PHRI Jabar Targetkan Okupansi Naik 60 Persen di Libur Lebaran 2023

Berharap masyarakat banyak datangi tempat wisata Jabar

Bandung, IDN Times - Badan Pimpinan Daerah (BPD) Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Jawa Barat (Jabar) menargetkan peningkatan okupansi 60 persen pada libur lebaran 1444 Hijriah/2023 Masehi.

Ketua BPD PHRI Jabar, Herman Muchtar mengatakan, target peningkatan okupansi ini optimistis diraih, lantaran jumlah wisatawan berpotensi meningkat dalam hari libur selama lebaran.

"Libur lebaran ini (2023) semua hotel dan restoran itu tentu sudah mempersiapkan dengan baik, dengan kondisi di libur lebaran ini bisa betul-betul di satu digit (60 persen)," ujarnya saat dikonfirmasi Senin (3/4/2023).

1. Potensi kedatangan wisatawan besar lantaran PPKM telah dicabut

PHRI Jabar Targetkan Okupansi Naik 60 Persen di Libur Lebaran 2023Ilustrasi kamar hotel (unsplash.com/Chastity Cortijo)

Selain perhotelan, Herman menjelaskan, sektor restoran juga berpotensi banyak dikunjungi para wisatawan. Sebab, perbedaan suasana tahun lalu dan tahun ini cukup mempengaruhi masyarakat keluar dan berlibur.

"Tahun kemarin (2022) sangat parah ya, karena COVID-19 juga belum betul-betul bisa dikendalikan PPKM juga belum dicabut, maka kemarin itu lebih parah daripada sekarang," katanya

2. Banyak objek wisata yang bisa didatangi masyarakat

PHRI Jabar Targetkan Okupansi Naik 60 Persen di Libur Lebaran 2023Pantai Pangandaran (instagram.com/hallouji)

Selain itu, kondisi PPKM saat ini juga sudah dicabut oleh pemerintah, sehingga akan banyak masyarakat datang ke wilayah Jabar untuk menghabiskan waktu libur lebaran 2023. Dia juga berharap masyarakat tidak ragu untuk berlibur di Jabar.

Adapun beberapa daerah yang dinilai cukup bagus untuk berlibur ada di wilayah Puncak Bogor, Bandung Raya serta beberapa daerah lainnya.

"Seperti di Bogor, Cirebon, Garut, itu urutan yang cukup bagus (kunjungan masyarakat) termasuk juga nanti Pangandaran cukup bagus. Apalagi nanti libur nya itu cukup panjang, jadi yang bagus itu di daerah tujuan wisata," ucapnya. 

3. Libur lebaran 2023 moment bagus meningkatkan perekonomian

PHRI Jabar Targetkan Okupansi Naik 60 Persen di Libur Lebaran 2023ilustrasi suasana di dalam restoran (pexels.com/Anna Tis)

Herman menambahkan, masyarakat jagan takut untuk berlibur di wilayah Jabar. Para pengusaha restoran dan perhotelan sudah menyiapkan banyak pelayanan yang bisa dinikmati saat libur lebaran 2023.

"Ini kan peluang yang sangat bagus untuk meningkatkan ekonomi. Jadi silakan masyarakat booking atau pesan kamar dari sekarang terutama di tempat-tempat tujuan wisata," kata dia.

Baca Juga: PHRI DIY: Bilik Kayu Heritage Milik Rafael Alun Bukan Anggota PHRI

Baca Juga: PHRI Jabar Pastikan Okupansi Hotel Meningkat Selama Libur Imlek 2023

Topik:

  • Galih Persiana

Berita Terkini Lainnya