Comscore Tracker

Dinilai Berpihak ke Lingkungan, Ridwan Kamil dapat Nirwasita Tantra

IKLH Jabar terus mengalami peningkatan

Bandung, IDN Times - Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil menerima Penghargaan Nirwasita Tantra tahun 2022 dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) di Jakarta, Rabu (20/7/2022). Iamerupakan salah satu dari 42 kepala daerah di Indonesia yang menerima penghargaan tersebut.

Selain itu, Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) juga menyerahkan penghargaan Kalpataru tahun 2022 kepada sepuluh warga penerima. Penghargaan diserahkan langsung Wakil Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) Alue Dohong di Jakarta.

1. Ridwan Kamil terima Nirwasita Tantra

Dinilai Berpihak ke Lingkungan, Ridwan Kamil dapat Nirwasita TantraIDN Times/Debbie Sutrisno

Emil, sapaan akrab Ridwan Kamil, menerima penghargaan Nirwasita Tantra atau Green Leadership tingkat nasional sebagai kepala daerah yang dalam kepemimpinannya berhasil merumuskan dan menerapkan kebijakan sesuai prinsip metodologi pembangunan berkelanjutan.

Dengan regulasi itu, kepemimpinan Emil dinilai memberi peningkatan pada kualitas lingkungan hidup.

Penetapan pemenang itu telah sesuai dengan SK Penghargaan Kalpataru tahun 2022 berdasarkan Surat Keputusan Menteri LHK Nomor SK.533/MENLHK/PSKL/PSL.3/5/2022 tanggal 30 Mei 2022, dan SK Penetapan penerima penghargaan Nirwasita Tantra tahun 2022 berdasarkan Surat Keputusan Menteri LHK Nomor 161, 162 dan 553.

2. Ridwan Kamil fokus perbaiki kualitas lingkungan hidup

Dinilai Berpihak ke Lingkungan, Ridwan Kamil dapat Nirwasita TantraRidwan Kamil terima penghargaan Nirwasita Tantra (IDN Times/Istimewa)

Selama mempimpin Jawa Barat, Emil memang telah meluncurkan berbagai upaya dalam tujuan peningkatan kualitas lingkungan. Termasuk upaya-upaya yang ia lakukan pada program peningkatan kualitas sungai Citarum.

Pada November 2021, ia mengatakan bahwa indeks kualitas lingkungan hidup (IKLH) di Jawa Barat dalam dua tahun terakhir terus menunjukkan grafik perbaikan.

Pada 2019, IKLH Jabar mencapai 51,64 yang berarti masih dalam kategori kurang baik. Setelah melancarkan sederet upaya, pada 2020, IKLH Jabar menunjukkan perbaikan ke angka 61,59.

“Tahun lalu naik 10 poin ke angka 61,59 menjadi cukup baik. Kami berharap tahun 2021 bisa naik, menjadi kualitas lingkungan hidup yang lebih baik seterusnya, karena kami memiliki komitmen dan inovasi lingkungan,” katanya, Selasa (6/11/2021).

3. Tahap pemberian Nirwasita Tantra 2022

Dinilai Berpihak ke Lingkungan, Ridwan Kamil dapat Nirwasita Tantrailustrasi gambar oleh Angèle Kamp @angelekamp

Sejak penghargaan Nirwasita Tantra diselenggarakan pada 2016 dan berjalan sampai dengan tahun ini, tercatat sebanyak 1.137 peserta yang telah menerima penghargaan.

Jumlah tersebut terdiri dari 145 orang berasal dari 34 provinsi, 691 berasal dari kabupaten, dan 301 orang dari kota.

Pada 2022 proses penentuan pemenang dilakukan dalam beberapa tahap yaitu pengiriman dokumen, penapisan tahap awal, penapisan tahap dua, dan pembuatan video klarifikasi, dan pengumuman pemenang.

4. Penganugerahan adalah cara pemerintah hargai perjuangan

Dinilai Berpihak ke Lingkungan, Ridwan Kamil dapat Nirwasita TantraIlustrasi hutan (ANTARA FOTO/Wahdi Septiawan)

Penghargaan Nirwasita Tantra dan Penganugerahan Kalpataru adalah salah satu cara pemerintah pusat dalam menghargai perjuangan para pemimpin daerah dalam upaya pemulihan dan pengelolaan lingkungan hidup dan kehutanan Indonesia.

Sedangkan Penghargaan Nirwasita Tantra tahun 2022 diserahkan kepada 42 pemimpin daerah terbaik yang dibedakan dalam kategori provinsi, kabupaten besar, kabupaten sedang, kabupaten kecil, kota besar, kota sedang dan kota kecil.

Tiap kategori diberikan kepada tiga kepala daerah terbaik, tiga DPRD terbaik, dan lima pemerintahan terbaik.

Baca Juga: Wacana Depok Gabung Jakarta, Ridwan Kamil Sindir Wali Kota

Baca Juga: Ternyata Ini Arti Tulisan Gubernur Wakanda di Helm Ridwan Kamil

Topic:

  • Galih Persiana

Berita Terkini Lainnya