Comscore Tracker

Setelah Dua Jam, Api di Balaikota Bandung Berhasil Dipadamkan 

Kebakaran diduga akibat kelalaian pekerjaan pengelasan

Bandung, IDN Times - Petugas dari Dinas Pemadam Kebakaran dan Penanggulangan Bencana (Diskar PB) Kota Bandung berhasil memadamkan api yang membakar Gedung Balai Penelitian, Perencanaan, dan Pengembangan (Bappelitbang) di Balai Kota Bandung sekitar pukul 12.00 WIB. Artinya kebakaran terjadi sekitar dua jam.

Kapala Diskar PB Kota Bandung Gungun Sumaryana menuturkan, awalnya dia sedang ada di Pendopo Wali Kota Bandung untuk rapat. Setelah mendapat informasi adanya kebakaran Gungun langsung menginstruksikan para staf mengecek dan melakukan pemadaman.

Seluruh aparat dikerahkan karena gedung ini mudah terbakar dengan banyaknya kertas. Bahkan, ada tambahan mobil pemadam yang didatangkan dari Kabupaten Bandung Barat.

Pemadaman yang dilakukan berlangsung cepat dan lebih mudah karena akses jalan lebar. Kemudian tempat mengambil air pun terjangakau. "Sekarang masih proses pendinginan. tinggal mengecek percikan api kecil," ujarnya, Senin (7/11/2022).

Kondisi gedung yang terbakar pun sekarang sudah lebih baik dari kondisi awal. Penyekatan pada ruangan lain pun saat awal pemadaman sudah dilakukan agar api tidak menjalar ke ruangan lain. Terlebih gedung Bappelitbang ini berdekatan dengan gedung Sekda dan Wali Kota Bandung.

Untuk penyebab kebakaran, Gungun belum bisa memastikannya. Harus ada investigasi lebi dulu dari tim di lapangan dan aparat kepolisian.

Seorang pelaku diduga pelaku yang membuat kebakaran di kantor bappelitbang Pemkot Bandung ditangkap. Polisi mengamankannya bersama satu buah tabung gas beserta selang gasnya.

Dia kemudian diamanakan polisi menggunakan sepeda motor untuk dibawa ke kantor polisi dan dimintai keterangan.

Salah satu staf bappelitbang, Pratama menuturkan yang diamankan polisi adalah seorang mandor. "Itu mandornya," kata dia.

Saat kejadian, Pratama menuturkan ketika kejadian dia merasakan panas dari api yang ternyata sudah sejengkal dari kepalanya. Dia kemudian meminta rekan-rekan satu kantor keluar ruangan.

Dari informasi seorang satpam, di salah satu ruangan bappelitbang memang sedang ada proyek pengelasan.

"Apinya tidak membesar cuman seperti ada suara orang geser barang, kretek-kretek gitu. Sata ga tahu itu apa pas liaht ke atas sudah ada api," kata dia.

Menurutnya, atap kantor bappelitbang memang mudah terbakar karena terbuat dari serabut. Sehingga memungkinkan penyebaran apinya lebih cepat.

Setelah Dua Jam, Api di Balaikota Bandung Berhasil Dipadamkan IDN Times/Yogi Pasha

Baca Juga: Gedung Bapelitbang, Bandung Planning Gallery Kebakaran

Baca Juga: Gedung Bapelitbang, Bandung Planning Gallery Kebakaran

Topic:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya