HPSN 2022, PT Geo Dipa Energi Raih Penghargaan dari DLH Jabar 

Komitmen untuk maju bersama masyarakat di wilayah kerja

Bandung, IDN Times - PT Geo Dipa Energi (Persero) bersama Kelompok Binaan, KSM Zakiyah Ngajiwa berhasil mendapatkan penghargaan dalam rangka Hari Peduli Sampah Nasional  (HPSN) 2022 yang diselenggarakan oleh Dinas Lingkungan Hidup Provinsi Jawa Barat, Selasa (08/03). KSM Zakiyah Ngajiwa berhasil meraih penghargaan di Bidang Program Kampung Iklim (ProKlim)

KSM Zakiyah Ngajiwa dinilai berhasil menerapkan pengelolaan sampah di lingkungan kantor dan lingkungan masyarakat dengan Prinsip Zero Waste dan Bank Sampah, dimana sampah yang bernilai ekonomi akan didaur ulang, sedangkan sampah organic dimanfaatkan sebagai pupuk tanaman dan siklus maggot untuk pakan ternak.

1. Sebagai bukti untuk bisa Maju Bersama masyarakat di wilayah kerja

HPSN 2022, PT Geo Dipa Energi Raih Penghargaan dari DLH Jabar IDN Times/Istimewa

General Manager PT Geo Dipa Energi (Persero) Unit Patuha, Ilen Kardani mengatakan, program-program tanggung jawab perusahaan dilakukan tidak hanya untuk mendukung peningkatan kinerja perusahaan. Namun program tersebut juga ditujukan untuk meningkatkan kualitas lingkungan, sosial, dan ekonomi masyarakat di sekitar wilayah kerja GeoDipa.

“Penghargaan ini menjadi bukti komitmen perusahaan yang terus meningkatkan nilai untuk bisa Maju Bersama masyarakat di sekitar wilayah kerja perusahaan.  Program CSR yang kami lakukan, kami bangun melalui keselarasan dengan strategi keberlanjutan untuk mencapai Sustainability Development Goals,” kata Ilen dalam keterangan tertulis yang diterima IDN Times, Rabu(9/3/2022).

2. Prinsip zero waste memiliki keterkaitan dengan isu kesehatan dan perubahan iklim

HPSN 2022, PT Geo Dipa Energi Raih Penghargaan dari DLH Jabar IDN Times/Istimewa

Pengelolaan sampah dengan Prinsip Zero Waste dan Bank Sampah bisa disebut sebagai ‘entry point’ untuk mencapai target pembangunan berkelanjutan, karena hal ini merupakan isu multisektor yang berdampak dalam berbagai aspek di masyarakat, lingkungan dan ekonomi.

Pengelolaan sampah dengan Prinsip Zero Waste dan Bank Sampah memiliki keterkaitan dengan isu kesehatan, perubahan iklim, pengurangan kemiskinan, keamanan pangan dan sumberdaya, serta produksi dan konsumsi berkelanjutan .

3. Mengadopsi sistem shared value dengan mengkombinasikan aspek sosial dan ekonomi

HPSN 2022, PT Geo Dipa Energi Raih Penghargaan dari DLH Jabar IDN Times/Istimewa

Selain itu, GeoDipa juga mengadopsi sistem shared value dengan mengkombinasikan aspek social, ekonomi dan lingkungan untuk bisa tumbuh bersama dengan masyarakat sekitar.  Hal ini menjadi penting bagi semua pihak untuk ikut ambil bagian dalam memberikan sesuatu yang berarti kepada peningkatan kualitas hidup manusia dan lingkungan. “Melalui shared value, kita akan ikut bertanggung jawab untuk lebih optimal bagi kehidupan manusia, lingkungan serta keberlanjutan bisnis perusahaan,” ujar Ilen.

Program CSR PT.Geo Dipa Energi (Persero) tidak hanya mencakup pada asas kepatuhan terhadap implementasi ISO 26000 tentang Social Responsibility dan ISO 14001 tentang Sistem Manajemen Lingkungan, tetapi juga pada aspek Good Corporate Governance (GCG), dan keselarasan program CSR dengan strategi serta daya saing bisnis perusahaan. Oleh karena itu, penghargaan ini mendorong perusahaan untuk menerapkan tata kelola perusahaan yang lebih baik, transparan, serta akuntabel.

Topik:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya