapat Pendidikan ala EFGuru Bahasa Inggris di Labuan Bajo Dapat Pendidikan ala EF (IDN Times/istimewa)

Director of Corporate Affairs EF Kids and Teens Indonesia, Juli Simatupang, mengatakan bahwa lembaganya menyasar para tenaga pendidik agar memiliki kapabilitas yang mumpuni untuk menyampaikan materi pengajaran kepada para peserta didiknya.

“Nantinya modul-modul ini dapat membantu para tenaga pendidik dalam mengajarkan Bahasa Inggris ke peserta didik. Dengan demikian, anak didik lebih percaya diri untuk berkomunikasi dengan Bahasa Inggris,” tuturnya.

Modul pembelajaran yang diberikan ke para tenaga pendidik terdiri dari pelatihan berbagai strategi dan teknik pengajaran yang menciptakan pembelajaran yang positif, interaktif dan menyenangkan.

Baca Juga: 6 Alasan Bahasa Indonesia Mudah Dipelajari Pengguna Bahasa Inggris

Baca Juga: 6 Kunci Sukses Berbicara Bahasa Inggris dengan Percaya Diri

Topik:

  • Galih Persiana

Berita Terkini Lainnya