Maskapai di BIJB Kertajati Bakal Dapat Harga Avtur Khusus

Bey pastikan sudah berkoordinasi dengan Pertamina

Bandung, IDN Times - Pemerintah Provinsi Jawa Barat terus memaksimalkan ekosistem penerbangan Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati. Yang teranyar, penurunan harga avtur untuk maskapai yang ada di bandara akan segera direalisasikan.

Penjabat Gubernur Jawa Barat, Bey Machmudin memastikan sudah bertemu dengan PT Pertamina pada pertengahan pekan lalu. Hasilnya, terjalin kesepakatan mengenai harga avtur untuk operasional pesawat di Bandara Kertajati sama seperti yang diberikan di Bandara Soekarno-Hatta. Artinya, gap harga yang mencapai Rp1.130 bisa direduksi.

Kesepakatan itu segera ditindaklanjuti dengan pembahasan kerja sama lebih detail, termasuk dari sisi teknis. Di antaranya, harga avtur yang disesuaikan itu harus diiringi dengan pemenambahan rute penerbangan.

"Pada intinya Pertamina akan memberikan harga avtur yang sama dengan Bandara Soekarno-Hatta. Tinggal detail kerja sama. Mereka meminta penurunan harga avtur diimbangi dengan penambahan rute, tentu kami akan mengupayakannya," kata Bey.

1. BIJB kini fokus pada penambahan rute

Maskapai di BIJB Kertajati Bakal Dapat Harga Avtur KhususPJ Gubernur Jabar Bey Machmudin melepas keberangkatan jemaah haji asal Kabupaten Subang dari Embarkasi Kertajati di Bandara Internasional Kertajati (BIJB), Kabupaten Majalengka, Minggu (12/5). (dok. Pemdaprov Jabar)

Harga avtur yang kompetitif ini merupakan potensi yang bisa dimaksimalkan oleh Pemerintah Provinsi Jawa Barat untuk menjalin kerja sama dengan maskapai penerbangan.

Sementara itu, Komisaris Utama BIJB, Dedi Taufik mengatakan sejauh ini rute penerbangan yang dilayani Bandara Kertajati adalah Denpasar, Kualanamu, dan Balikpapan. Lalu, terdapat satu layanan rute internasional dengan tujuan Malaysia.

Rute Bali menjadi rute dengan frekuensi penerbangan terbanyak, di mana dalam sehari terdapat tiga kali penerbangan. Rute Kualanamu dan Balikpapan beroperasi sebanyak empat kali dalam seminggu.

Sementara untuk penerbangan internasional rute Malaysia, beroperasi empat kali dalam seminggu yakni pada Senin, Rabu, Jumat dan Minggu.

"Rata-rata tingkat keterisian penumpang pun cukup tinggi, dengan angka di atas 75 persen. Saat ini, fokus kami adalah mengoptimlakan layanan dan menambah rute. Semua sedang berproses," kat Dedi yang juga menjabat sebagai Kepala Bapenda Jabar.

2. Penambahan untuk Makassar dan Pontianak

Maskapai di BIJB Kertajati Bakal Dapat Harga Avtur KhususMaskapai Super Air Jet (dok. Angkasa Pura II)

Terkait rencana penambahan rute, untuk rute domestik Bandara Kertajati selanjutnya akan membuka rute penerbangan menuju Makassar dan Pontianak. Sementara untuk penerbangan internasional akan ada rute Singapura.

Berdasarkan rencana, rute tersebut akan dilayani maskapai yang beroperasi di Bandara Kertajati, di mana terdapat lima maskapai yang terdiri dari Super Air Jet, Citilink, Malaysia Airlines, Air Asia Indonesia dan Air Asia Malaysia.

Pemprov Jabar pun bekerja sama dengan stakeholder terkait guna memberikan insentif berupa program diskon hotel, pariwisata dan antarmoda dari dan ke Bandara Kertajati. Hal ini pun berlaku bagi warga di kawasan Jawa Tengah.

3. Potensi pekerja migran turut jadi sasaran

Maskapai di BIJB Kertajati Bakal Dapat Harga Avtur KhususLayanan baggage drop Citilink di Bandara Kertajati, Majalengka, Jawa Barat (Jabar). (dok. Angkasa Pura II)

Dedi Taufik mengatakan Bandara Kertajati tahun ini melayani 13.200 jemaah haji asal Jawa Barat, yang diberangkatkan sejak 11 Mei 2024 hinggal tanggal 10 Juni 2024 dengan status on time performance (OTP)100 persen.

Selaras dengan perkembangan penerbangan regular, penerbangan jemaah umrah pun telah dilayani oleh Bandara Kertajati dengan menggunakan maskapai Malaysia Airlines.

"Potensi lain yang disasar adalah pekerja migran asal Jawa Barat sebanyak 34.000 di tahun 2024. Tentunya akan menjadi peluang menarik untuk Bandara Kertajati jika seluruh pekerja migran tersebut terbang dari Bandara Kertajati."

"Oleh karenanya penerbangan dengan rute Singapura menjadi kunci karena para pekerja migran tujuan penempatannya adalah Singapura, Malaysia, Taipei dan Hongkong," katanya.

Baca Juga: Zulhas Pastikan Bima Arya dan Demul Maju Pilgub Jabar

Baca Juga: Disdik Jabar Temukan Enam KK Dalam Satu Rumah untuk PPDB

Topik:

  • Galih Persiana

Berita Terkini Lainnya