Comscore Tracker

Dahulu Tak Tahu Dilan, Sekarang Wali Kota Oded Main Film

Perubahan itu terjadi kurang dari tujuh bulan

Bandung, IDN Times – Ada percakapan yang mungkin tak bisa dilupakan keluarga besar film Dilan 1991 ketika mengunjungi rumah dinas alias Pendopo Wali Kota Bandung Oded M. Danial untuk bersilaturahmi dan membicarakan karya anyar bersama mereka pada Sabtu (23/2). Pertemuan itu berlangsung sehari sebelum film Dilan 1991 tayang perdana di bioskop seluruh Indonesia.

Sekitar beberapa menit menunggu di pelataran pendopo, akhirnya Oded menghampiri para aktris Dilan. Di sana, Wali Kota Bandung menemui segenap aktris termasuk Iqbaal Ramadhan yang berperan sebagai Dilan, dan Vanesha Prescilla yang berperan sebagai Milea.

1. Ketika Oded geleng-geleng kepala

Dahulu Tak Tahu Dilan, Sekarang Wali Kota Oded Main FilmIDN Times/Galih Persiana

Produser Dilan, Ody Mulya Hidayat, pun menyambut kedatangan Oded. Kepada wali kota, ia bertanya “Apakah sudah menyaksikan Dilan 1990 (Seri pertama Dilan)?” Oded pun menggelengkan kepalanya, dan mengatakan jika ia belum menyaksikan Dilan 1990.

Kepada Ody, Oded mengatakan bahwa ia bukanlah orang yang gemar menyaksikan film layar lebar.

2. Mendoakan Dilan 1991

Dahulu Tak Tahu Dilan, Sekarang Wali Kota Oded Main FilmIDN Times/Galih Persiana

Meski mengaku belum pernah menyakiskan Dilan, baik seri pertama (1990) mau pun kedua, Oded tetap mengapresiasi lahirnya film layar lebar tersebut. Menurut dia, Dilan syarat dengan kota Bandung dan penduduknya, karena mengambil Kota Kembang sebagai latar kisah.
 
“Dilan (1991) mudah-mudahan melebihi dari yang pertama (Dilan 1990). Mudah-mudahan bisa menajdi sebuah film yang bisa menginspirasi kita, anak-anak muda dari percintaan (Kisah asmara) Dilan,” kata Oded, kepada awak pers pascapertemuan tersebut di Pendopo Wali Kota Bandung, Sabtu (23/2).

3. Tidak menghadiri undangan

Dahulu Tak Tahu Dilan, Sekarang Wali Kota Oded Main FilmIDN Times/Galih Persiana

Selain datang untuk berbincang, para aktris dan keluarga Dilan 1991 itu mendatangi Oded untuk menyampaikan secara langsung undangan pawai Dilan ke beberapa titik di Kota Bandung. Dalam ajakan tersebut, kepada Ody Mulya, Oded tak dapat memastikan kesiapannya untuk datang.

“Insya Allah, saya usahakan datang. Tapi kalau tidak salah besok ada kegiatan lain,” ujar Oded, menanggapi ajakan untuk ikut dalam acara pawai daripada film dengan latar Kota Bandung tersebut.

Benar saja, dalam pawai Dilan yang digelar pada 24 Februari 2019, Oded tak menampakkan batang hidungnya. Padahal, dalam kegiatan tersebut hadir Menteri Pariwisata Arief Yahya dan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil.

Hari itu, tercatat 80 ribu tiket Dilan 1991 di bioskop-bioskop di Indonesia terjual—sebuah catatan apik dari respons masyarakat pada film Indonesia. Sementara Oded, sebagai Wali Kota Bandung, cenderung acuh pada Dilan 1991 yang tengah menjadi perbincangan hangat masyarakat Kota Bandung.

4. Kini Oded main film

Dahulu Tak Tahu Dilan, Sekarang Wali Kota Oded Main FilmIDN Times/Humas Bandung

Enam bulan berselang, sepertinya pandangan Oded pada industri perfilman Indonesia telah berubah. Bukan hanya jadi doyan menyaksikan film layar lebar, Oded juga dikabarkan akan ambil peram dalam film berjudul “Senyum Sabyan”.

Tak hanya Oded, program pengelolaan sampah Pemerintah Kota Bandung bernama Kang Pisman (Kurangi, Pisahkan, Manfaatkan) pun akan mengisi sebagian alur cerita.

Film yang menunjuk kawasan Bandung tengah dan timur sebagai latar ceritanya ini digarap oleh Manajemen Bioskop Rakyat pada 18 September 2019 mendatang. Film tersebut berkisah tentang seorang anak yang menjadi pahlawan dan peduli dengan lingkungan.

Dengan menampilkan youtubers Ria Ricis sebagai salah satu pemerannya, diharapkan dapat meningkatkan kesadaran masyarakat tentang pentingnya menjaga lingkungan. Bahkan, Sutradara Senyum Sabyanm TJ. R. Natadijaya, mengatakan bahwa sekiar 40 persen film cenderung akan mengedukasi masyarakat.

Baca Juga: Masalah Birokrasi dan Banjir yang Tak Selesai dalam Setahun Oded-Yana

Baca Juga: Ini Kinerja Oded-Yana Selama 1 Tahun Memimpin Kota Bandung

Topic:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya