Warga Bandung Bisa Pesan Ambulance Lewat Aplikasi Zakat Ekspres 

Beragam fitur kesehatan pun ada di sini

Bandung, IDN Times - Pemerintah Kota Bandung bekerja sama dengan Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) memberikan kemudahan masyarakat untuk mengakses fasilitas kesehatan. Upaya ini berkaca dari sulitnya masyarakat mendapatkan bantuan kesehatan ketika pandemik terjadi dua tahun ke belakang.

Pelaksana Tugas (Plt) Wali Kota Bandung Yana Mulyana mengatakan, kemudahan tersebut bisa didapat melalui aplikasi ZX atau Zakat Ekspress. Melalui aplikasi ini, semua faskes yang ada di masing-masing kota bisa terintegrasi. Dalam sekali klik, masyarakat bisa mengakses ambulans dan faskes lainnya semudah memesan ojek daring.

"Kota Bandung jadi kota pertama yang terintegrasi melalui aplikasi ZX (Zakat Ekspres) ini. Berbagai layanan faskes seperti ambulans, oksigen, kamar RS yang kosong juga akan kita masukan datanya. Sehingga siapapun orang yang datang ke Kota Bandung bisa mengakses semuanya dengan mudah," ujar Yana di Aula Pendopo, Senin (4/4/2022).

1. Banyak manfaat yang bisa didapat dari aplikasi ini

Warga Bandung Bisa Pesan Ambulance Lewat Aplikasi Zakat Ekspres Dok. Humas Pemkot Bandung

Tak hanya itu, aplikasi ZX (Zakat Ekspres) ini juga memiliki fitur lainnya, seperti Layanan Cinta, ZIS, Wakaf, e-commerce, dan Social Banking. Dari data Baznas Kota Bandung, potensi zakat di Kota Bandung bisa mencapai Rp1,6 triliun.

Untuk mengoptimalkan penghimpunan zakat ini, Yana menambahkan, ZX (Zakat Ekspres) bisa menjadi salah satu solusinya dengan beberapa catatan.

"Yang harus dibangun oleh aplikasi ini adalah sosialisasi ke masyarakat. Sebab kita juga perlu meningkatkan kepercayaan masyarakat untuk mau membayar zakat melalui aplikasi ini," ungkapnya.

2. Minta camat untuk menyalurkan zakat lewat Zakat Ekspres

Warga Bandung Bisa Pesan Ambulance Lewat Aplikasi Zakat Ekspres Ilustrasi zakat (Dok. baznas.go.id)

Maka, Yana mengimbau, bagi para pimpinan kecamatan dan dinas untuk bisa menyalurkan zakat, infak, sedekah, dan wakaf (ziswaf) lewat aplikasi ZX (Zakat Ekspres).

"Kita mulai dari para ASN dulu. Setelah itu, teman-teman kecamatan bisa bantu sosialisasi ziswaf melalui aplikasi yang sudah terbangun ini. Semoga bisa berkembang maksimal sesuai apa yang kita harapkan," imbuh Yana.

3. Potensi zakat warga Bandung masih tinggi

Warga Bandung Bisa Pesan Ambulance Lewat Aplikasi Zakat Ekspres muslimaidusa.org

Menanggapi hal ini, Ketua Baznas Kota Bandung, Akhmad Roziqin menyampaikan, aplikasi ZX ini bisa menjadi pengungkit potensi zakat di Kota Bandung.

"Per hari ini, kita baru menghimpun Rp22-23 miliar zakat di Kota Bandung. Masih jauh dari potensi yang bisa kita peroleh yakni Rp1,6 triliun. Dengan hadirnya aplikasi ZX (Zakat Ekspres) bisa menjadi daya ungkit yang lebih efektif menghimpun zakat di Kota Bandung," ucap Akhmad.

Akhmad berharap, selain menjadi media infak, ZX (Zakat Ekspres) juga mampu memudahkan warga Kota Bandung untuk memesan terkait kebutuhan dasar kesehatan.

"Dan ke depannya, semoga Kota Bandung bukan hanya menjadi penghimpun dana ZIS terbesar di Jabar, tapi juga pelayan umat Islam terbaik," tuturnya.

Topik:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya