Umuh Muchtar: Stadion GBLA Jadi Markas Persib Bandung untuk 2022-2023

Semoga Bobotoh bisa segera merasakan nonton di Stadion GBLA

Bandung, IDN Times - Teka-teki penggunaan Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA) mulai terkuak. Rencananya tahun ini stadion tersebut bakal digunakan Persib Bandung sebagai markas untuk mengarungi Liga Indonesia 2022-2023.

Komisaris PT Persib Bandung Bermartabat (PBB), Umuh Muchtar mengatakan, sudah bertemu dengan Wali Kota Bandung Yana Mulyana. Dari pertemuan tersebut Pemkot Bandung sudah memberikan lampu hijau untuk Pangeran Bandung menggunakan GBLA.

"Wali kota menyampaikan bahwa GBLA mangga kapan mau di pakai juga sambil menunggu (kontrak kerja sama). Administrasi mah sudah beres semua tidak ada masalah, jadi sudah diputuskan pemenangnya PT Persib," kata Umuh kepada wartawan, Sabtu (7/5/2022).

1. Sudah bisa digunakan untuk berlatih

Umuh Muchtar: Stadion GBLA Jadi Markas Persib Bandung untuk 2022-2023Dok.IDN Times/Istimewa

Pernyataan Umuh ini terkait dengan rencana demonstrasi Bobotoh ke Pemkot Bandung. Sebab, di media sosial ramai perbincangan pendukung Persib menggeruduk kantor Wali Kota Bandung menanyakan kepastian penggunaan GBLA.

"Jadi (Bobotoh) jangan resah, jangan bermasalah. Sabar semuanya ini kan ada mekanisme," kata dia.

Menurut Umuh, Stadion GBLA pun sudah bisa dipakai khususnya untuk latihan Maung Bandung. Walaupun saat ini kontrak kerja sama antara Pemkot Bandung dan PT PBB belum rampung, tapi sudah ada kepastian bahwa PT PBB menjadi pemenangan dalam pengoperasioan stadion ini.

2. Jangan sangkutpautkan GBLA dengan pihak lain

Umuh Muchtar: Stadion GBLA Jadi Markas Persib Bandung untuk 2022-2023Foto udara Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA) di Gedebage, Bandung, Jawa Barat, Kamis (2/7/2020) (ANTARA Foto/Raisan Al Farisi)

Umuh meminta agar Bobotoh tidak membawa persoalan penggunaan GBLA kepada siapapun, termasuk gubernur dan wakil gubernur Jawa Barat, karena stadion GBLA berada di bawah naungan Pemkot Bandung. Dia berharap tidak ada pihak yang mencari muka dengan menggelar aksi demontrasi.

"Sekali lagi saya tegaskan kepada Bobotoh kalau itu sudah tidak ada masalah. Saya bukan cerita dari orang lain, tapi saya sudah bertemu langsung dengan wali kota (Yana Mulyana)," paparnya.

Para pendukung Persib diharap tidak terpancing dengan pihak manapun yang membawa persoalan ini ke ranah publik termasuk media sosial. Cukup tanyakan ke manajemen PT PBB mengenai stadion GBLA.

3. Yana Mulyana janji selesaikan permasalahan GBLA

Umuh Muchtar: Stadion GBLA Jadi Markas Persib Bandung untuk 2022-2023Wakil Wali Kota Bandung Yana Mulyana. IDN Times/Istimewa

Awal tahun ini, Wali Kota Bandung Yana Mulyana mengatakan, proses lelang mencari pihak yang ingin mengoperasikan stadion GBLA masih berlangsung.

"Karena ternyata ada beberapa regulasi yang tetap harus ditempuh untuk bisa melakukan sampai ke proses lelang," ujar Yana, Jumat (14/1/2022).

Pemerintah Kota Bandung awalnya menargetkan Desember 2021 seluruh proses lelang rampung. Sayangnya keinginan tersebut gagal total, hingga sekarang proses lelang belum bisa dipastikan kapan selesainya.

"Kan dari awal untuk kita bisa menyelesaikan seperti ada proses serah terima dari PT Adhi Karya ke Pemkot Bandung, itukan butuh waktu lama. Terus pengalihan pengguna barangnya dari Distaru (Dinas Tata Ruang) ke Disporanya (Dinas Pemuda dan Olahraga). Di internalnya kita lakukan terus, karena kehati-hatian lah. Tapi Insya Allah itu berproses," kata Yana.

Baca Juga: Ridwan Kamil Sentil Lagi Persoalan Stadion GBLA Lewat Akun Instagram

Topik:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya