Comscore Tracker

Pekan Depan BI Jabar akan Gelar Pameran UMKM Secara Virtual

Siapkan waktu dan uang untuk berbelanja berbagai produk 

Bandung, IDN Times - Bank Indonesia akan kembali menggelar pameran untuk mengembangkan bisnis para pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM), salah satunya UMKM yang berada di sektor ekonomi kreatif (Ekraf). Hal ini juga sejalan dengan tugas Bank Indonesia dalam memelihara kestabilan harga melalui pengembangan ekonomi dan advisor kebijakan kepada pemerintah daerah.

Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Jawa Barat Herawanto menuturkan, Jawa Barat sebagai provinsi dengan jumlah unit usaha ekraf terbesar di Indonesia, menjadi potensi yang dapat terus dikembangkan. Potensi ini didukung dengan keindahan alam yang memesona dan penduduk yang kaya akan kreativitas.

"Semua sumber daya yang ada bisa membuat ekraf Jawa Barat mampu menjadi salah satu pendorong percepatan pemulihan ekonomi yang terdampak pandemi, tidak hanya bagi perekonomian daerah, tapi juga nasional," ujar Herawanto, Kamis (6/8/2020).

1. Produk UMKM bisa lebih diketahui masyarakat melalui berbagai kegiatan pameran

Pekan Depan BI Jabar akan Gelar Pameran UMKM Secara Virtual(Pameran UMKM di Bandung) IDN Times/Yogi Pasha

Dalam mewujudkan upaya tersebut, lanjut Herawanto, tentunya diperlukan sinergi dan koordinasi antara berbagai pihak yang terkait. Salah satu wujud nyata sinergi pemerintah, Bank Indonesia dan perbankan Jawa Barat dalam upaya mendukung Ekraf Jawa Barat adalah melalui penyelenggaraan event Karya Kreatif Jawa Barat (KKJ).

KKJ merupakan kegiatan nasional tahunan dengan menampilkan pameran produk dan karya UMKM unggulan dan terpilih dari Jawa Barat.

"Namun mengingat produk unggulan Jawa Barat tersebut merupakan rangkaian proses yang didukung serta dipasarkan di daerah lain di Indonesia, perkembangan UMKM Ekraf Jawa Barat dapat memberikan efek berlipat terhadap pertumbuhan ekonomi negara," kata dia.

2. Pameran KKJ diselenggarakan mulai 11 Agustus secara virtual

Pekan Depan BI Jabar akan Gelar Pameran UMKM Secara VirtualIDN Times/Yogi Pasha

KKJ merupakan upaya memperkenalkan dan mempromosikan pesona Jawa Barat dan produk kreatif premium dari UMKM terseleksi di Jawa Barat, serta upaya mendukung peningkatan ekspor Ekraf Jawa Barat. KKJ juga merupakan ajang untuk melakukan kurasi terhadap UMKM Jawa Barat yang akan mengikuti Event Nasional Karya Kreatif Indonesia (KKI).

Rangkaian KKJ 2020 akan dimulai pada 11 Agustus 2020, dan digelar selama lima hari penuh hingga 15 Agustus 2020. KKJ 2020 ini, secara khusus mengangkat tenun sebagai salah satu karya seni khas Jawa Barat, sehingga mengusung tema 'Menenun Asa, Menuju UMKM Tangguh dan Juara' dengan tagline 'Creativity for Legacy'.

Pameran ini menampilkan 60 UMKM terpilih. Untuk mendukung proses transaksi secara nontunai, KKJ 2020 didukung oleh 6 perbankan, 3 perusahaan Penyelenggara Jasa Sistem Pembayaran (PJSP), dan 3 marketplace. Pada KKJ 2020 ini juga akan menampilkan 89 busana dari 11 fashion designer.

"Rangkaian KKJ 2020 digelar secara virtual melalui laman www.karyakreatifjawabarat.com dan bisa dilihat langsung di berbagai kanal media sosial yang dimiliki oleh Pemprov, BI, dan Dekranasda," papar Herawanto.

3. Berikut rangkaian acara KKJ 2020

Pekan Depan BI Jabar akan Gelar Pameran UMKM Secara VirtualDok.IDN Times/Istimewa

Untuk memeriahkan KKJ 2020, selain pameran virtual produk UMKM unggulan dan terpilih Jawa Barat; BI juga akan melengkapinya dengan rangkaian:

1. Launching Indikasi Geografis Tenun Majalaya dan Tenun Garut;
2. Launching Buku Tenun Jawa Barat;
3. Fashion presentation tenun khas Jawa Barat;
4. Workshop “Eksplorasi Tenun Jawa Barat” dan “Entrepreneur Digital Marketing”,
5. Webinar “Digitalisasi dalam Pengembangan UMKM”, dan “Industri Halal”;
6. Talkshow “Potensi Produk IKRA”, “Tetap Kreatif di Era Pandemi”, dan “Inspiring Woman Entrepreneur”;
7. Lomba desain pakaian berbahan tenun Jawa Barat;
8. Live demonstration “Business Opportunity From Home”; dan
9. Business Matching pembiayaan kredit dengan perbankan (BRI, BNI, Mandiri, BCA, BSM, BJB), penyediaan jasa sistem pembayaran (Gopay, OVO, LinkAja, Paytren, Dana, Shopee), dan perluasan akses pemasaran UMKM dengan marketplace (Tokopedia, Blibli.com, Shopee).

Untuk itu, kami mengimbau masyarakat turut meramaikan dan menyukseskan event KKJ 2020 dengan mengikuti berbagai acara yang diselenggarakan dan membeli produk UMKM yang ditawarkan dalam event KKJ ini.

"Sekali lagi, mari kita dukung upaya percepatan pemulihan ekonomi dengan mendukung produk UMKM namun dengan tetap menerapkan protokol kesehatan. Kill the virus, but not the economy," pungkas dia.

Baca Juga: Rupiah Melemah Lagi, Bank-bank Jual Dolar AS Mendekati Rp17.000

Baca Juga: Sinergi BRI dan Kemenparekraf Dukung Pariwisata dan Ekonomi Kreatif  

Baca Juga: Ekonomi Kreatif Terdampak Wabah COVID-19, Lukisan Barli Resmi Dilelang

Topic:

  • Debbie sutrisno
  • Galih Persiana

Berita Terkini Lainnya