Comscore Tracker

Permudah Pebisnis, Telkom dan Kadin Kembangkan Platform Kadin Tech Hub

Platform ini bakal jadi jembatan para inovator dan inventor

Bandung, IDN Times - PT Telkom bersama Kamar Dagang Indonesia (Kadin) menjalin kerja sama untuk pengembangan prototipe dan ujicoba platform Kadin Tech Hub. Kerja sama ini ditandai dengan penandatanganan nota kesepahaman (MoU) di Jakarta, Senin(18/4/2022).

Nantinya, Kadin Tech Hub bertujuan menjadi platform yang menjembatani antara inovator, inventor yang memiliki kemampuan dibidang teknologi atau bidang lainnya dengan para pelaku bisnis yang memiliki permasalahan dalam dunia industri.

1. Kadin Tech Hub akan menjadi sebuah ekosistem untuk menghubungkan para pebisnis

Permudah Pebisnis, Telkom dan Kadin Kembangkan Platform Kadin Tech HubIDN Times/Istimewa

Deputy EVP Digital Technology & Platform Business PT Telkom Ery Punta Hendraswara mengatakan, dalam kerja sama ini, ke depan Kadin Tech Hub akan terus dikembangkan tidak hanya sebagai platform.

"Nanti ke depan akan membentuk sebuah ekosistem sehingga menguatkan peran Kadin untuk menghubungkan dan mengedukasi para innovator dan pebisnis di Indonesia," kata Ery dalam keterangan tertulis yang diterima IDN Times, Rabu(20/4/2022).

2. Terintegrasi dalam layanan digital milik Telkom

Permudah Pebisnis, Telkom dan Kadin Kembangkan Platform Kadin Tech HubIDN Times/Istimewa

Ery menjelaskan, dalam MoU yang dilakukan bersama Kadin ini diarahkan dalam integrasi solusi/layanan digital milik PT Telkom dan startup binaan Telkom dengan UMKM di bawah naungan Kadin Indonesia.

Menurut dia, pada Kadin Tech Hub, beberapa solusi yang sudah tersedia antara lain berasal dari startup dan platform karya Telkom seperti MySooltan, Nodeflux, Indigo, dan BigBox.

Sebagai contoh, My Sooltan adalah platform penyedia solusi digital touch point terintegrasi yang bisa dimanfaatkan UMKM. Kemudian, Nodeflux menyediakan solusi computer vision & deep learning untuk deteksi video dengan cara canggih dan termutakhir. "Kadin Tech Hub dapat diakses melalui laman http://kadin.digital," ujar dia.

3. Digitalisasi mengharuskan korporasi dan pelaku usaha beradaptasi

Permudah Pebisnis, Telkom dan Kadin Kembangkan Platform Kadin Tech HubIDN Times/Istimewa

Menurut Ery, digitalisasi yang semakin cepat mengharuskan korporasi dan para pelaku usaha terus beradaptasi agar dapat bertahan dan maju ke depan.

Untuk itu, sebelum MoU tersebut, platform tersebut diperkenalkan pada acara Digitalisasi Nusantara Expo and Summit (DNES) 2022 yang digelar Kadin Indonesia di Surakarta, Jawa Tengah, sebagai bagian dari side events B20 Gugus Tugas Digitalisasi.

Dalam penandatanganan MoU pengembangan prototipe dan ujicoba platform Kadin Tech Hub juga dihadiri Wakil Ketua Umum Kadin Indonesia Bidang Komunikasi dan Informatika Firlie H. Ganinduto disaksikan Direktur Bisnis Digital PT Telkom Muhammad Fajrin Rasyid.

Topic:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya