Comscore Tracker

Mudik Dilarang, Ribuan Santri di Tasikmalaya Nekat Pulang

Mereka akan mulai mudik pada 04 Mei 

Tasikmalaya, IDN Times - Pemerintah Indonesia telah melarang masyarakat untuk melakukan mudik Lebaran mulai 6 - 24 Mei, mendatang. Larangan itu berlaku juga untuk para santri.

Namun, Kebijakan ini sepertinya tidak akan diikuti seluruhnya bagi sebagian masyarakat termasuk santri di Kabupaten Tasikmayala, Jawa Barat. Pimpinan Pondok Pesantren Cipasung, Singaparna, Kabupaten Tasikmalaya, KH Abun Bunyamin Ruhiat mengaku, tetap akan memulangkan santrinya pada 4 Mei, nanti. Selain itu, dia juga keberatan dengan kebijakan pemerintah yang melarangan mudik diberlakukan juga untuk santri.

"Kebijakan ini sangat sulit diterapkan. Momen mudik itu hanya bisa dilakukan santri selama setahun sekali terjadi saat Idul Fitri. Mereka semua berkumpul dengan keluarga," ujar KH Abun.

1. Izinkan santri mudik tetapi dengan menerapkan protokol kesehatan

Mudik Dilarang, Ribuan Santri di Tasikmalaya Nekat PulangIDN Times / Yudi Rohmansyah

KH Abun mengatakan, melihat kebijakan pemerintah yang melarang mudik bagi warga, tentu tidak akan diberlakukan di Ponpes Cipasung, Singaparna. Menurut dia, dalam momen lebaran nanti, pengurus ponpes tidak akan melarang santi untuk mudik ke kampung halaman.

"Kami perbolehkan santri untuk mudik dengan memenuhi protokol kesehatan. Jadi, santri mudik itu aman karena saat perginya dari satu titik dan jelas berbeda dengan masyarakat pada umumnya," jelasnya.

2. Pengurus ponpes tetap mengizinkan santrinya untuk mudik pada 4 Mei

Mudik Dilarang, Ribuan Santri di Tasikmalaya Nekat PulangIDN Times / Yudi Rohmansyah

Dia menyebutkan, momen mudik lebaran akan menjadi kesempatan bagi santri untuk bertemu dengan keluarga di kampung halaman. Karena itu, pengurus ponpes akan tetap mengizinkan seluruh santri untuk mudik.

"Jadi kami tetap izinkan dan pada 04 Mei 2021, seluruh santri akan kami pulangkan dengan moda transportasi khusus," katanya.

3. Sejak pandemik COVID-19 belum pulang kampung

Mudik Dilarang, Ribuan Santri di Tasikmalaya Nekat PulangIDN Times / Yudi Rohmansyah

Sementara itu, santri Ponpes Cipasung, Ade Yusup (16) mengatakan, dirinya akan berusaha kembali ke kampung halaman di Kota Depok pada 4 Mei, nanti. Sebab, kata dia, momen ini akan dilakukan demi bertemu dengan keluarga.

"Iya (mudik) karena kangen. Saya ingin pulang kampung sebab tahun lalu gak pulang juga," ucapnya.

Baca Juga: Pemkab Tasikmalaya Belum Pastikan Beri Izin Santri Bisa Mudik

Topic:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya