PPDB 2022, SDN Putraco Bandung Hanya Diminati 3 Siswa

Labeling sekolah ABK membuat SDN Putraco sepi peminat

Bandung, IDN Times - Sekolah Dasar Negeri (SDN) 206 Putraco Indah di Kota Bandung kembali minim peminat. Dalam proses Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) 2022, SDN 206 Putraco Indah hanya menerima tiga siswa dari 55 kursi yang tersedia.

Jumlah siswa yang mendaftar itu terdiri dari dua orang yang masuk lewat jalur zonasi dan satu jalur afirmasi.

Ketua PPDB SDN 206 Putraco Indah Bandung Septian Mulyadi mengatakan, minimnya siswa yang mendaftar ke sekolahannya bukan hanya terjadi tahun ini saja. Tahun lalu pun sekolah ini hanya diminati empat siswa saja.

"Kalau menurut saya ini penyebabnya ini masyarakat sudah melabeli sekolah ini inklusi sekolah berkebutuhan khusus (ABK) padahal ini sama sekolah reguler. Sudah 3 tahun terakhir ini sekolah labelingnya sekolah ABK,” kata Septian kepada wartawan, Selasa (12/7/2022).

1. Sudah kurangi jumlah siswa ABK

PPDB 2022, SDN Putraco Bandung Hanya Diminati 3 Siswagoogle

Menurut Septian, setiap tahunnya agar bisa memenuhi kuota siswa, jumlah kuota ABK dikurangi. Tahun ini kuota ABK hanya 60 persen, dari 70 persen sebelumnya.

Sayang upaya tersebut belum juga membuahkan hasil karena siswa yang mendaftar dalam PPDB 2022 justru lebih sedikit dibanding tahun sebelumnya.

Meski demikian, untuk saat ini kemungkinan sudah ada 14 siswa yang akan belajar di tahun pendidikan baru. Selain lewat PPDB, para siswa ini massuk karena tidak diterima di sekolah dasar lainnya.

2. Ada 4 SD yang pendaftarnya kurang dari 10 orang

PPDB 2022, SDN Putraco Bandung Hanya Diminati 3 Siswa(Ilustrasi). Siswa dan wali murid berkonsultasi dengan petugas pusat layanan informasi Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) di SMA 7 Solo, Jawa Tengah, Selasa (2/7/2019). ANTARA FOTO/Mohammad Ayudha

Dikutip dari laman ppdb.bandung.go.id, Selasa (12/7/2022), ada empat sekolah yang jumlah pendafarnya kurang dari 10 orang. Bahkan, ada satu sekolah yang pendaftarnya hanya dua orang.

Sekolah tersebut adalah SDN 010 Cidadap di mana berdasarkan jalur zonasi siswa yang diterima hanya 6 orang. Padahal kuota peserta didik baru di sekolah tersebut mencapai 56.

Kemudian ada SDN 176 Cilandak yang mempunyai kuota mencapai 47 kursi, tapi hanya bisa mendapatkan 9 siswa. Dan yang paling sedikit ada di SDN Putraco Indah, di mana kuota siswa tahun ini mencapai 55 orang, tapi yang mendaftar hanya 2 orang.

Satu sekolah lainnya adalah SDN 217 Sarijadi. Sekolah ini membukan pendaftaran untuk 27 siswa baru, tapi yang dipastikan masuk hanya ada 7 orang saja.

3. Disdik minta orang tua siswa segera daftar ulang masuk sekolah

PPDB 2022, SDN Putraco Bandung Hanya Diminati 3 SiswaIlustrasi PPDB (ANTARA FOTO/M Agung Rajasa)

Dinas Pendidikan Kota Bandung telah menyelesaikan hasil seleksi tahap 2 jalur onasi pada PPDB sesuai Peraturan Wali Kota Bandung Nomor 57 Tahun 2021.

Daftar ulang PPDB Tahap 2 dilakukan secara daring (online) melalui lapan ppdb.bandung.go.id pada tanggal 11 dan 12 Juli 2022.

Baca Juga: 4 SD di Bandung Sepi Pendaftar PPDB, Ada yang Hanya 3 Siswa 

Topik:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya