Dapat Rating Kota Cerdas Terbaik 2021, Bandung Dapat Penghargaan

Bandung diganjar penghargaan sebagai kota cerdas yang baik

Bandung, IDN Times – Pusat Inovasi Kota dan Komunitas Cerdas Institut Teknologi Bandung (PIKCC ITB) baru saja rampung menggelar Riset Rating Transformasi Digital Indonesia (RTDI) dan Rating Kota Cerdas Indonesia (RKCI) tahun 2021.

Lewat kegiatan ini, PIKKC ITB berharap dapat menemukan solusi dari permasalahan perkotaan. Selain itu, Ketua PIKKC ITB, Prof. Suhono Harso Supangkat, mengatakan jika riset tersebut berguna untuk mendorong akselerasi program smart city (kota pintar) dan transformasi digital perkotaan di Indonesia.

Selain berfokus pada penyusunan indikator, pengukuran dan kajian riset pada RTDI dan RKCI ini menggunakan Garuda Smart City Framework (GSCF).

1. Bukan soal kota mana yang terbaik

Dapat Rating Kota Cerdas Terbaik 2021, Bandung Dapat PenghargaanProf. Suhono, Ketua PIKKC ITB (IDN Times/Istimewa)

Suhono mengatakan, lewat riset ini ia tidak mencari kota terbaik dalam penerapan digital terbaik di Indonesia. Lebih daripada itu, mereka ingin membantu kota-kota di Indonesia untuk memudahkan urusan masyarakatnya lewat penerapan teknologi kekinian.

“Kegiatan riset ini bukan untuk mencari kalah dan menang, melainkan kami ingin membantu kota-kota untuk menyejahterakan masyarakat dengan cara membantu proses evaluasi dan meningkatkan kelemahan-kelemahan yang ada.”

“Tujuannya, tak lain untuk menjadikan kota lebih baik lagi,” kata Suhono, dalam rilis yang diterima IDN Times, Selasa (28/12/2021).

RTDI dan RKCI 2021 ini menampilkan sejumlah segmen yang berbeda dari tahun-tahun sebelumnya. Salah satunya ialah kanal “Ngobrol Kota” sebagai sarana publikasi informasi inovasi cerdas dan transformasi digital perkotaan.

2. Bogor jadi kota besar peraih RTDI 2021

Dapat Rating Kota Cerdas Terbaik 2021, Bandung Dapat PenghargaanPengunjung berswafoto dengan latar belakang Istana Bogor di Kebun Raya Bogor, Jawa Barat, Minggu (9/6/2019) (ANTARA FOTO/Arif Firmansyah)

Dari total 72 kota yang berpartisipasi, kategori utama penghargaan pada RTDI 2021 dengan tema “Kota dengan Kesiapan Digital Terbaik” diraih oleh Semarang, Medan, Surabaya, Tangerang, dan Bogor. Deretan kota itu termasuk dalam skala kota besar.

Sementara untuk skala kota sedang, Pontianak, Surakarta, Pekanbaru, Madiun, dan Samarinda, diganjar kota kesiapan digital terbaik. Adapun Tual, Magelang, Tidore, Mojokerto, dan langsa, masuk sebagai kategori RTDI terbaik dalam skala kota kecil.

3. Bandung masuk kota besar dengan penerapan smart city yang baik

Dapat Rating Kota Cerdas Terbaik 2021, Bandung Dapat Penghargaangoogle

Di sisi lain, kategori utama penghargaan pada RKCI 2021 ialah Semarang, Surabaya, Bogor, Bandung, dan Tangerang yang masuk dalam kategori kota besar.

Sementara Balikpapan, Yogyakarta, Kediri, dan Denpasar, diganjar penghargaa RKCI 2021 dalam kategori kota sedang. Untuk kota kecil, Bontang, Bukittinggi, Pariaman, Magelang, dan Padang Panjang, juga mendapat penghargaan RKCI 2021.

“Pemberian penghargaan ini sebagai bentuk apresiasi dan pemicu bagi kota-kota di Indonesia untuk terus semangat berinovasi. Dengan solusi yang tepat dan efektif, tujuan peningkatan kualitas hidup diharapkan cepat terwujud..” ujar Arry Akhmad Arman, salah satu tim ahli peneliti PIKKC ITB.

Baca Juga: Smart Kampung: Konsep Smart City Banyuwangi yang Telah Diterapkan 

Baca Juga: Konsep Smart City Makin Digemari, Sinar Mas Land Manfaatkan Peluang

Baca Juga: Masuk dalam 100 Smart City Nasional, Madiun Dukung Konsep Kota Pintar

Topik:

  • Galih Persiana

Berita Terkini Lainnya