Awardee LPDP Gelar Kegiatan Rawat Terumbu Karang

Ada dua kegiatan lingkungan yang berbeda

Bandung, IDN Times - Peserta Persiapan Keberangkatan (PK) angkatan 181 Bhumi Amerta, Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP) mengadakan proyek sosial bertajuk Kebun Laut Lestari untuk Keberlanjutan Kehidupan. Kegiatan tersebut dilancarkan dengan dua hal, yakni pemberdayaan masyarakat lewat penananaman koral (14–15 Mei 2022), dan webinar bertema Penanggulangan Sampah Laut (21 Mei 2022).

Proyek sosial ini tak lain menjadi wujud kecintaan para Awardee LPDP terhadap lingkungan, utamanya lingkungan laut yang mencakup hampir dua per tiga wilayah Indonesia. 

Bagaimana kegiatan ini berlangsung?

1. Mulai dari pelatihan Bahasa Inggris hingga digital marketing

Awardee LPDP Gelar Kegiatan Rawat Terumbu KarangInstagram.com/pulauseribuofficial

Kegiatan pemberdayaan masyarakat lewat penananaman koral yang digelar 14–15 Mei 2022 berlangsung di Pulau Pramuka, Kepulauan Seribu, DKI Jakarta. Pada Senin 14 Mei 2022, kegiatan yang dilaksanakan berupa workshop pelatihan peningkatan kapasitas masyarakat melalui komunitas di Kepulauan Seribu.  

Workshop pelatihan ini meliputi: pelatihan Bahasa Inggris untuk pariwisata; manajemen organisasi, literasi dan pengelolaan keuanganl; serta workshop digital marketing berbasis smartphone yang ditujukan kepada Smiling Coral Indonesia (SCI) bersama tujuh kelompok masyarakat yang bergerak di bidang lingkungan hidup kelautan.

"Tema keberlanjutan yang diangkat LPDP PK181 selaras dengan target Indonesia bebas emisi karbon di 2060. Sebuah tantangan yang tidak mudah karena untuk menjaga terumbu karang saja harus sistematis dan berkelanjutan, tutur Muhammad Oriza, Direktur Investasi LPDP, dalam siaran pers yang diterima IDN Times, Kamis (19/5/2022).

2. Program peningkatan kapasitas dipilih karena adanya temuan

Awardee LPDP Gelar Kegiatan Rawat Terumbu Karangilustrasi terumbu karang (unsplash.com/Francesco Ungaro)

Sementara pada Minggu (15/5/2022), kegiatan dilanjutkan dengan transplantasi karang dan pembersihan sampah di area pantai dan laut sekitar Pulau Pramuka sebagai bagian kecil dari upaya penyelamatan lingkungan.

Kegiatan ini di antaranya dilatarbelakangi oleh tingkat kerusakan terumbu karang di DKI Jakarta yang mencapai 40,88 persen menurut data BPS pada 2021.

Mereka mengklaim, program peningkatan kapasitas ini dipilih karena merupakan temuan yang sifatnya bottom up dari masyarakat.

3. Gelar webinar yang dihadiri peneliti

Awardee LPDP Gelar Kegiatan Rawat Terumbu KarangProgram LPDP di Kepulauan Seribu (IDN Times/Istimewa)

Selain dua kegiatan yang dilaksanakan pada 14–15 Mei 2022, PK Angkatan 181 Bhumi Amerta juga akan melaksanakan kegiatan lainnya, yaitu webinar tentang Penanggulangan Sampah Laut yang rencananya akan diselenggarakan awal Juni 2022. Kegiatan tersebut akan menghadirkan tiga pihak yakni Divers Clean Action (DCA), peneliti, dan pelaku usaha.

DCA adalah organisasi masyarakat sipil kepemudaan yang aktif dalam membersihkan sampah laut sekaligus meriset sampahnya sebagai database sampah laut nasional.

Sedangkan peneliti yang dipilih adalah peneliti di bidang sampah laut dari Kementerian Kelautan dan Perikanan RI, sementara pelaku usaha yang akan menjadi narasumber adalah CEO PT. Mallsampah.

Webinar ini ditargetkan dapat menggaet peserta hingga 300 orang, baik dari dari awardee PK-181 LPDP, pemerhati isu lingkungan laut, dan masyarakat umum.

Pembiayaan kegiatan ini diperoleh dari iuran sukarela dan pembelian merchandise oleh Awardee PK-181 LPDP, donasi transplantasi karang, dan yang totalnya mencapai Rp83.866.000.

“Saya berharap kegiatan sosial ini terus dijaga keberlanjutannya, sinergi dan dampaknya untuk masyarakat, karena pengabdian para awardee beasiswa LPDP ini bukan hanya saat menjalani pendidikan, namun seumur hidup,” tutur Oriza.

Baca Juga: Mengenal Program Rehabilitasi Terumbu Karang yang Didanai Bank Dunia

Baca Juga: Bahaya! Kerusakan Terumbu Karang di Gili Trawangan Sudah Parah

Baca Juga: 5 Destinasi Wisata Terumbu Karang Terindah di Dunia

Topik:

  • Galih Persiana

Berita Terkini Lainnya