Comscore Tracker

Lezat dan Empuk, Nikmati Sajian Manuk Londo Khas Kota Bandung

Sajian manuk londo ini dikenal rendah kolestrol

Berwisata kuliner di Kota Bandung tentu tidak akan ada habisnya. Beragam hidangan bisa ditemukan di kota berjuluk Paris van Java ini. Mulai hidangan ringan hingga menu yang cocok untuk berbuka puasa nanti.

Bagi para penikmat kuliner tentunya sudah tidak asing lagi dengan sajian daging ayam atau bebek yang menggugah selera. Namun, bagaimana dengan kelezatan daging manuk londo?

Manuk londo atau yang lebih dikenal dengan sebutan malon itu kini mulai dikenal sebagai hidangan istimewa. Selain memiliki tekstur daging yang lebih lembut, burung malon pun menawarkan sensasi lain saat menikmatinya.

Meski begitu, tidak banyak resto yang khusus menawarkan hidangan spesial tersebut. Bahkan, sebagai salah satu kiblat kuliner di Tanah Air, Kota Bandung sekalipun belum memiliki resto yang khusus menyajikan kelezatan daging malon.

Seperti apa cita rasa hidangan Manuk Londo atau Malon ini? Yuk simak ulasannya bersama IDN Times, di bawah ini.

1. Manuk Londo adalah persilangan burung puyuh lokal dengan puyuh asal Prancis

Lezat dan Empuk, Nikmati Sajian Manuk Londo Khas Kota BandungIDN Times/Yogi Pasha

Mungkin hanya sebagian orang yang mengetahui Burung Malon atau Manuk Londo. Burung malon adalah sebutan untuk Manuk Londo yakni burung hasil persilangan antara burung puyuh lokal dengan burung puyuh yang berasal dari Perancis atau dikenal dengan nama French Quail.

Hasil persilangan tersebut membuat daging dari Burung Malon tentu berbeda dengan burung puyuh.  

Chef De Malond, Nanang menyebutkan, olahan daging Malon tentunya lebih lembut, gurih, dan pastinya lezat dibandikan dengan burung puyuh lokal. Tidak hanya itu, daging Malon juga kaya akan kandungan vitamin dan protein.

"Daging Malon juga memiliki kandungan kolesterol yang cukup rendah, karena itu sajian ini cocok untuk siapa saja," kata Nanang ditemui di De Malond Jalan Bengawan No 79 Bandung.

2. Menjadi pelopor hidangan burung malon di Kota Bandung

Lezat dan Empuk, Nikmati Sajian Manuk Londo Khas Kota BandungIDN Times/Yogi Pasha

Owner Malond Resto, Yovita Liza mengaku, restonya merupakan pelopor di Kota Bandung yang berani menyajikan hidangan daging malon super lezat. Bahkan, De Malond menawarkan sedikitnya 10 menu daging malon yang bisa dicicip para pecinta kuliner.

Menurut dia, hidangan burung malon sebenarnya banyak ditemui di berbagai restoran. Namun, kebanyakan menu yang disajikan hanya berupa malon goreng.

"Sajian malon mungkin kami yang pertama. Di sini ada 10 menu daging malon mulai dari malon geprek, malon cabai garam, malon bakar, malon lada hitam, hingga malon salted egg, dan lainnya," ujar dia. 

3. Sajian burung malon yang rendah kolestrol

Lezat dan Empuk, Nikmati Sajian Manuk Londo Khas Kota BandungIDN Times/Yogi Pasha

Liza mengungkapkan, masyarakat khususnya pecinta kuliner sudah mulai banyak yang memburu kelezatan daging malon. Sebab, selain menawarkan sensasi lain saat menikmatinya, daging malon lebih empuk dan lebih menyehatkan karena rendah kolesterol.

"Sebelum membuka De Malond, kami memang buka resto Sunda di rest area dan daging malon jadi salah satu menunya. Ternyata, banyak masyarakat yang suka, akhirnya kami putuskan untuk buka resto yang khusus menyajikan daging malon," lanjutnya.

4. Disajikan dalam 10 varian menu burung malon

Lezat dan Empuk, Nikmati Sajian Manuk Londo Khas Kota BandungIDN Times/Yogi Pasha

Liza menyebutkan, banyaknya para penggemar Malon ini membuat restonya menyediakan sedikitnya 10 menu daging malon. Beragam pilihan bisa dinikmati pengunjung untuk menikmati daging malon. 

"Disini kami sediakan 10 menu mulai dari malon geprek, malon cabai garam, malon bakar, malon lada hitam, hingga malon salted egg, dan lainnya," ungkap dia.

Topic:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya