Peringatan Setahun Eril Berpulang, Ini Isi Kegiatannya

Akan ada banyak pertunjukan seni

Bandung, IDN Times - Peringatan satu tahun berpulangnya almarhum Emmeril Kahn Mumtadz (Eril), putra Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, akan dilaksanakan di Gor Saparua, Kota Bandung, Jawa Barat, hari ini; Jumat (26/5/2023) malam. Acara tersebut digelar atas kerja sama berbagai pihak mulai dari Benih Baik, Jabar Quick Respons, Jabar Bergerak, dan Jabar Bergerak Zilenial.

Koordinator acara, Dito Budiman mengatakan, acara tersebut mengusung tema 'Senyum Kebaikan', di mana bakal mengisi berbagai kegiatan seperti doa bersama, apresiasi karya untuk almarhum, dan lainnya.

Di sisi lain, banyak pula gelaran seni yang dapat dinikmati di acara ini. Apa saja? Simak detail kegiatannya di bawah:

1. Ada gelaran seni dan sastra

Peringatan Setahun Eril Berpulang, Ini Isi Kegiatannyainstagram.com/emmerilkahn

Dito mengatakan bahwa secara konsep, acara ini menyampaikan ulang berbagai pesan persaudaraan dan pesan-pesan positif lainnya yang kerap dicerminkan Eril semasa hidupnya. Selain doa bersama, ada juga gelaran seni dan sastra yang bisa dinikmati selama acara berlangsung.

"Secara konsep, kegiatan ini mengusung tema senyum kebaikan. Akan ada doa bersama, apresiasi karya dari masyarakat untuk almarahum seperti lukisan, puisi, hingga buku," ucap Dito saat ditemui di Gor Saparua, Kota Bandung, Jawa Barat, Kamis (25/5/2023) malam.

Tak hanya itu, di sisi lain ada pula peluncuran buku 'Cuma Rindu' yang ditulis oleh ibunda Eril, Atalia Praratya. Setelah peluncuran buku, panitia juga telah merencanakan untuk menggelar Askara Award, apresiasi kepada anak muda yang menebar kebaikan di dunia pendidikan dan sosial.

"Acara ini didedikasikan sebagai inspirasi bagi anak muda lain atau masyarakat untuk melakukan kebaikan di mana pun dan kapan pun," ujar Dito.

2. Penampilan karya daur ulang dari karangan bunga Eril

Peringatan Setahun Eril Berpulang, Ini Isi KegiatannyaAnggota keluarga Gubernur Ridwan Kamil mencium peti mati Emmeril Kahn Mumtadz sebagai tanda perpisahan sebelum dimakamkan pada Senin siang, 13 Juni 2022. (www.instagram.com/@ataliapr)

Salah satu yang menarik dari kegiatan ini, kata Dito, ialah karya daur ulang dari ribuan karangan bunga bagi almarhum Eril akan ditampilkan pada acara tersebut. Dito menuturkan, acara akan dimulai pukul 18.30 WIB yang dihadiri sekitar 1.500 undangan.

"Nah, nanti akan ada karya hasil daur ulang dari ribuan karangan bunga yang dijadikan karya seni oleh perupa asal Bandung Gabriel Aries," ungkapnya.

3. Mendorong masyarakat untuk saling membantu

Peringatan Setahun Eril Berpulang, Ini Isi KegiatannyaJenazah Emmeril Kahn Mumtadz tiba di Bandara Soekarno-Hatta (IDN Times/Maya Aulia)

Sebelumnya, ada beberapa rangkaian kegiatan yang sudah dilakukan seperti pembagian 10.000 paket sembako oleh Jabar Bergerak Zilenial, pemberian quran braile pada penyandang tunanetra, serta mengajak ratusan anak yatim untuk keliling museum di Kota Bandung oleh Jabar Quick Response.

"Acara ini membawa pesan agar masyarakat terdorong untuk membantu siapa pun. Harapannya, kebaikan yang selama ini dilakukan almarhum dapat terus dilanjutkan dan menginspirasi banyak orang," tutur Dito.

Baca Juga: 1.900 Karangan Bunga Almarhum Eril Disulap Jadi Karya Seni 

Baca Juga: Kenang Setahun Almarhum Eril, Jabar Zilenial Bagikan 10.000 Sembako

Topik:

  • Galih Persiana

Berita Terkini Lainnya