Comscore Tracker

Hanya Karangan Bunga, Hari Jadi Cirebon ke-538 Hening Tanpa Pesta

Ditiadakan karena pandemi COVID-19

Cirebon, IDN Times - Hari jadi Kabupaten Cirebon tak semarak seperti biasanya. Saban tahun di awal bulan April, rangkaian kegiatan perayaan hari jadi diramaikan dengan berbagai kegiatan massal. Mulai dari karnaval, pesta rakyat, hingga kirab budaya. Kali ini, suasana hajat rakyat itu tak terlihat di mana pun.

Di tengah mewabahnya pandemi virus corona atau COVID-19, tak ada perayaan untuk hari jadi Kabupaten Cirebon yang ke-538. Jangankan kirab budaya, suasana di lingkungan pemerintah Kabupaten Cirebon saja tak ada kemeriahan. Hanya tampak deretan karangan bunga berisi ucapan selamat di halaman Kantor Bupati Cirebon.

1. Perayaan hari jadi risiko penularan virus

Hanya Karangan Bunga, Hari Jadi Cirebon ke-538 Hening Tanpa PestaDeretan karangan bunga ucapan selamat hari jadi Kabupaten Cirebon di depan Kantor Bupati. (IDN Times/Wildan Ibnu)

Pemerintah daerah Kabupaten Cirebon memilih untuk membatalkan serangkaian perayaan hari jadi. Hal itu berguna untuk menghindari kerumunan orang banyak di tengah wabah COVID-19 yang sedang menghantui masyarakat. Pemerintah daerah setempat memilih untuk menciptakan kondisi aman dari bahaya penularan virus. Dengan begitu, risiko potensi penularan COVID-19 bisa dicegah.

Warga pun diimbau untuk melakukan program physical distancing dan mengarantina mandiri di rumah masing-masing. Selain itu, imbauan untuk menjaga kesehatan dengan memperkuat imunitas tubuh pun terus digalakan. Sebab, virus tersebut menyasar kepada orang-orang yang memiliki daya tahan tubuh rendah.

"Hari jadi ditiadakan, tidak ada juga rapat paripurna. Masyarakat harus tetap berada di rumah masing-masing," ujar Bupati Cirebon Imron Rosyadi, Jumat (3/4).

2. Masa penanganan COVID-19 hingga akhir Mei

Hanya Karangan Bunga, Hari Jadi Cirebon ke-538 Hening Tanpa PestaDeretan karangan bunga ucapan selamat hari jadi Kabupaten Cirebon di depan Kantor Bupati. (IDN Times/Wildan Ibnu)

Imron menegaskan bahwa serangkaian kegiatan perayaan hari jadi Kabupaten Cirebon ditiadakan di tahun ini. Kendati demikian, bukan tidak mungkin perayaan hari jadi Cirebon ini akan ditunda di waktu tertentu. Menurut Imron, sesuai kebijakan dari pemerintah pusat, penanganan corona ini diberlakukan hingga 29 Mei 2020 mendatang.

Sebelumnya, Pemkab Cirebon memang sempat berencana menunda perayaan Hari Jadi daerah mereka. "Di masa pandemi ini, kita semua berdoa mengharapkan keselamatan dunia dan akhirat. Khususnya selamat dari wabah ini. Kami sedang mengutamakan dulu penanganan corona di Kabupaten Cirebon," tuturnya.

3. Upaya pencegahan dengan mengimbau tidak mudik

Hanya Karangan Bunga, Hari Jadi Cirebon ke-538 Hening Tanpa PestaDeretan karangan bunga ucapan selamat hari jadi Kabupaten Cirebon di depan Kantor Bupati. (IDN Times/Wildan Ibnu)

Pemerintah Kabupaten Cirebon pun terus melakukan berbagai upaya untuk pemutusan persebaran COVID-19, termasuk imbauan kepada warga yang berada di Jakarta untuk tidak mudik ke kampung halaman di Kabupaten Cirebon.

Kepala Bagian Humas Setda Kabupaten Cirebon, Iwan Ridwan mengatakan, kesadaran masyarakat dengan tidak mudik sangat penting agar tidak terjadi perluasan wabah virus corona. Dia mengatakan, hingga saat ini pemerintah daerah hanya sebatas menyampaikan imbauan, karena pemerintah pusat belum mengeluarkan kebijakan larangan mudik.

‎ "Kami sangat berharap kesadarannya, kalau nekat berarti itu ODP (orang dalam pemantauan)," kata Iwan.

4. Jika mudik, harus isolasi 14 hari

Hanya Karangan Bunga, Hari Jadi Cirebon ke-538 Hening Tanpa PestaIlustrasi Jangan Mudik. #MediaLawanCovid19/Istimewa

Iwan mengatakan, bila pemudik sudah tiba di Kabupaten Cirebon, maka seharusnya melakukan isolasi‎ diri selama 14 hari. Bila dalam perjalanannya mengalami keluhan, segera langsung melapor ke pusat kesehatan masyarakat (puskesmas) terdekat. Upaya ini dilakukan untuk memastikan apakah terpapar virus atau tidak.

"Sebaiknya, kalau sayang keluarga di kampung halaman, jangan dahulu pulang," katanya.

Topic:

  • Galih Persiana

Berita Terkini Lainnya