Comscore Tracker

Resep Cakwe dan Odading, Pasangan Roti Goreng Terlezat dari Bandung

Cocok untuk hidangan buka puasa nih

Cakwe dan odading, merupakan sajian roti goreng yang terkenal lezat dari Kota Bandung. Mereka terkenal sebagai jajanan pinggir jalan yang banyak difavoritkan, karena rasanya yang lezat, lembut dan empuk.

Dari situlah citarasa cakwe dan odading jadi makin populer di daerahnya, sehingga keduanya kerap kali disandingkan bersama. 

Dan kamu juga bisa mencicipi cakwe dan odading khas Bandung tersebut di rumah, dengan cara membuatnya dari resep berikut ini.

1. Bahan resep cakwe dan cara membuatnya

Resep Cakwe dan Odading, Pasangan Roti Goreng Terlezat dari Bandungilustrasi tepung (pexels.com/Nicole Michalou)

Bahan:

  • 250 gram tepung terigu protein sedang
  • 185 ml air
  • 1/2 sdt garam
  • 1/2 sdt amoniak bubuk
  • 1 3/4 sendok teh baking powder
  • Minyak goreng

Cara membuatnya:

Sebelum membuat adonannya, pertama bikin dulu bahan biangnya, yaitu terdiri dari garam dan amoniak bubuk. Keduanya campurkan ke dalam 85 ml air, lalu aduk hingga benar-benar larut. Sisihkan.

Kemudian seperti tadi, masukkan baking powder ke dalam sisa airnya lalu aduk hingga larut. Sisihkan.

2. Uleni adonan cakwe hingga kalis

Resep Cakwe dan Odading, Pasangan Roti Goreng Terlezat dari BandungMembuat bentuk adonan kalis (Pexels.com/Katerina Holmes)

Siapkan tepung terigu, kemudian ayak tepung ke dalam wadah. Setelah itu, tambahkan bahan biang larutan amoniak dan baking powder dengan perlahan-lahan sambil diaduk tepungnya menjadi adonan, dan uleni sampai kalis. Lalu diamkan selama 20 menit.

Kemudian, uleni lagi adonan sampai elastis. Lalu sisihkan ke dalam wadah tertutup dengan plastik atau kain lembap, diamkan selama 6 jam agar proses pengembangannya lebih baik.

3. Goreng cakwe sampai matang

Resep Cakwe dan Odading, Pasangan Roti Goreng Terlezat dari Bandungilustrasi cakwe (instagram.com/chefsandradjohan)

Taburi permukaannya dengan sedikit tepung, siapkan adonan untuk di giling menggunakan rolling pin hingga setebal 1/2 sentimeter.

Setelah adonan melebar, potong masing-masing dengan panjang 10 sentimeter dan lebar 2 sentimeter, lalu tumpuk 2 lapis semuanya dan rekatkan dengan air. Lalu tekan tengahnya dengan sumpit.

Panaskan minyak goreng. Ambil adonan lalu tarik perlahan adonan agar memanjang, dan masukkan ke dalam penggorengan. Goreng cakwe sampai berwarna coklat keemasan dan mengambang. Angkat dan tiriskan.

4. Bahan resep odading dan cara membuatnya

Resep Cakwe dan Odading, Pasangan Roti Goreng Terlezat dari Bandungilustrasi menaburkan tepung pada adonan dan sekitarnya (pexels.com/Klaus Nielsen)

Bahan:

  • 250 gr tepung terigu protein tinggi
  • 1 buah telur
  • 60 gr gula pasir
  • 1 sdt garam
  • 1 sdm ragi instan
  • 60 gr susu full cream
  • 100-200 ml air

Cara membuatnya:

Bikin larutan ragi instan dengan air hangat, dan biarkan hingga berbuih.

Kemudian siapkan tepung dalam wadah. Kocok telur dengan tambahan gula sampai larut. Lalu masukkan ke dalam tepung, dan campurkan sampai rata.

Tambahkan juga larutan ragi instan, air, dan susu full cream ke dalamnya. Aduk hingga rata dan menjadi adonan kalis.

Setelah itu, simpan adonan dalam wadah tertutup dengan kain lembap atau plastik. Diamkan adonan selama 20 menit atau sampai mengembang.

5. Goreng odading sampai matang dan sajikan

Resep Cakwe dan Odading, Pasangan Roti Goreng Terlezat dari Bandungilustrasi odading (instagram.com/ariemadione)

Kemudian potong adonan bentuk kotak-kotak sesuai selera. Masukkan ke dalam minyak panas, goreng odading sampai coklat keemasan. Angkat dan tiriskan.

Setelah keduanya tiris dan kering dari minyak, sajikan ke piring, siapkan juga saus cocolan untuk cakwe. Dan nikmatilah pasangan roti goreng khas Bandung tersebut, yakni cakwe dan odading.

Gimana, terlihat mudah'kan? Yuk, langsung bikin aja sebagai camilan pagi dan sore hari, pasti semuanya ketagihan. 

Gebialya R. Photo Community Writer Gebialya R.

Learning is the basis of life.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya