Jangan Down! Ini 8 Tips Hilangkan Sedih saat Putus Cinta

Sedih sewajarnya saja, jangan berlarut-larut!

Kandasnya hubungan tentu disebabkan oleh banyak hal. Sehingga perasaan sedih dan kecewa muncul. Rasa sedih ketika berakhirnya hubungan tentu hal yang wajar dan normal. Namun, sayangnya perasaan tersebut kerap mempengaruhi seseorang dalam berbagai hal.

Mereka yang baru putus cinta sering sekali kehilangan gairah saat mengerjakan sesuatu. Tanda-tanda dari seseorang yang baru mengalami putus cinta biasanya sering tidak fokus, menangis tiba-tiba, tidak banyak bicara dan terlihat murung. Dengan begitu, secara tidak langsung produktivitas dalam diri mereka akan menurun dan terganggu.

Apalagi jika kamu seorang pekerja profesional, maka tidak boleh terbawa suasana terlalu lama. Segera usir rasa sedih dengan fokus untuk melanjutkan kehidupan. Jangan sampai karena hubungan yang kandas, pekerjaan pun hilang, kamu bisa mengatasinya dengan beberapa tips berikut ini.

1. Keluarkan semua perasaan sedih dengan menangis

Jangan Down! Ini 8 Tips Hilangkan Sedih saat Putus CintaIlustrasi menangis (Pexels.com/Liza Summer)

Tidak semua rasa sakit itu harus disembuhkan dengan obat. Jika yang terluka adalah perasaan karena merasa ditinggal oleh pasangan, maka kamu bisa meluapkannya dengan menangis. Menangislah sepuasnya hingga rasa sesak di dada menjadi lega.

Hal ini tidak berlaku untuk perempuan saja, tetapi para lelaki juga bisa meluapkan rasa sedih dengan cara yang sama. Dikutip dari Menshealth, apabila seseorang telah selesai menangis, maka akan timbul rasa lega, walaupun ada rasa lelah. Wajar saja hal tersebut terjadi, mengingat tangisan dihasilkan oleh kegiatan fisik.

Setelah puas menangis, dada yang tadinya sesak pun akan terasa sangat lapang. Pasalnya ketika menangis tubuh akan melepaskan hormon stres. Apalagi jika kamu menangis dengan penuh emosional, tentu akan sangat terasa melelahkan.

2. Beri waktu pada diri sendiri

Jangan Down! Ini 8 Tips Hilangkan Sedih saat Putus CintaIlustrasi menyendiri (Pexels,com/Alex Green)

Ketika hubunan percintaan berakhir, berikan waktu untuk dirimu sendiri. Biarkan rasa sedih, kecewa dan amarah diluapkan dengan tidak menahannya. Ambil jeda untuk beristirahat dari segala aktivitas dan fokus pada rasa sedih.

Pahami dengan baik, bahwa kamu adalah orang yang berharga dan tidak sepantasnya sedih terlalu lama. Masih banyak di luar sana orang yang akan menyanyangi dan mencintaimu. Jangan anggap perpisahan dengan sang mantan sebuah kesalahan sehingga kamu menyalahkan diri sendiri.

3. Curhat pada orang yang dipercayai

Jangan Down! Ini 8 Tips Hilangkan Sedih saat Putus CintaIlustrasi curhat pada sahabat (Pexels.com/Liza Summer)

Tips lainnya yang bisa mengusir rasa sedih ketika putus  cinta, yaitu dengan curhat kepada orang yang kamu percayai. Kamu bisa menceritakan semua keluh kesah kepada teman, sahabat atau pun keluarga yang mendukungmu. Jangan biarkan dirimu terjebak dalam kesedihan yang tak berujung.

Hadirnya orang-orang di sekitar, akan sangat berpengaruh dalam penyembuhan rasa sedih. Mereka yang peduli dan menyayangimu akan selalu menjadi pendengar dan memahami rasa sedihmu. Tidak jarang mereka juga akan memberikan saran terbaik dan menghiburmu dengan caranya sendiri.

4. Tuangkan dalam buku harian

Jangan Down! Ini 8 Tips Hilangkan Sedih saat Putus CintaIlustrasi menulis di buku harian (Pexels.com/Mikhail Nilov)

Jika kamu bukan seseorang yang mengungkapkan segala sesuatunya dengan bercerita, maka ungkapkan rasa sedih dalam tulisan. Mulailah mengambil buku dan pena untuk meluapkan semua rasa yang ingin kamu sampaikan.

