Perwakilan FIFA Cek Kesiapan Stadion GBLA untuk Piala Dunia U20

Mereka juga mengecek stadion di Unpad dan IPDN

Bandung, IDN Times - Perwakilan dari FIFA mendatangani Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA) untuk melakukan pengecekan terkait kesiapan stadion ini sebagai penunjang perhelatan Piala Dunia U-20. Stadion GBLA rencananya menjadi salah satu tempat yang dipakai menggelar latihan bagi tim yang bermain di Stadion Si Jalak Harupat (SJH), Kabupaten Bandung.

Datang ke Stadion GBLA sekitar pukul 10.00 WIB, mereka langsung memeriksa kondisi lapangan dan fasilitas lainnya. Wali Kota Bandung, Yana Mulyana, dan sejumlah pejabat Pemkot Bandung pun ikut mendampingi.

Yana menuturkan, kedatangan perwakilan FIFA untuk melihat kesiapan stadion ini menjadi tempat latihan tim pada piala dunia U20 yang dimulai 20 Mei 2023.

"Saya hasilnya (pemeriksaan) tidak tahu karena memang belum disampaikan (kepada Pemkot Bandung," ujar Yana, Jumat (24/3/2023).

1. Perbaikan sudah sampai 90 persen

Perwakilan FIFA Cek Kesiapan Stadion GBLA untuk Piala Dunia U20IDN Times/Debbie Sutrisno

Dia menuturkan, perbaikan berbagai aspek sudah dilakukan dan sekitar 90 persen sudah rampung. Dana yang dikeluarkan untuk perbaikan mayoritas dari pemerintah pusat.

Yana pun tidak tahu detail apa saja yang diperbaiki karena semuanya berada di tangan pemerintah pusat. "Tapi kalau melihat sekarang kondisi GBLA sudah sanga baik. Semoga sesuai dengan yang kita harapkan," kata dia.

Selama ini Pemkot Bandung pun coba menjaga agar perbaikan lapangan tidak rusak kembali. Beberapa tawaran penyewaan GBLA ditolak agar rumput stadion ini benar-benar baik ketika nantinya digunakan tim untuk latihan pada Piala Dunia U20.

2. Akses tol akan dibuka

Perwakilan FIFA Cek Kesiapan Stadion GBLA untuk Piala Dunia U20Ilustrasi jalan Tol (ANTARA FOTO/Oky Lukmansyah)

Terkait akses jalan, Yana memastikan sudah berkoordinasi dengan Jasa Marga dan Sumarecon agar bisa membuka akses tol di KM 149 atau 151. Untuk KM 149 akan menembus perumahan Sumarecon, sedangkan akses KM 151 bisa langsung menuju Gerbang Merah Stadion GBLA.

Artinya untuk sementara ketika perhelatan ini berlangsung akses tol bisa digunakan sehingga tim tidak harus terdampak kemacetan ketika ingin berlatih di sini.

3. GBLA gagal jadi stadion untuk menggelar pertandingan

Perwakilan FIFA Cek Kesiapan Stadion GBLA untuk Piala Dunia U20IDN Times/Debbie Sutrisno

Stadion GBLA merupakan salah satu stadion yang diajukan untuk menggelar perhelatan ini. Namun, PSSI memilih Si Jalak Harupat untuk tempat bertanding.
Sedangkan GBLA akan menjadi tempat latihan bersama stadion Sidolig, Unpad, dan IPDN.

Yana pun tak mempersoalkan hal tersebut. Menurutnya, seluruh keputusan berada di tangan PSSI dan pemerintah pusat untuk mengajukan mana stadion yang tepat dijadikan tempat pertandingan resmi.

"Ya saya tidak tahu karena yang memilih itu kan bukan dari kita. Kita hanya menyiapkan tempat saja kalau itu ternyata dianggap untuk tempat latiha ya tidak masalah," ujarnya.

Topik:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya