Ultah ke-7, Startup Bandung Adakan Kompetisi Berhadiah Rp1 Miliar

Jadi ajang silaturahmi antar industri starup di Kota Bandung

Bandung, IDN Times - Startup Bandung, komunitas startup digital terbesar di Kota Bandung, memperingati rangkaian ulang tahun ke-7 pada 24 Maret-2 April lalu. Dalam kegiatan tersebut dimeriahkan dengan pitch battle berhadiah Rp1 miliar.

Vice President Startup Bandung Nur Islami Javad mengatakatan, selain kompetisi gagasan startup tadi, peringatan ultah juga dimeriahkan perubahan logo komunitas dan sosialisasi pengurus baru serta diskusi lintas tema yang menghadirkan praktisi startup, akademisi, pemerintah, dan masyarakat umum.

"Untuk pitch battle, dari 189 pendaftar, terseleksi 44 peserta. Dari jumlah itu, ada Top 14 serta akhirnya terpilihnya tiga juara utama Startup Digital Bandung yakni Fillyn, Mealth, dan IntelligoID. Lalu ada tiga juara Startup non Digital Bandung yakni Parakarsa, Yammy Babeh, dan I-Newbee, serta dua juara Startup Favorit juri yakni Bimasakti Astrotourism dan Virtualin," katanya di Bandung, Minggu (3/4/2022).

1. Menjadi ajang silaturahmi antar industri starup di Kota Bandung

Ultah ke-7, Startup Bandung Adakan Kompetisi Berhadiah Rp1 MiliarIDN Times/Istimewa

Juara pitch battle mendapatkan Rp300-Rp500 juta Waiver dari Xendit untuk setiap juara, serta $5.000 AWS Credits untuk tiga juara utama. Kompetisi tersebut diadakan secara daring disaksikan lebih dari 2.000 audiens lintas platform, seperti 600 lebih di Zoom, 300 lebih di YouTube, dan 1.000 lebih di Metaverse yang disediakan Ever Idea Interactive.

Menurut Jeff, panggilannya, bertindak sebagai Koordinator Juri adalah dirinya sendiri, serta juri lainnya adalah Budi Rustandi (Dosen Adbis Telkom University), Fikri Hadiansyah (Dosen Entrepreneurship SBM ITB), Lukni Ahmad (Dosen Entrepreneurship UNJANI), Ridhwan Adhikersa (Business Development Scola.id), Yundi Supriadani (CEO Inventor Class), dan Ridwan Saputra (CEO Karyain, Assistant Academics Changwon National University South Korea).

President Startup Bandung sekaligus CEO KUASSA, Grahadea Kusuf mengatakan, acara anniversary ke-7.0 ini tidak hanya sebagai selebrasi ulang tahun komunitas. Tetapi juga ajang silaturahmi dan wacana antar industri di Kota Bandung.

"Kami bangga melihat kancah komunitas Startup di Bandung menjadi kekuatan yang kohesif, dengan misi menjadi enabler, garda terdepan dari masuknya bangsa kita secara masif ke ekonomi digital," katanya.

2. Pertumbuhan startup harus berdampak terhadap masyarakat dan negara

Ultah ke-7, Startup Bandung Adakan Kompetisi Berhadiah Rp1 MiliarIDN Times/Istimewa

Cofounder Startup Bandung/CMO Feedloop, M. Ajie Santika mengatakan, dirinya berharap Startup Bandung terus konsisten menjadi tempat ngariung founder startup digital dan bisa berdampak positif bagi warga Bandung dan Indonesia.

“Diharapkan, dengan diselenggarakannya kolaborasi ini di venue Everidea Island bisa menjadi awal munculnya virtual event lainnya dan ekosistem startup di Kota Bandung menjadi lebih hidup,” Hendra Arazzi, CEO dari Everidea Interactive.

Di dalam Metaverse Startup Bandung tersebut, ada ruang teater tempat melihat sesi-sesi sharing, juga pameran daring dari anggota Startup Bandung. Yakni AGI, Alkademi, Apookat, Appon, Assemblr, Auto Pilot Store, BDD, Braga Technologies, Efishery, Eresto, Evermos, Fammi, Feedloop, Gadjah Society, Geekhunter, Halofina, Hear Me, Inagri, Indigo Space, Jaramba, Kuassa, MYCL, No Limit, Order Dulu, Pitchplay, Rukun, SBM-Greaterhub, Supernova, Svara, dan Whizzliz.

3. Terdapat sesi diskusi dengan narasumber kompten

Ultah ke-7, Startup Bandung Adakan Kompetisi Berhadiah Rp1 MiliarIDN Times/Istimewa

Jeff menambahkan, sesi diskusi ada tiga sesi. Pertama, berjudul Past-Present-Future of Startup, bercerita tentang perkembangan ekosistem di Indonesia dengan pembicara antara lain Budi Rahardjo, PhD (Dosen STEI ITB), Erdy Suryadarma (CMO Jaramba), Terry Djoni (CEO Chatbiz.id), Ari Reza (CEO MYCL), dan Grahadea Kusuf (President Startup Bandung, CEO Kuassa).

Kedua, The Small Medium Entreprise Showdown, dibawakan Destry Anna S dari Kementerian Koperasi dan UMKM, bersama Iqbal Muslimin (CEO Evermos), Harland F. (CEO Eresto), Aqsath Rasyid (CEO Nolimit.id), dan Fadhil Dzikri (CEO Apookat).

"Sesi ketiga yakni Startup, Music, and the Fun in Between: The Story of Burgerkill Virtual Concert bersama Dadan Ketu dari Burgerkill, Fauzan Rezda dari Pitchplay, dan Adhitya Wibisana dari Binaural TV. Sesi ini sangat berbeda dari sesi lainnya, kita melihat dunia startup dari sisi orang kreatif," pungkasnya.

Topik:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya