Hanya di Sukabumi, Gunakan Hak Pilih Pemilu Bisa Sambil Berwisata

Pemilih disuguhkan pemandangan indah dari puncak gunung

Sukabumi, IDN Times - Berbagai cara dilakukan oleh para petugas penyelenggara Pemilu (KKPS) 2019 agar warga bersemangat mendatangi tempat pemungutan suara (TPS) sekaligus menggunakan hak pilihnya.

Seperti yang dilakukan Kelompok Panitia Pemungutan Suara (KPPS) di Kampung Cihaur, Desa Bojongsari, Kecamatan Jampangkulon, Kabupaten Sukabumi. Mereka memanfaatkan obyek wisata Puncak Heas sebagai lokasi TPS. Strategi ini sepertinya berjalan sesuai rencana. Buktinya, sejak pagi hari warga sudah berbodnong-bondong memenuhi lokasi TPS.

1. Tawarkan keindahan panorama di atas pegunungan

Hanya di Sukabumi, Gunakan Hak Pilih Pemilu Bisa Sambil BerwisataFacebook.com

Dari segi tata letak hingga dekorasinya, TPS di Puncak Heas ini tampil sederhana seperti tempat pemungutan suara pada umumnya yang hanya terdiri dari deretan kursi sebagai lokasi antrian bagi pemilih, beberapa meja sebagai pos kerja setiap anggota KPPS serta sejumlah bilik suara yang disusun berjajar.

Bedanya, TPS ini terletak tepat di dalam kawasan yang menjadi lokasi unggulan obyek wisata Puncak Heas, yakni berupa pinggiran tebing yang dilengkapi rangkaian kayu dan bambu yang bentuknya menyerupai bahtera kapal. Ini merupakan spot terbaik yang akan menyuguhkan panorama alam yang sangat indah.

2. Bikin iri pemilih pemilu dari luar daerah

Hanya di Sukabumi, Gunakan Hak Pilih Pemilu Bisa Sambil BerwisataIDN Times/Toni Kamajaya

Sejak Rabu pagi, kabar mengenai TPS di lokasi obyek wisata Puncak Heas ini sudah menjadi perbincangan para pengguna media sosial Facebook. Hal itu terjadi setelah pemilik akun bernama Bebek Infeksi Moral (Asep Al Fattih) memposting sejumlah foto mengenai situasi TPS diantara keindahan alam Puncak Heas.

"Untuk mensukseskan Pesta demokrasi 5 tahunan para panitia menyiapkan lokasi TPS yaitu Tempat Pemungutan Suara yg lokasinya strategis dan mudah di Jangkau oleh semua masyarakat.

Ada hal yg unik dengan TPS yg satu ini, lokasinya berada di Puncak Heas yaitu lokasi wisata yg berada di Kampung Cihaur, Desa Bojongsari, Kecamatan Jampangkulon. Masyarakat yang datang tidak hanya mencoblos saja tapi bisa sambil menikmati indahnya panorama alam Pajampangan dan bisa menikmati Kuliner (Ngaliwet) bersama keluarga dan kerabat," tulis Asep Alfattih yang belakang diketahui sebagai anggota KPPS Cihaur.

Postingan inipun langsung menuai banyak komentar dari pengguna facebook lainnya. Umumnya mereka mengaku sangat tertarik untuk menggunakan hak pilihnya di TPS Puncak Heas.

3. Spot wisata menjadi titik akhir alur TPS

Hanya di Sukabumi, Gunakan Hak Pilih Pemilu Bisa Sambil BerwisataIDN Times/Toni Kamajaya

Keinginan para anggota KPPS dalam memanjakan warga yang telah usai menggunakan hak pilih, sangat terlihat jelas dari alur TPS yang sepertinya terkoneksi langsung dengan rute menuju spot wisata berbentuk bahtera kapal.

Di tempat ini ini, warga pemilih akan dimanjakan oleh keindahan alam yang terhampar luas tepat dibawah tebing gunung. Terlebih lagi bahtera kapal bambu itu sengaja dibuat sedikit menjulur melebihi tepian tebing. Dengan begitu para pengunjung lebih leluas dalam menikmati pemandangan yang menakjubkan.

4. Disuguhkan pemandangan laut, sungai dan hutan

Hanya di Sukabumi, Gunakan Hak Pilih Pemilu Bisa Sambil BerwisataIDN Times/Toni Kamajaya

Galau yang sebelumnya dirasakan warga akibat kebingungan dalam menentukan pilihan saat berada di dalam bilik suara, dijamin akan sirna seketika setelah berada di atas bahtera kapal bambu. Sebab di lokasi tersebut warga bisa melihat dari ketinggian wajah kota Pajampangan, aliran sungai yang membentang diantara rerimbunan hutan hingga hamparan laut Ujunggenteng.

"Berada di pinggir bahtera akan terasa seperti terbang, apalagi saat melihat jauh ke bawah terlihat aliran sungai dan sedikit pemandangan laut Ujunggenteng. Dengan lokasi TPS di Puncak Heas, maka warga bisa menggunakan hak pilih sambil berwisata," jelas Hidayat Asep, salah seorang warga sekaligus pegiat pariwisata lokal.

Topik:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya