Comscore Tracker

Emil Imbau Bobotoh Ikuti Saran Polisi Terkait Laga Persib-Persija

Persija menjamin keamanan di lapangan terjaga

Bandung, IDN Times - Kepolisian Daerah Jawa Barat (Polda Jabar) mengimbau Bobotoh, pendukung fanatik Persib Bandung, tidak berangkat ke Jakarta untuk menyaksikan langsung laga Persija-Persib di Stadion Gelora Bung Karno (GBK). Hal ini untuk meminimalisir kejadian yang tidak diinginkan.

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil pun meminta Bobotoh agar mengikuti arahan kepolisian, dan tidak memaksanakan diri datang ke kandang Persija Jakarta.

"Jangan coba melanggar saran, nanti ada apa-apa di lapangan," ujar Ridwan Kamil dalam perayaan HUT Bhayangkara di Lapangan Gasibu, Rabu (10/7).

1. Takut terjadi kekerasan seperti di GBLA

Emil Imbau Bobotoh Ikuti Saran Polisi Terkait Laga Persib-PersijaIDN Times/Galih Persiana

Emil, sapaan akrabnya, menyebut kedatangan Bobotoh ke GBK bisa menimbulkan pengeroyokan seperti yang terjadi pada suporter Persija ketika mereka datang ke Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA). Hal ini pun berujung pada meja hijau untuk suporter Persib yang dianggap melakukan kekerasan hingga meninggal dunia.

"Kalau kejadian itu nanti yang report semuanya, baik suporternya, baik klub sepakbolanya, maupun wilayah yang jadi penyelenggaran pertandingan," papar Emil.

Untuk itu dia pun mengimbau agar sebaiknya pendukung Persib tetap berada di daerah masing-masing dan menyaksikan pertandingan pada layar kaca.

2. Duel ini merupakan pertandingan bergengsi

Emil Imbau Bobotoh Ikuti Saran Polisi Terkait Laga Persib-Persijapersija.id

Jika berbicara tentang duel panas di kompetisi kasta tertinggi tanah air hampir dalam dua dekade terakhir, laga Persija Jakarta kontra Persib Bandung nampaknya masih dianggap pertandingan paling bergengsi.

Hal itu pun berlaku dalam pertemuan keduanya di Liga 1 2019 pekan kedelapan yang bakal digelar di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Senayan, Jakarta pada Rabu (10/7).

Di luar tensi pertandingan yang panas, perseteruan yang melibatkan kedua suporter pun tak kalah bergolak. Bahkan, karena alasan keamanan, sering kali laga dilangsungkan di luar kandangnya masing-masing, atau bahkan tanpa dihadiri penonton kedua belah pihak. Hal itu lah yang sering dirasakan Macan Kemayoran dalam beberapa waktu terakhir jika menjamu Persib.

3. Persija menjamin keamanan tetap terjaga

Emil Imbau Bobotoh Ikuti Saran Polisi Terkait Laga Persib-PersijaTwitter/ @Persija_Jkt

Namun, Persija kini bisa kembali menggelar laga panas ini di SUGBK setelah usai lima tahun laga tersebut sering digelar di luar Jakarta saat Persija bertindak sebagai tuan rumah. Hal itu tak lepas dari komitmen manajemen yang menjamin keamanan tetap terjaga dan suporter tetap bisa tertib.

"Rakor tadi pagi pihak kepolisian menekankan bahwa seperti yang sudah dilayangkan surat dari LIB, penonton dari Persib tak dizinkan datang mengunjungi SUGBK yah, dan pengamanan yang dilakukan pihak kepolisian ini sangat signifikan mengingat Jakarta baru selesai Pemilu di mana pengamanannya memakan waktu panjang," kata CEO Persija, Ferry Paulus, Senin (9/7).

Baca Juga: Persija vs Persib: El Clasico yang Kurang Ideal

Baca Juga: Pesan Anies Baswedan untuk Jakmania Jelang Persija Vs Persib

Topic:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya