Comscore Tracker

DLH Jabar Pastikan TPA Sarimukti Tetap Layani Sampah Bandung Raya

Jangan sampai ada lautan sampah

Bandung, IDN Timee - Dinas Lingkungan Hidup Jawa Barat memastikan operasional tempat pembuangan akhir (TPA) Sarimukti berjalan lancar. Hal itu dilakukan guna keberlanjutan penanganan sampah dari empat kota kabupaten di Bandung Raya.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup Jabar Prima Mayaningtias mengatakan, sampai saat ini TPA Sarimukti satu-satunya tempat pembuangan akhir sampah yang beroperasi di wilayah Bandung Raya dan menjadi andalan dalam mewujudkan kondisi wilayah perkotaan yang bersih dan sehat.

Berdasarkan data sampah yang masuk pada Tahun 2021, sampah yang ditimbun pada saat ini berjumlah mencapai 1.943 ton/hari, dengan penyumbang sampah terbesar adalah Kota Bandung sebesar 1.320 ton/hari.

"TPK Sarimukti juga menampung sampah yang diambil dari Sungai Citarum sebagai bagian dari Program Citarum Harum," ujar Prima, Sabtu (6/11/2021).

1. Suplai BBM jadi permasalahannya

DLH Jabar Pastikan TPA Sarimukti Tetap Layani Sampah Bandung RayaIDN Times/ Helmi Shemi

Terkait dengan adanya dinamika operasional, dia memastikan saat ini tengah ditangani. Ada persoalan terkait stok bahan bakar minyak (BBM) yang menipis. Itu membuat pengguaan alat berat untuk melakukan kegiatan sanitary landfill sedikit terlambat, sehingga proses pengaturan pembuangan sampah menjadi lambat dan sedikit terganggu.

Namun, Prima menegaskan meski ada hambatan pihak memastikan tidak menghentikan bahkan menutup TPK Sarimukti.

"Jika ada yang mengabarkan hal itu, kami memastikan bahwa kabar tersebut tidak benar, hanya saja memang ada sedikit keterlambatan sehingga berjalan kurang optimal," ucapnya.

2. Kondisi ini tanggung jawab semua pihak

DLH Jabar Pastikan TPA Sarimukti Tetap Layani Sampah Bandung RayaTPA Sarimukti di Kabupaten Bandung Barat. IDN Times/Bagus F)

Saat ini pengiriman BBM akan segera dilakukan agar operasional TPK Sarimukti dapat berjalan kembali secara optimal. Prima pun menegaskan permasalahan sampah bukanlah tugas tunggal Pemerintah Provinsi.

"Permasalahan sampah merupakan tanggung jawab semua pihak," kata dia. 

3. Sudah dua hari operasional tersendat

DLH Jabar Pastikan TPA Sarimukti Tetap Layani Sampah Bandung RayaIlustrasi sampah (Dok.IDN Times/Istimewa)

Kemitraan TPA Sarimukti Heri S Wangsa Prawira menyebut, tersendatnya distribusi BBM membuat alat berat di TPA Sarimukti tak bisa beroperasi. Kondisi ini bahkan terjadi sejak Jumat (5/11/2021).

"Maksudnya ditutup ini bukan ditutup dengan sengaja, tapi kan kalau operasional tanpa alat berat kan jadinya tidak karuan. Kedua mungkin ada keterlambatan juga dalam jam, jalan provinsi sedang diperbaiki juga di Cipatat," tutur Heri.

Dari informasi yang didapat Heri, BBM akan segera dikirimkan agar alat berang pengolah sampah bisa berjalan kembali,

Kepala DLH Provinsi Jawa Barat Prima Mayaningtyas mengatakan, saat ini pihaknya masih memproses distribusi BBM ke TPA Sarimukti. "Tidak tutup (TPA Sarimukti), menunggu BBM lagi dalam proses," kata dia.

Baca Juga: Peralatan Pengolah Sampah di TPA Sarimukti 2 Hari Tak Beroperasi

Baca Juga: TPA Sarimukti Bermasalah, Kota Bandung Berpotensi Jadi Lautan Sampah 

Topic:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya