Comscore Tracker

Kadet 1947: Film Perjuangan yang Wajib Ditonton Millennial Bandung

Yuk akhir pekannya kita datang ke bioskop

Bandung, IDN Times - Akhir pekan dengan cuaca hujan di Kota Bandung nyatanya masih bisa dinikmati dengan berekreasi. Mengunjungi mal dan menonton film di bioskop bisa jadi salah satu cara menghilangkan penat setelah lelah beraktivitas.

Bagi kalian yang berniat nonton film di bioskop, Kadet 1974 bisa jadi pilihan utama. Film yang baru dirilis pada 25 November ini menceritakan tentang sejarah Kemerdekaan Indonesia.

Film Kadet 1947 mengadaptasi kisah sejarah Kemerdekaan Indonesia saat berhadapan dengan Agresi Militer Belanda I pada Juli 1947. Pada saat itu, Belanda melanggar perjanjian Linggarjati.

Sekelompok Kadet atau pelajar dari sekolah penerbang Angkatan Udara di Maguwo ingin turut mempertahankan Kemerdekaan Indonesia. Akan tetapi apa daya, ambisi mereka terhalang karena masih berstatus pelajar sehingga belum dapat izin untuk membawa pesawat dan senjata.

1. Relate dengan Kota Bandung yang penuh sejarah perjuangan

Kadet 1947: Film Perjuangan yang Wajib Ditonton Millennial BandungFilm Kadet (instagram.com/kadet1947)

Produser Kadet 1947, Celerina Judiasari mengatakan, meski film ini tidak dibuat di Kota Bandung, tapi makna perjuangan sangat kental dan relevan dengan kota ini. Maka sudah selayaknya akan millennial Bandung yang ingin tahu sejarah menyaksikan film ini.

"Bandung itu banyak sejarah dan akan perjuangan di sini sangat kental. Semoga film ini bisa mewakili meski setting filmya tidak diambil di Bandung. Tapi akan ada korelasi untuk anak muda yang ingin tahun sejarah dan para pahlawan pejuang kemerdekaan," ujarnya saat jumpa pers, Sabtu (27/11/2021).

Dia mengatakan, selain sarat akan perjuangan, film Kadet 1947 pun menampilkan berbagai sinematik menarik yang jarang ditampilkan film perjuangan lainnya. Film berlatarbelakang Angkatan Udara pun masih jarang dibuat di Indonesia,.

"Karya visual ini harus bisa berlayar di bioskop selama munglin. Karena kita tidak tahu kapan film semacam ini dibuat lagi," kata dia.

2. Film ini dibintangi para aktor muda

Kadet 1947: Film Perjuangan yang Wajib Ditonton Millennial BandungBusana bertema militer yang ditampilkan dalam Pagelaran Fashion Show Kadet 1947. 19 November 2021. (IDN Times/Rindi Salsabilla)

Filmn ini akan dibintangi banyak aktor muda Indonesia, di antaranya Kevin Julio, Bisma Karisma, hingga Chicco Kurniawan. Aktor Kevin Julio akan berperan sebagai kadet bernama Mulyono, sosok yang jujur dan tegas.

Kemudian ada aktor Marthino Lio berperan sebagai Adji (Bambang Saptoadji) yang punya sifat pemberani dan pantang menyerah. Selain itu ada juga aktor asal Bandung, Bisma Karisma yang perankan kadet bernama Sigit (Sutardjo Sigit).

Selain itu ada sosok yang penuh perhitungan dan realistis, aktor Omara Esteghlal berperan sebagai Har (Suharnoko Harbani). Aktor Wafda Saifan ikut berperan dalam film ini perankan karakter bernama Tardjo (Sutardjo). Dulunya ia adalah prajurit yang ikut perang kemerdekaan.

Celerina Judiasari mengatakan, pemilihan para aktor muda dalam film ini karena pada sejarahnya dulu pada kadet pun merupakan anak-anak muda yang baru berusian belasan hingga sekitar 20 tahun-an. Dengan menampilkan aktor muda, film ini diupayakan relevan dengan peristiwa kala itu.

"Jadi film Kadet 1947 ini memang mencerminkan semangat para anak muda dulu. Harapannya semangat ini pula bisa ditiru anak muda sekarang," paparnya.

3. Bisma jadi lebih menghargai Sang Ayah

Kadet 1947: Film Perjuangan yang Wajib Ditonton Millennial BandungBusana bertema militer yang ditampilkan dalam Pagelaran Fashion Show Kadet 1947. 19 November 2021. (IDN Times/Rindi Salsabilla)

Bisma yang ikut ambil bagian dari film ini menuturkan bahwa sang ayah adalah prajurit TNI Angkatan Udara (AU). Ketika hendak ikut pemilihan aktor dia coba berkonsultasi dengan ayahnya mengenai TNI AU dan sejarah kadet.

Dan ternyata di AU sendiri kadet ini menjadi pelajaran sejarah yang kerap disampaikan. Ayah Bisma pun sampai tahu mengenai sosok Sigit yang kemudian dia perankan dalam film Kadet 1947.

"Dari film ini juga saya jadi lebih terbuka mengenai sosok ayah yang merupakan anggota AU. Kesetiannya, kehadirannya untuk negara dan keluarga menjadi hal yang harus dihargai," ujar Bisma.

Saking cintanya pada pengabdian tersebut, Bisma mengaku mengajak nonton sang ayah ketika film ini tayang di bioskop pertama kali.

Nah buat kalian yang ingin menikmati akhir pekan dan belajar tentang sejarah kemerdekaan, bisa langsung datang ke bioskop dan menyaksikan film Kadet 1947.

Baca Juga: Review Film Kadet 1947, Dari Awal Sampe Akhir Bikin Merinding Bangga

Baca Juga: 5 Alasan Wajib Nonton Film Kadet 1947, Sayang Untuk Dilewatkan!

Topic:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya