Comscore Tracker

Perluas Jaringan, PT Pos Gandeng Santripreneur Indonesia

Kerja sama ini sebagai salah satu upaya pulihkan perekonomian

Bandung, IDN Times - PT Pos Indonesia (Persero) menggandeng Komunitas Santripreneur Indonesia untuk memperluas jaringan bisnis kurir dan logistik. Kerja sama ini juga sebagai langkah konkret Pos Indonesia membantu pemerintah mempercepat pemulihan ekonomi akibat pandemik COVID-19.

Kerja sama ditandai dengan peluncuran Agen Pos Santripreneur di Hotel Aryaduta, Jakarta, Jumat (1/10/2021). Hadir pada kesempatan tersebut Direktur Bisnis Kurir dan Logistik PT Pos Indonesia (Persero) Siti Choiriana beserta jajarannya serta perwakilan pengurus Santripreneur Indonesia.

Menurut Siti, kerja sama dengan Santripreneur Indonesia sebagai upaya bersama membantu pemulihan ekonomi nasional. Kerja sama ini memberi peluang lapangan kerja bagi anggota Santripreneur di seluruh daerah.

"Kerja sama ini didasari oleh komitmen bersama membantu pemulihan ekonomi nasional. Kami berkolaborasi, di mana anggota Santripreneur bisa bergabung menjadi Agen Pos atau O-Ranger Pos Indonesia," jelas direktur yang akrab disapa Ana dalam keterangan tertulisa yang diterima IDN Times, Sabtu(2/10/2021).

1. Santripreneur Indonesia memiliki lebih dari 20 ribu orang

Perluas Jaringan, PT Pos Gandeng Santripreneur IndonesiaIDN Times/Istimewa

Santripreneur Indonesia berdiri di Yogyakarta beberapa tahun lalu. Saat ini, komunitas ini telah memiliki anggota lebih dari 20.000 orang. Santripreneur Indonesia telah memiliki jaringan kuat di beberapa daerah. Komunitas ini lahir untuk mendorong para santri memiliki kemandirian ekonomi berlandaskan akhlak.

Lebih lanjut Ana menjelaskan, sekretariat atau pusat kegiatan Santripreneur di beberapa daerah bisa diberdayakan menjadi Agen Pos. Sementara anggotanya menjadi O-Ranger. Dengan begitu, diharapkan akan mendorong para santri mandiri secara ekonomi. Kerja sama ini juga akan memudahkan mereka dalam melakukan pengiriman barang.

"Saya memiliki keyakinan bahwa mereka punya komunitas yang cukup kuat, baik itu antar anggota atau di luar anggota. Mereka pun sangat menguasai areanya. Saya meyakini ini akan mendorong percepatan program santri entrepreneur," beber dia.

2. PT Pos Indonesia terus memberikan pelayanan dan memberi peluang usaha

Perluas Jaringan, PT Pos Gandeng Santripreneur IndonesiaIDN Times/Istimewa

Kerja sama ini, kata dia, akan secara konkret segera direalisasikan. Nantinya, kedua belah pihak bersama-sama membuat pelatihan bersama bagi anggota yang akan menjadi Agen Pos dan O-Ranger. "Pos Indonesia ingin kehadiran kami semakin dirasakan masyarakat," imbuh dia.

Agen Pos adalah konsep pengembangan jaringan melalui kerja sama kemitraan antara PT Pos Indonesia dengan perorangan atau badan usaha. Konsep ini dalam rangka memberikan pelayanan lebih luas kepada masyarakat serta memberi peluang usaha.

3. Paket pelanggan akan dijemput O-Ranger

Perluas Jaringan, PT Pos Gandeng Santripreneur IndonesiaIDN Times/Istimewa

Sementara O-Ranger merupakan mitra Pos Indonesia yang bertugas untuk memasarkan produk Pos Indonesia dan melakukan layanan penjemputan barang (pick up service) di masing-masing area. Kerja O-Ranger yaitu pemasaran dan penjualan produk jasa kurir pada segmen ritel dan lainnya. O-Ranger saat ini menjadi garda terdepan dalam melakukan pickup service paket di aplikasi PosAja!

Platform PosAja! telah ditopang oleh infrastruktur teknologi yang cukup memadai. Konsumen bisa melakukan pengiriman barang melalui handphone dengan mengakses aplikasi PosAja! Fitur layanan PosAja! diantaranya Pos Instant Plus, Pos Instan, Pos Express, Pos Kilat Khusus, dan layanan lainnya.

Baca Juga: Buktikan Aplikasi Pos Aja, Erick Thohir Apresiasi PT Pos Indonesia

Baca Juga: Garap Pasar Millennial, Pos Indonesia Luncurkan Platform Courier Pos Aja 

Topic:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya