1.985 Jemaah Terima Manfaat Kredit Mesra Lewat 124 Rumah Ibadah

Yuk manfaatkan program pinjaman ini untuk wirausaha

Bandung, IDN Times - Kepala Dinas Koperasi dan Usaha Kecil (KUK) Provinsi Jawa Barat, Kusmana Hartadji mengatakan, program pinjaman tanpa bunga dan agunan yang bisa diperoleh di masjid, gereja, pura, wihara, hingga kelenteng yang bernama Kredit Mesra (Masyarakat Ekonomi Sejahtera) telah diakses masyarakat secara masif. Berdasarkan data terakhir, program ini telah mampu merangkul 1.985 mitra binaan alias jemaah melalui 124 rumah ibadah yang tersebar di Jabar.

Pinjaman yang diberikan beragam mulai dengan plafon Rp500 ribu hingga Rp5 juta per orang yang disalurkan melalui kelompok dengan pola tanggung renteng, dengan kelompok berjumlah minimal lima orang dan maksimal 10 orang.

1. Ini rincian penerima di berbagai daerah

1.985 Jemaah Terima Manfaat Kredit Mesra Lewat 124 Rumah IbadahDok.IDN Times/Istimewa

Kusmana menuturkan, kredit awalanya disalurkan kepada 56 jemaah di Kecamatan Leuwiliang Kab. Bogor melalui Masjid Al Barokah, Masjid Al Mutaqim, Masjid Nurul Hidayah, dan Klenteng Hok Tek Bio pada November 2018. Kemudian pada Januari 2019, Masjid Al Abrar di Kecamatan Jasinga, Kabupaten Bogor menjadi tempat penyaluran kredit bagi 21 jemaah, disusul pemberian kredit kepada 20 jamaah Masjid Al Ghufron (Kab. Sumber) dan Masjid Al Hikmah (Kab. Bogor) di Februari 2019.

"Pada Maret tahun ini penerima manfaat meningkat jadi 215 orang (jemaah) yang berasal dari Kabupaten Tasikmalaya, Sumedang, Cirebon, sampai Kabupaten Bandung Barat," ucap Kusmana melalui siaran pers, Minggu (1/9).

Lalu pada triwulan kedua 2019 yakni April, program ini telah dinikmati 266 jemaah melalui di antaranya Masjid Al Falah (Kabupaten Sukabumi), Masjid Baiturohman (Kabupaten Soreang), hingga Masjid Ar Rohmah di Kecamatan Baranangsiang Kota Bandung.

Peningkatan signifikan sekaligus yang tertinggi di 2019 terjadi pada Mei lalu. Program ini dinikmati oleh 783 jemaah yang mendaftarkan diri melalui Masjid Miftahul Falah (Kabupaten Kuningan), Masjid Al Mutaqqin (Kabupayen Sumedang), hingga Masjid Al Ilyas di Kecamatan Malangbong, Kabupaten Garut.

Menutup triwulan kedua 2019 pada Juni, program Kredit Mesra  telah memberikan manfaat bagi 312 jemaah yang berasal dari Kota Tasikmalaya, Kabupaten Ciamis, Kabupaten Majalengka, hingga jemaah Masjid Al Ma'mur di Kota Depok.

Teranyar pada Juli 2019, 312 jemaah pun sudah menjadi mitra binaan melalui berbagai rumah ibadah di Kota Cimahi (Masjid Manarul Huda), Kabupaten Cianjur (Masjid Al Khoer), Kabupaten Subang (Masjid Ash Shidiq), Kota Cirebon (Masjid Pelita At Taqwa), serta Masjid Al Barokah di Cicendo Kota Bandung.

"Total hingga Juli 2019 ada 124 rumah ibadah yang menjadi penyalur kepada 1.985 jemaah dalam 269 kelompok," kata Kusmana menambahkan.

2. Mayoritas peminjam merupakan pelaku usaha

1.985 Jemaah Terima Manfaat Kredit Mesra Lewat 124 Rumah IbadahDok.IDN Times/Istimewa

Adapun usia rata-rata penerima manfaat Kredit Mesra yang dikerjasamakan dengan Bank Jabar Bantne (BJB) ini antara 17-25 tahun hingga di atas 65 tahun, dengan mayoritas penerima di kelompok usia 36-45 tahun sebanyak 668 orang.

"Sementara penerima manfaat itu paling banyak adalah sebagai pemilik usaha di bidang perdagangan, disusul Ibu rumah tangga. Kemudian kategori usaha yang lain di bidang jasa, perikanan, peternakan, bahkan ada juga pelajar yang menjadi mitra binaan," ujar Kusmana.

Selain memberikan pinjaman tanpa bunga dan agunan kepada jemaah berbagai masjid di Jabar, Kredit Mesra juga memberikan pelatihan kepada calon debitur yang merupakan anggota Dewan Kemakmuran Masjid (DKM).

Kusmana menambahkan, sosialisasi Kredit Mesra, serta pelatihan terkait Pemilahan Keuangan Usaha dan Dinamika Kelompok terus dilakukan agar jemaah dan DKM bisa betul-betul menikmati manfaat program tersebut.

"Diharapkan (jumlah penerima kredit) bisa terus bertambah hingga 2023 untuk mengatasi masalah sulitnya warga dhuafa mengakses sektor keuangan sehingga ekonomi inklusif di Jabar meningkat," tutup Kusmana.

3. Bersyukur dengan adanya program ini

1.985 Jemaah Terima Manfaat Kredit Mesra Lewat 124 Rumah IbadahDok.IDN Times/Istimewa

Rima Melati, salah satu penerima manfaat di DKM Al Birri Kota Sukabumi, mengaku bisa mengembangkan usahanya berkat pinjaman program Kredit Mesra BJB. "Usaha counter HP dan pulsa saya jadi lebih lengkap dan omzet bertambah," kata Rima.

Hal senada diutarakan Soleha asal DKM Al Istiqomah Kabupaten Karawang. "Berkat pinjaman BJB Mesra, saya bisa menambah modal usaha sehingga pendapatan saya bertambah," ucap Soleha.

Topik:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya