Gagal Pakai GBLA, Laga Persib vs Persis Digelar di Stadion Pakansari

Persib masih berharap laga terakhir dihelat di Bandung

Bandung, IDN Times - Persib Bandung bakal menjamu Persis Solo dalam pertandingan pekan ke-32 Liga 1 2022/2023 pada Selasa (4/4/2023). Dalam laga kandang besok, Persib belum bisa menggunakan Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA).

Alhasil, Persib masih harus memakai Stadion Pakansari di Kabupaten Bogor sebab stadion yang belum diserah terimakan dari Kementerian PUPR kepada Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung. Meski demikian, berdasarkan hasil rekomendasi dari pihak keamanan, pertandingan ini pun bisa disaksikan penonton.

"Hari ini kami mendapatkan kepastian dari pihak berwenang bahwa Persib bisa menjamu Persis Solo di Stadion Pakansari, Cibinong dengan kehadiran penonton," kata Direktur PT Persib Bandung Bermartabat (PBB) Teddy Tjahjono dalam keterangannya, Senin (3/4/2023).

1. Berharap laga terakhir bisa dimainkan di Bandung

Gagal Pakai GBLA, Laga Persib vs Persis Digelar di Stadion PakansariPertandingan PSIS Semarang melawan Persib Bandung di laga pekan ke-4 BRI Liga 1 2022/2023 di Stadion GBLA Bandung, Sabtu (13/8/2022). (dok. PSIS Semarang)

Sebagai klub profesional, PT PBB pun menghormati keputusan dari berbagai pihak mengenai keamanan dan izin pertandingan akan laga tersebut berjalan aman.

Lebih lanjut, kata Teddy, untuk pertandingan kandang pamungkas melawan Persikabo 1973, Ia berharap bisa dimainkan di Stadion GBLA. Adapun sampai saat ini, PT Liga Indonesia Baru (LIB) belum menetapkan jadwal duel Jawa Barat itu.

"Kami berharap sudah bisa kembali menggunakan Stadion GBLA untuk menjamu Persikabo setelah Piala Dunia U-20 2023 batal digelar di Indonesia," ujarnya.

Menurutnya, manajemen sedang mengupayakan baik dari pihak PUPR maupun keamanan agar rencana itu bisa terlaksana.

"Saat ini, kami tengah mengupayakan perizinan, baik dari pihak PUPR maupun dari pihak keamanan agar dapat menutup kompetisi di kota Bandung tercinta" ucapnya.

2. Belum ada serah terima lapangan GBLA ke Pemkot Bandung

Gagal Pakai GBLA, Laga Persib vs Persis Digelar di Stadion PakansariPerwakilan FIFA mengecek kesiapan Stadion GBLA yang bakal dijadikan tempat latihan untuk tim yang bertanding dalam Piala Dunia U20, Maret 2023. IDN Times/Debbie Sutrisno

Sebelumnya, Wali Kota Bandung Yana Mulyana mengatakan, sebelumnya GBLA tidak bisa digunakan Persib karena kualitas rumput yang ingin dijaga jelang pelaksanaan Piala Dunia U20.

"GBLA ga boleh dipakai karena ada Piala Dunia U20. Kalau sekarang nggak ada (batal) mudah-mudahan bisa dipakai," kata Yana di Bandung, Jawa Barat, Jumat (31/3/2023).

Menurutnya, Persib Bandung masih menyisakan beberapa laga hingga Liga 1 musim 2022-2023 selesai. Sehingga dia berharap di laga-laga tersebut Maung Bandung bisa menggunakan GBLA.

Meski Stadion GBLA batal digunakan untuk Piala Dunia U20, tetapi kini statusnya belum diserahterimakan ke Pemkot Bandung pasca adanya renovasi. Sehingga ia pun masih menunggu hal itu untuk bisa memastikan nasib Persib menggunakan GBLA.

"Belum selesai (renovasi), masih sedikit lagi. Kemarin nggak boleh dipakai karena lapangannya rumput asli, beda dengan rumput di Lapangan Sidolig," katanya.

3. Sudah tidak bermain dan berlatih di Bandung sejak Januari

Gagal Pakai GBLA, Laga Persib vs Persis Digelar di Stadion PakansariBali United vs Persib Bandung (baliutd.com)

Sejak Januari 2023, Persib sudah tidak bisa menggunakan Stadion GBLA untuk laga kandang. Di samping itu, Persib juga tidak bisa pindah ke Stadion Si Jalak Harupat, Kabupaten Bandung, karena sebelumnya stadion tersebut terpilih tempat pertandingan Piala Dunia U20.

Sehingga dalam beberapa laga kandang, Persib menggunakan Stadion Pakansari, Bogor, Jawa Barat. Selain Persib, Stadion Pakansari juga digunakan oleh beberapa klub lain sebagai kandangnya.

Baca Juga: Persija Menang, Jakmania Tetap Teror Kepulangan Persib 

Topik:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya