Comscore Tracker

Ini 6 Kiat Bantu Kamu Perbaiki Diri untuk Temukan Cinta Sejati

Semua bermula dari diri sendiri

Mencari sosok pasangan yang tepat memang tak semudah membalik telapak tangan. Ada hal-hal penting untuk diperhatikan agar tak salah pilih. Namun, sebelum menemukan belahan jiwa terlebih dulu kita perlu melihat diri sendiri. Sudahkah kita pantas untuk orang yang diidamkan selama ini?

Kepantasan diri untuk sosok pujaan hati di luar sana amatlah berguna. Selain untuk menciptakan hubungan harmonis, perangai kita adalah faktor kesiapan membangun keterikatan yang lebih serius. Untuk memuluskan upaya mendapatkan cinta sejati enam kiat ini bisa kamu terapkan mulai dari sekarang agar jadi pribadi yang pantas di mata si dia.

1. Bangunlah hubungan yang positif dengan diri sendiri. Kepribadian kita adalah cerminan dari belahan jiwa di masa depan

Ini 6 Kiat Bantu Kamu Perbaiki Diri untuk Temukan Cinta Sejatipexels/olly

Terkadang kita menginginkan segala sesuatu berjalan sesuai dengan harapan. Namun, acap kali asa tak sejalan dengan kenyataan. Termasuk dalam mencari cinta sejati. Salah satu sebab adalah kurangnya cinta yang kita berikan untuk diri sendiri. 

Kasih sayang sangatlah penting untuk membangun citra positif. Mencintai diri sendiri dan berupaya memperbaiki perilaku membuka peluang untuk bahagia dan memperoleh pasangan sejati. Citra positif yang berusaha kita ciptakan adalah cerminan seperti apa pasangan kita kelak. So, masih mau nih jadi orang yang benci dan malas memperhatikan diri sendiri? 

2. Buang jauh rasa cemas dan tak percaya diri. Bagaimana orang lain mau yakin sama kamu kalau masih ragu sama diri sendiri?

Ini 6 Kiat Bantu Kamu Perbaiki Diri untuk Temukan Cinta Sejatipexels/freestockpro

Selain mencintai diri sendiri, menanamkan kepercayaan diri juga merupakan modal berharga untuk menggaet kekasih hati masuk dalam kisah cinta. Optimisme pada segala kelebihan dan kekurangan yang dipunya membuat kita lebih siap mengarungi segala tantangan yang kelak menerjang hubungan cinta antara kamu dan pasangan.

Selain itu, percaya pada diri sendiri juga membuka aura positif yang membuat orang lain yakin untuk menghabiskan waktu bersama denganmu. Kalau bisa menarik si pujaan hati dengan sikap optimis, mengapa harus memelihara rasa cemas?

3. Percayalah bahwa kamu layak untuk dicintai. Belajarlah untuk menerima perhatian dan kasih sayang yang orang berikan kepadamu

Ini 6 Kiat Bantu Kamu Perbaiki Diri untuk Temukan Cinta Sejatipexels/inna-lesyk

Jika kamu masih berpikir bahwa rasa cemas takkan berpengaruh pada upaya mencari cinta sejati maka sebaiknya mulai pikirkan kembali. Munculnya kecemasan pada diri dapat menimbulkan pikiran bahwa kamu tak pantas dihargai apalagi dicinta. Alhasil, kamu makin menutup diri untuk mencari sang tambatan hati.

Menanamkan kepercayaan kalau kamu layak mendapatkan cinta adalah kunci penting memperoleh kekasih sejati. Mulailah untuk menerima dan mengapresiasi perhatian dan cinta yang diberikan orang lain padamu. Menerapkan hal tersebut akan membuka lebar jalanmu pada sosok yang diidamkan.

Baca Juga: 6 Dilema Jujur yang Dirasakan Orang Pendiam Ketika Jatuh Cinta

4. Janganlah terpaku pada tipe ideal yang kamu buat. Manusia tak ada yang sempurna maka cintailah kekurangan dan kelebihannya

Ini 6 Kiat Bantu Kamu Perbaiki Diri untuk Temukan Cinta Sejatipixabay/AdinaVoicu

Setiap orang pasti punya tipe pasangan ideal. Beberapa dari kita bahkan membuat kriteria ketat calon pendamping di masa depan. Sah-sah saja hal seperti itu dilakukan. Namun, janganlah terpaku pada kriteria yang sudah kamu buat.

Memang, kriteria jadi salah satu aspek untuk menyaring orang-orang yang kamu anggap cocok untuk dijadikan pasangan. Tetapi, ingatlah bahwa manusia tak ada yang sempurna. Janganlah berusaha untuk mengubah orang lain sesuai standar. Alangkah lebih baik berusaha untuk berproses bersama ke arah yang lebih baik. 

5. Bangunlah kepercayaan pada orang lain. Jangan terus terperangkap oleh prasangka tak berdasar

Ini 6 Kiat Bantu Kamu Perbaiki Diri untuk Temukan Cinta Sejatiunsplash/priscilladupreez

Selain menumbuhkan rasa percaya pada diri sendiri, kamu juga perlu membangun kepercayaan pada orang lain. Janganlah membuat asumsi liar tentang seseorang hanya dengan sekali pandang saja. Bisa jadi, kesan pertama yang kamu dapat ketika melihatnya bukanlah sikap asli mereka.

Cobalah mengenal lebih jauh seseorang yang kamu kenal. Kenali apa yang menjadi kesukaan dan kebiasaannya. Dengan begitu, kamu jadi tak asal berprasangka tentangnya dan siapa tahu kalian jadi lebih akrab. Bukan tidak mungkin dia jadi orang spesial dalam hidupmu. 

6. Tingkatkan selalu kemampuan berkomunikasi. Tak hanya sekedar bicara, tetapi juga memahami dan mau mendengarkan

Ini 6 Kiat Bantu Kamu Perbaiki Diri untuk Temukan Cinta Sejatiunsplash/stairhopper

Tak semua dari kita merupakan orang yang bisa berkomunikasi dengan baik. Terkadang, rasa gugup mengutarakan isi hati dan pikiran menyergap. Kita pun urung menyatakan apa yang dirasakan. Kalau dibiarkan saja, orang lain takkan tahu apa yang kamu pikirkan.

Agar kondisi itu tak berlanjut kamu perlu melatih kemampuan berkomunikasi dengan orang lain. Mulailah berani menyampaikan pikiran serta perasaan yang sudah terpendam lama. Selain itu, kamu juga perlu membiasakan diri menjadi pendengar yang baik karena komunikasi tak hanya sekedar berbicara. Inilah yang kelak menjadi kunci sukses membangun hubungan cinta dengan sang pujaan hati.

Mencari si kekasih hati memang butuh persiapan. Tak serta merta datang dan langsung menyatakan perasaan. Dan, persiapan itu dimulai dari diri sendiri. Jika sudah mampu memperbaiki diri ke arah yang lebih baik maka langkahmu menemukan cinta sejati kian lebar. Jadi, sudah siap melakukannya?

Baca Juga: Hati-hati, 5 Potensi Bahaya dari Jatuh Cinta Ini Bisa Kamu Alami

Topic:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya