Kesal Kondisi Jalan Rusak, Warga Bangun Kuburan dan Tanam Pohon Pisang

Tidak pernah ada pemeliharaan jalan

Sukabumi, IDN Times - Puluhan warga Kampung Padabeunghar RW 01, Desa Padabeunghar, Kecamatan Jampangtengah, Kabupaten Sukabumi, membangun sebuah kuburan di tengah perlintasan Jalan Raya Jampangtengah, Kamis(18/7). Ini merupakan aksi protes warga terhadap kondisi infrastrktur jalan yang mengalami kerusakan selama bertahun-tahun.

Tak puas dengan aksi tersebut, warga beramai-ramai menanam lebih dari lima batang pohon pisang pada lubang di sepanjang jalan. Mereka juga memasang belasan poster serta spanduk sepanjang 2,5 meter berisi kecaman terhadap pemerintah daerah yang dinilai tutup mata terhadap kerusakan jalan di wilayah tersebut.Aksi protes jalan rusak ini telah digelar warga sejak Rabu sore.

Menurut Ketua RW 01, Jeni Setiawan, aksi menanam pohon pisang di ruas Jalan Padabeunghar ini bukan kali pertama dilakukan warga. "Sudah berulangkali kami melakukan protes atas kerusakan jalan tersebut. Tapi nyatanya sampai saat ini pemerintah daerah tidak pernah meresponnya," ungkap Jeni kepada wartawan.

1. Dipicu akibat dilintasi truk bermuatan lebih

Kesal Kondisi Jalan Rusak, Warga Bangun Kuburan dan Tanam Pohon PisangIDN Times/Toni Kamajaya

Lintasan penghubung antara Padabeunghar-Jampangtengah ini berstatus sebagai jalan provinsi. Sudah lima tahun terakhir ruas jalan tersebut mengalami kerusakan yang sangat parah. Lubang berukuran besar banyak tersebar hampir di sepanjang lintasan. Diduga kerusakan jalan dipicu akibat banyaknya truk pengangkut hasil tambang yang bermuatan over kapasitas melintas di jalan tersebut.

2. Tidak pernah ada pemeliharaan jalan

Kesal Kondisi Jalan Rusak, Warga Bangun Kuburan dan Tanam Pohon PisangIDN Times/Toni Kamajaya

Kepala Desa Padabeunghar, Hendrik mengatakan sudah lima tahun terakhir ini tidak pernah ada upaya pemeliharaan pada perlintasan Jalan Raya Jampangtengah. Padahal infrastruktur jalan tersebut kondisinya sudah rusak parah. Di musim kemarau, ruas jalan ini menebarkan debu tebal karena sebagian besar tidak lagi tertutup lapisan aspal.

3. Menjadi penyebab kecelakaan lalulintas

Kesal Kondisi Jalan Rusak, Warga Bangun Kuburan dan Tanam Pohon PisangIDN Times/Toni Kamajaya

Kepala Desa Padabeunghar, Hendrik mengatakan kerusakan pada ruas jalan yang ada di wilayahnya itu telah menjadi penghambat pertumbuhan ekonomi warga. Selain itu lintasan berlubang juga kerap menjadi penyebab terjadinya kecelakaan lalulintas. "Hampir setiap minggunya ada saja kendaraan roda dua atau roda empat yang terjatuh saat melintasi ruas jalan tersebut," kata Hendrik.

4. Pernah dijanjikan perbaikan jalan

Kesal Kondisi Jalan Rusak, Warga Bangun Kuburan dan Tanam Pohon PisangIDN Times/Toni Kamajaya

Aksi protes warga dengan cara menanam pohon pisang ini sebelumnya pernah dilakukan pada Mei 2019 lalu. Namun aksi tersebut tidak berlangsung lama karena mendapatkan respon dari Dinas PU Bina Marga provinsi Jawa barat dengan mengirimkan dua orang petugasnya ke lokasi.

Kala itu, para petugas tersebut berjanji akan melakukan perbaikan jalan pada bulan Juli. Namun hingga sekarang tidak kunjung terrealisasi. Karena merasa dibohongi, warga pun memutuskan untuk kembali melakukan aksi protes.

Topik:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya