Comscore Tracker

Ridwan Kamil Segera Lelang Jabatan Sekda Jabar Pengganti Iwa Karniwa

Kandidat sekda diusulkan bisa dari golongan non-ASN

Bandung, IDN Times - Pemeritah Provinsi (Pemprov) Jawa Barat (Jabar) segera melakukan lelang jabatan untuk posisi Sekretaris Daerah (Sekda). Lelang dilakukan karena posisi sekda saat ini tengah kosong setelah pejabat sebelumnya Iwa Karniwa ditetapkan sebagai tersangka dan ditahan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) dalam kasus dugaan korupsi proyek Meikarta.

Gubernur Jabar Ridwan Kamil pun berencana mengisi jabatan Sekda Jabar tak hanya dari aparatur sipil negara (ASN). Menurutnya, posisi Sekda Jabar bisa diisi dari golongan non-ASN melalui proses lelang jabatan.

Dia pun segera mengkonsultasikan ke para pihak terkait dengan harapan bisa memperoleh rekomendasi untuk menjajaki sekda dari kalangan non-ASN.

"Akan kami konsultasikan dan meminta rekomendasi seperti apa," kata Ridwan usai melantik Daud Achmad sebagai penjabat sementara (Pjs) Sekda Jabar di Gedung Sate, Rabu (11/9).

1. Pengisian jabatan ini dari non-ASN tidak melanggar aturan

Ridwan Kamil Segera Lelang Jabatan Sekda Jabar Pengganti Iwa KarniwaDok.IDN Times/Istimewa

Menurut Emil, sapaan akrabnya, pemilihan sekda dari kalangan non-ASN tidak melanggar aturan. Untuk itu dia
memberi waktu dua pekan kepada Pjs sekda untuk memproses tahapan dan persyaratan lelang jabatan tersebut.

"Saya beri waktu dua minggu untuk proses awal. Pas tiga bulan berakhir, harus sudah selesai," katanya.

2. Pjs sekda akan bertugas selama tiga bulan

Ridwan Kamil Segera Lelang Jabatan Sekda Jabar Pengganti Iwa KarniwaDok.IDN Times/Istimewa

Emil telah mengangkat Daud Achmad sebagai Pjs Sekda Jabar. Daud sebelumnya menjabat sebagai Asisten Pemerintahan, Hukum, dan Kesejahteraan Sosial Sekda Jabar. Pelantikan Daud sudah sesuai prosedur berdasarkan Surat Menteri Dalam Negeri Republik Indonesia Nomor 821/8958/SJ Tanggal 3 September 2019 perihal persetujuan pengangkatan penjabat Sekretaris Daerah Provinsi Jawa Barat.

Menurut Emil, Daud adalah ASN paling senior sehingga lingkungan Sekretariat Daerah Provinsi Jabar sudah mengenalnya. Selain itu, nilai tambah Daud yakni pernah menjabat Sekretaris DPRD Provinsi Jabar sehingga dirasa bisa menjalin relasi lebih baik dengan dewan.

"Oleh karena itu saya titip selalu tiga nasihat. Pertama, jangan sampai terpeleset karena tidak mampu menjaga lantai integritas. Kedua, jangan merasa sebagai pejabat ingin dilayani. Spirit pelayanan publik hari ini adalah turun tangan bukan tunjuk tangan melayani sepenuh hati," ujarnya.

3. Segera menyiapkan proses lelang jabatan

Ridwan Kamil Segera Lelang Jabatan Sekda Jabar Pengganti Iwa KarniwaDok.IDN Times/Istimewa

Sementara itu, Daud Achmad memastikan akan segera memproses tahapan lelang jabatan. Sebagai langkah awal, pihaknya akan membentuk tim panitia seleksi yang bertugas menjaring calon dan menentukan persyaratan apa saja yang harus dipenuhi pendaftar.

"Kita tentukan syarat administrasi, tes psikologi," katanya.

Selanjutnya, tim akan melakukan seleksi administrasi. "Yang memenuhi syarat, baru ke tahap selanjutnya. Tim pansel memilih tiga calon, nanti diusulkan gubernur ke presiden untuk ditentukan," kata dia.

Baca Juga: Berbaju Hitam, Ahok Melayat ke Rumah BJ Habibie 

Baca Juga: Habis N250 Terbitlah R80! Inilah Cerita Pesawat Rancangan BJ Habibie

Topic:

  • Yogi Pasha

Just For You