Dengan cara yang satu ini, selain aman dan terjaga kerahasiannya, Menulis juga mampu meredam stres, sehingga perasaan negatif yang timbul bisa segera hilang dari pikiran. Selain menulis, kamu juga bisa menggambar dan memberikan warna pada buku agar suasana terasa lebih tenang.

5. Mengerjakan hobi

Jangan Down! Ini 8 Tips Hilangkan Sedih saat Putus CintaIlustrasi menyalurkan hobi (Pexels.com/Armin Rimoldi)

Mengalihkan pikiran dengan melakukan hobi tentu bisa menjadi alternatif dalam menghilangkan rasa sedih. Kamu bisa memulai hobi yang sudah lama tidak dikerjakan untuk mengubah suasana hati menjadi senang. Jika perlu adakan me time untuk diri sendiri dan lakukan semua hal yang kamu senangi.

Dengan begitu, fokus pun akan segera teralihkan. Rasa senang yang muncul karena melakukan banyak aktivitas menyenangkan bisa menggeser kegalauan yang tengah kamu rasakan. Kamu juga bisa mengunjungi banyak tempat hiburan atau wisata yang seru dan menyenangkan bersama teman, sahabat atau pun keluarga.

6. Lakukan meditasi

Jangan Down! Ini 8 Tips Hilangkan Sedih saat Putus CintaIlustrasi meditasi (Pexels.com/Mikael Blomkvist)

Perasaan tidak tenang, hingga pikiran yang kacau saat rasa galau menghampiri tentu bukan hal mudah yang bisa diatasi. Namun, kesedihan tidak bisa dibiarkan terlalu lama. Kamu bisa melakukan meditasi sebagai alternatif penyembuhan diri.

Lakukan meditasi untuk memusatkan fokus sehingga pikiran pun menjadi jernih dan fresh kembali. Dengan melakukan meditasi yang teratur secara intensif, maka kesedihan bisa segera tersingkirkan. Pasalnya rasa nyaman, ketenangan pikiran serta produktivitas pun bisa kamu dapatkan dari olahraga yang satu ini.

7. Pikirkan masa depan

Jangan Down! Ini 8 Tips Hilangkan Sedih saat Putus CintaIlustrasi produktif (Pexels.com/Tima Miroshnichenko)

Menangisi seseorang yang tidak ingin lagi bersama dengan kita tentu tidak sepatutnya terlalu lama untuk ditangisi. Hidup akan terus berjalan, meskipun hubungan mu dengan pasangan sudah kandas. Apakah dengan berakhirnya hubungan, masa depanmu akan hancur?

Hal tersebut tentu tidak boleh sampai terjadi. Ambil tindakan sesegera mungkin dengan memikirkan masa depan dan hal-hal apa saja yang harus dilakukan untuk kebaikan diri. Jangan lagi, pikirkan hubungan yang berakhir, masih banyak di luar sana orang yang tulus dan menerima apa adanya kamu.

8. Perluas jaringan pertemanan

Jangan Down! Ini 8 Tips Hilangkan Sedih saat Putus CintaIlustrasi pertemanan (Pexels.com/Kindel Media)

Bertemu dengan banyak orang dengan berbagai karakter dan kepribadian tentu akan sangat menyenangkan. Terlebih lagi, kamu yang memiliki kepribadian ekstrovert. Bergaul dengan banyak orang tentu akan memberikan energi positif dan pandangan hidup yang lebih luas.

Kamu juga akan bertemu dengan orang-orang yang berpikiran luas. Pasalnya hidup tak melulu tentang percintaan saja. Kamu juga bisa mendapatkan rasa sayang dari jalinan pertemanan yang sehat. Sehingga ratapan kesedihan pun tidak terlalu lama dirasakan.

Cukup banyak bukan tips menghilangkan rasa sedih saat putus cinta? Berakhirnya hubungan bukanlah akhir dari semua kehidupan, yakinlah suatu saat kamu pasti akan menemukan orang yang tepat.

Desi Liati Photo Community Writer Desi Liati

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya