Comscore Tracker

Baru 5 Persen Lansia di Kota Cirebon Terima Vaksin COVID-19

Ditargetkan 34 ribu orang lansia divaksin

Cirebon, IDN Times - Ratusan warga lanjut usia (lansia) di Kota Cirebon, Jawa Barat menerima dosis pertama vaksin di Aula Kantor Kecamatan Kesambi, Selasa (20/4/2021). Mereka tampak antusias dan menyambut positif program vaksinasi COVID-19 dari pemerintah.

Vaksinasi kepada lansia di Kota Cirebon baru mencapai 5,29 persen atau 1.843 orang dari jumlah keseluruhan 34.812 jiwa. Kepala Puskesmas Gunung Sari Kecamatan Kesambi Wasilah Dinijati mengatakan, lebih dari 150 warga lansia mengikuti program vaksinasi setiap harinya.

1. Pemberian dosis kedua 28 hari

Baru 5 Persen Lansia di Kota Cirebon Terima Vaksin COVID-19Warga lansia menjalani vaksinasi COVID-19. (IDN Times/Wildan Ibnu)

Jangka waktu vaksinasi dosis pertama kepada lansia lebih lama ketimbang dosis untuk usia muda. Dosis kedua diberikan 28 hari setelah disuntik vaksin.

Wasilah mengatakan, target sasaran penerima vaksin usia lansia di Kota Cirebon berjumlah 34.812 orang. Rencananya, pemerintah daerah setempat menyelesaikan program vaksinasi lansia hingga awal Mei mendatang.

"Target sebelum lebaran vaksinasi lansia ini sudah selesai ya. Pemberian dosis kedua lebih lama waktunya. Kalau sebelumnya 14 hari, untuk lansia 28 hari," katanya.

2. Disediakan layanan vaksin ke rumah

Baru 5 Persen Lansia di Kota Cirebon Terima Vaksin COVID-19Ilustrasi lansia (ANTARA FOTO/Mohammad Ayudha)

Wasilah menjelaskan, percepatan pembentukan antibodi kepada lansia membutuhkan waktu tiga pekan. Untuk itu percepatan pemberian vaksin kepada lansia ini harus segera mungkin tercapai.

Menurutnya, bagi warga lansia yang tidak bisa ke lokasi, puskesmas sudah menyiapkan tim untuk datang langsung ke sasaran penerima vaksin.

"Kami akan membantu lansia yang tidak bisa datang langsung dengan cara mendatangi rumahnya atau dikumpulkan di tempat terdekat dari rumah. Kami berupaya memberikan layanan terbaik," ujarnya.

3. Vaksin terus berjalan selama Ramadan

Baru 5 Persen Lansia di Kota Cirebon Terima Vaksin COVID-19Lansia dan mitra Gojek Lansia bisa mendaftar Vaksinasi COVID-19 lewat mekanisme drive thru di aplikasi Halodoc (Dok. IDN Times)

Sekretaris Dinkes Kota Cirebon, dr. Katibi mengatakan, vaksinasi COVID-19 warga lansia masih berlangsung dan terus dikejar target sasarannya. Disebutkan, hingga 18 April 2021, vaksinasi kepada lansia baru mencapai 5,29 persen atau 1.843 orang dari jumlah keseluruhan 34.812 jiwa.

Di menjelaskan, pemberian vaksin dosis pertama lansia ini didasarkan pada dua pertimbangan. Yakni, ketersediaan vaksin dan pencapaian target.

“Ramadan ini, kegiatan vaksinasi terus berjalan. Kami terus kejar target,” katanya.

4. Diperiksa lebih dulu

Baru 5 Persen Lansia di Kota Cirebon Terima Vaksin COVID-19Vaksinasi kepada warga lansia. (IDNTimes/Hilmansyah).

Sementara itu, warga lansia asal Kelurahan Kesambi Baru Kecamatan Kesambi mengaku bersyukur menjadi salah satu penerima vaksin. Warga berusia 63 tahun itu menjalani tahapan pemeriksaan sebelum disuntik vaksin.

"Saya ditanya penyakit, seputar kesehatan walaupun memiliki penyakit jantung, diabet tapi karena rutin minum obat tensi juga bagus jadi diperbolehkan," jelasnya.

Baca Juga: Didesain Ridwan Kamil, Alun-alun Kejaksan Curi Perhatian Warga Cirebon

Baca Juga: Pemda Diminta Percepat Vaksinasi COVID-19 Lansia Jelang Idulfitri

Topic:

  • Wildan Ibnu
  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya