Aplikasi CASN Juara Diluncurkan, Pendaftar Sudah Sentuh 11 Ribu orang

Aplikasi ini bisa sebagai mengasah kemampuan ASN Jabar

Bandung, IDN Times - Pemerintah Provinsi Jawa Barat (Pemprov Jabar) melalui Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Jabar meluncurkan aplikasi try out Calon Aparatur Sipil Negara (CASN) Juara. Dari aplikasi ini sudah ada 11 ribu orang yang mendaftarkan diri.

Gubernur Jabar, Ridwan Kamil mengatakan, CASN Juara hadir untuk memenuhi antusiasme masyarakat yang ingin mengikuti tes seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) dan Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK).

"CASN Juara bisa diakses siapa pun, tidak hanya di Jabar tapi seluruh Indonesia Seluruh masyarakat di Indonesia bisa pakai, tidak harus di Jawa Barat," ujar Emil saat meluncurkan aplikasi ini di Kota Bekasi, Sabtu (10/9/2022).

1. Ada 11 ribu pendaftar sudah mencoba aplikasi ini

Aplikasi CASN Juara Diluncurkan, Pendaftar Sudah Sentuh 11 Ribu orangGubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil (IDN Times/Azzis Zulkhairil)

Dari peluncuran ini, Emil mengatakan bahwa ada beberapa orang yang sudah mendapatkan langsung melalui laman casnjuara.jabarprov.go.id. Adapun jumlahnya mencapai hingga ribuan orang.

"Alhamdulillah peminatnya banyak, baru kita launching ya aplikasi CASN ini ada 11 ribuan yang mendaftar. Di sini hanya sampling yang fisik saja sebagai simbolis. Tapi ribuannya sekarang di rumahnya masing-masing," ucapnya.

2. Aplikasi ini gratis tidak perlu berbayar

Aplikasi CASN Juara Diluncurkan, Pendaftar Sudah Sentuh 11 Ribu orangRidwan Kamil. (ANTARA FOTO/Raisan Al Farisi)

Sedangkan, Kepala BKD Pemprov Jabar Yerry Yanuar menambahkan, selain dapat digunakan untuk tryout CPNS/PPPK, CASN Juara menawarkan fitur lainnya seperti soal latihan, perkembangan diri melalui grafik, hingga peringkat. Terdapat lebih dari 5.000 soal di CASN Juara yang dapat diakses kapan pun dan di mana pun secara gratis.

Dalam CASN Juara juga ada pilihan soal peminatan dari 10 jabatan fungsional seperti Humas, Penyuluh Pertanian, Guru, Statitasi, dan lain-lain. Pejuang CPNS juga bisa mengakses latihan soal Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) CPNS.

"Ini gratis daftarnya, tidak perlu membayar. Setelah berhasil mendaftar dan melengkapi data pada kolom profil, akun perlu diaktivasi sebelum dapat menikmati fitur latihan soal," ungkap Yerry.

3. Sebagai jawaban tantangan memperkuat SDM

Aplikasi CASN Juara Diluncurkan, Pendaftar Sudah Sentuh 11 Ribu orangRidwan Kamil (ANTARA FOTO/Raisan Al Farisi)

Diluncurkannya aplikasi try out CASN Juara diharapkan Yerrry bisa memenuhi kebutuhan masyarakat dan kelak meningkatkan kualitas dan kompetensi SDM peserta yang lolos CPNS.

"Aplikasi ini hadir untuk menjawab persoalan global yang membutuhkan SDM berkualitas tinggi. Ini adalah salah satu bentuk sumbangsih Pemprov Jawa Barat untuk Indonesia," kata dia.

Baca Juga: Pemprov Jabar Segera Aplikasikan Strategi FWA untuk ASN

Baca Juga: Terungkap! Oknum BPK Jabar Minta Uang ke ASN Kabupaten Bogor

Topik:

  • Galih Persiana

Berita Terkini Lainnya