Raih Banyak Medali di Peparnas Papua 2021, Altet Jabar Dapat Kadedeuh

Atlet renang mendapatkan uang Rp900 juta

Bandung, IDN Times - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Barat (Jabar) memberikan bonus atau kadedeuh pada atlet paralimpik yang bertanding dalam Pekan Paralimpik Nasional (Peparnas) XVI/Papua 2021. Mereka membawa Jabar meraih juara kedua.

Adapun total medali yang diperoleh Jabar ialah 102 emas, 88 perak dan 73 perunggu, sehingga menjadi total 263 medali. Fajar Hafian Dani (26 tahun) atlet renang peraih medali emas dari nomor 50 meter gaya kupu-kupu, 50 meter gaya punggung, dan 50 meter gaya bebas dengan kategori S13 mendapatkan kadedeuh Rp900 juta.

Ia mengatakan, separuh dari kadedeuh ini akan ditabung untuk modal ke depan dan sebagiannya lagi diberikan kepada orangtua.

"Sebagian kadeudeuh diberikan kepada orangtua, karena orangtua sudah membantu saya sejak kecil," ujar Fajar melalui keterangan resminya, Sabtu (4/12/2021).

1. Berharap bisa bermain di kancah internasional

Raih Banyak Medali di Peparnas Papua 2021, Altet Jabar Dapat KadedeuhNanda Mei Sholihah, Atlet Paralimpik Cabang Atletik (dok. Her World)

Raihan selama bertanding di Paparnas Papua 2021, ia anggap sebagai semangat agar bisa bertanding ke jenjang selanjutnya yang lebih dari kompetisi nasional. Mangkanya, ke depan ia komit untuk lebih giat dalam berlatih.

"Harapan saya, pengin sih nanti bisa dipanggil Pelatnas mungkin bisa kebawa di Asean Para Games. Mungkin bisa mengharumkan nama Jawa Barat maupun Indonesia di kancah internasional," ucapnya.

Fajar bercerita jika fasilitas yang diberikan Pemda Provinsi Jabar kepada para atlet, mulai dari pemusatan latihan, saat keberangkatan, selama PON hingga pulang, sangat baik.

“Untuk fasilitas yang diberikan dari Pemda Provinsi Jabar itu sangat luar biasa. Kami sangat difasilitasi dengan tempat Pelatda yang bagus, untuk latihan bagus, peralatan bagus. Pokonya luar biasa fasilitas," ujarnya. 

2. Ada atlet yang mendapatkan Rp125 juta

Raih Banyak Medali di Peparnas Papua 2021, Altet Jabar Dapat KadedeuhPesenam Lampung Sutjiati K. Narendra beraksi dalam nomor alat pita final senam ritmik perorangan PON Papua di Istora Papua Bangkit, Kampung Harapan, Kabupaten Jayapura, Papua, Jumat (8/10/2021). ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat.

Selain Fajar, Euis Fitri Nuraeni (39 tahun), atlet cabang olahraga angkat berat yang mampu menyumbangkan medali perak untuk Jabar mengatakan uang yang diberikan dari Pemprov Jabar akan ditabung dan digunakan untuk berwirausaha.

"Kedeudeuh bagus ya, soalnya disamakan dengan yang umum (atlet PON). Sangat luar biasa sekali. Untuk peraih perak kadeudeuh Rp125 juta," tambahnya.

Euis yang telah membawa medali perak setelah menorehkan total 75 poin dari tiga kali percobaan angkatan ini menyatakan bahwa fasilitas yang diberikan Pemprov Jabar bagi para atlet Peparnas XVI Papua 2021 sangat luar biasa.

"Kami menginap di hotel, makanan alhamdulillah bagus juga. Untuk latihan bagus," kata dia.

3. Uang kadedeuh akan digunakan untuk membetulkan rumah

Raih Banyak Medali di Peparnas Papua 2021, Altet Jabar Dapat KadedeuhKontingen Provinsi Sulawesi Selatan mengikuti defile upacara pembukaan Peparnas Papua di Stadion Mandala, Jayapura, Papua, Jumat (5/11/2021). Pembukaan Peparnas Papua tersebut bertemakan "Cahaya Kemenangan Dari Timur Papua". ANTARA FOTO/Raisan Al Farisi/nym.

Kemudian, peraih medali perunggu dari cabor angkat berat dengan total angkatan 125 kilogram, Nur Irmansyah (29 tahun), mengaku senang dengan kadeudeuh yang diberikan Pemprov Jabar.

"Senang dapat kadeudeuh Rp60 juta. Buat benerin rumah dan beli kendaraan motor," katanya.

Adapun kadeudeuh bagi peraih medali Peparnas XVI/Papua 2021 diberikan secara simbolis oleh Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil di SOR Arcamanik, Kota Bandung, Jumat (3/12/2021).

Baca Juga: Abaikan Polemik, Wapres Ma'ruf Amin Resmikan Monumen COVID-19 Jabar

Baca Juga: Aktivis Tolak Presiden Jokowi Resmikan Monumen COVID-19 Jabar

Topik:

  • Galih Persiana

Berita Terkini Lainnya