Comscore Tracker

Sudah Sepekan, Warga Cikutra Bandung Keluhkan Air PDAM Berbau Comberan

Air dari PDAM Tirtawening ini sudah sepekan berbau

Bandung, IDN Times – Pelanggan PDAM Tirtawening yang tinggal di kawasan Cikutra, Kecamatan Cibeunying Kidul, Kota Bandung mengeluhkan kondisi air yang mengalir ke rumah berbau comberan (selokan). Bahkan, kejadian ini sudah terjadi sejak tahun lalu namun kondisi semakin parah sejak satu pekan.

Pelanggan PDAM Tirtawening Bandung, Naufal selaku warga RT07/10, Jalan Kerancang 1, Kelurahan Cikutra, Kecamatan Cibeunying Kidul, membenarkan kabar tersebut. Dia mengaku, air yang mengalir dari saluran PDAM di rumahnya berbau.

Menurut dia, kondisi tersebut tidak hanya terjadi di satu rumah. Tetapi, pelanggan yang berada di satu RT dengannya pun menghalami hal serupa.

“Iya betul berbau, sudah hampir seminggu di sini. Bukan cuma saya tapi satu RT di RT 07,” kata Naufal saat dikonfirmasi IDN Times, Rabu (3/2/2021).

1. Air berbau sepekan sangat mengganggu pelanggan

Sudah Sepekan, Warga Cikutra Bandung Keluhkan Air PDAM Berbau Comberandokumen pribadi

Menurut pengakuannya, air di rumahnya menggunakan jalur PDAM lama dan semua keruh dan berbau. Sehingga ini sangat mengganggu, terlebih air sangat dibutuhkan untuk sehari-hari.

“Teruskan ada yang pakai jalur PDAM baru, kemarin ada beberapa rumah yang pasang tapi dari awal pemasangan airnya itu kadang ngalir kadang nggak. Malah kebanyakan nggak ngalir,” jelasnya.

2. Sudah lapor ke petugas PDAM

Sudah Sepekan, Warga Cikutra Bandung Keluhkan Air PDAM Berbau ComberanGoogle Image

Setelah kejadian, ada warga yang sudah melapor kepada pihak PDAM Tirtawening namun belum mendapat respons yang baik. Saat ini, air masih keruh dan berbau sehingga warga butuh kepastian perbaikan.

“Udah lapor, tapi tindaklanjutnya seperti apa? masa saya harus nunggu. Anak saya udah tiga hari enggak mandi,” ujarnya.

3. Ada petugas yang mengecek

Sudah Sepekan, Warga Cikutra Bandung Keluhkan Air PDAM Berbau Comberandokumen pribadi

Menurutnya, sudah ada petugas yang mengecek di lokasi. Kabarnya ada masalah di pipa yang bocor. Selain itu air yang ngalir adalah air dari selokan.

“Kemarin juga ada petugas yang ngecek, katanya ada pipa yang bocor malah yang ngalir ke rumah saya tuh air dari selokan. Pantesan anak saya itu diare kalau dimandiin air ini the,” ungkapnya.

4. Respons PDAM Tirtawening Bandung

Sudah Sepekan, Warga Cikutra Bandung Keluhkan Air PDAM Berbau ComberanANTARA FOTO/Aprillio Akbar

Sementara itu, Dirut PDAM Tirtawening Bandung, Sonny Salimi mengaku akan segera memeriksa kondisi air yang dikeluhkan pelanggan di kawasan Cikutra tersebut. Namun, kata dia, pihaknya mengimbau kepada para pelanggan PDAM khususnya di wilayah Kota Bandung, jika membuat laporan kendala harus jelas identitas atau nomor pelanggannya.

“kalau komplain itu harus lengkap identitasnya biar kami cepat menelusurinya,” imbaunya.

Baca Juga: Penuhi Kebutuhan Air Bersih, PDAM Tirtawening Tarik Air Waduk Saguling

Baca Juga: Pipa PDAM Tirtawening Bocor, Pasokan Air 60 Ribu Pelanggan Terganggu

Topic:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya