Comscore Tracker

Pegawai PT Pos Indonesia Berunjuk Rasa di Istana Minta Dibayar Gaji

Keterlambatan gaji membuat mereka melakukan aksi demo

Jakarta, IDN Times - Ratusan pegawai PT Pos Indonesia berunjuk rasa di depan Istana Negara, Jakarta Pusat, Rabu (6/2). Pantauan IDN Times, massa memadati Istana, Jakarta Pusat, sejak pukul 15.00 WIB.

1. Massa serukan ganti direksi PT Pos Indonesia

Pegawai PT Pos Indonesia Berunjuk Rasa di Istana Minta Dibayar GajiIDN Times/Axel Jo Harianja

Pantauan IDN Times, massa yang mengenakan kemeja oranye ini membentangkan spanduk bertuliskan "Ganti Direksi". Dalam aksinya, mereka menuntut jajaran petinggi PT. Pos Indonesia mundur karena dianggap tidak becus

"Ganti-ganti, ganti direksi, ganti direksi sekarang juga," ujar mereka sambil bernyanyi di depan Istana Negara, Jakarta Pusat.  

Baca Juga: Jokowi Sering Diserang Kubu Lawan, Dedi Mulyadi: "Elu Jual, Gue Beli"

2. PT Pos Indonesia telat membayar gaji karyawan

Pegawai PT Pos Indonesia Berunjuk Rasa di Istana Minta Dibayar GajiPexels.com/EVG photos

Massa menganggap direksi tidak becus mengelola PT Pos Indonesia. Mereka mengklaim hak-hak pegawai telah direnggut. Salah satunya pembayaran gaji yang terlambat dan uang lembur yang tak cair.

"Akibat keterlambatan gaji, uang lembur dipotong, teman-teman kami ada yang ngutang ke rentenir. Sampai sekarang masih dikejar-kejar sama rentenir," kata Sekjen Serikat Pekerja Pos Indonesia Kuat Bermartabat (SPPIKB) Hendri Joni di lokasi demo.

3. Keterlambatan pembayaran gaji sejak Februari 2019

Pegawai PT Pos Indonesia Berunjuk Rasa di Istana Minta Dibayar GajiIDN Times/Axel Jo Harianja

Hendri mengatakan, keterlambatan gaji mulai dirasakan sejak Februari 2019. Gaji tersebut seharusnya dibayarkan tanggal 1 setiap bulannya. Akan tetapi, pembayaran gaji molor ke tanggal 4 setiap bulannya.

"Gaji seharusnya tanggal 1 tetapi kita terima di tanggal 4. Bagi kami yang gajinya hanya untuk kehidupan perut ini sangat berarti bagi kita. Makanya kawan-kawan secara nurani tanpa kita paksa kita ajak-ajak turun bersama kita menyuarakan ini," serunya.

Sebelumnya, massa lebih dulu melakukan aksi di depan Gedung Kantor Pos Indonesia, kemudian dilanjutkan ke Gedung Kementerian BUMN, dan berjalan menuju depan Istana Negara. Sekitar pukul 16.00 WIB, mereka pun menyelesaikan aksinya dengan tertib.

PT Pos Indonesia sebelumnya memastikan membayar tunggakan gaji karyawan periode Februari 2019 sebesar Rp137 miliar paling lambat Senin (4/2) kemarin. Angka tersebut untuk menggaji sekitar 23.000-24.000 karyawan perusahaan pelat merah tersebut.

Baca Juga: Pikirkan 5 Hal Ini Sebelum Posting Keseharianmu ke Media Sosial

Topic:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya