Comscore Tracker

Banjir Cijerah Bandung, 5 Rumah Jebol 10 Kendaraan Terendam 

Bandung raya masih siaga cuaca ekstrim

Bandung, IDN Times - Sebanyak lima rumah jebol di bagian belakangnya akibat tergerus luapan sungai Cikendal, yang berada di Jalan Mekar Bunga, RT 8/8, Kelurahan Cijerah, Kecamatan Bandung Kulon, Kota Bandung.

Salah satu warga yang rumahnya terdampak limpahan air, Ade (70 tahun) menuturkan, kejadian tersebut bermula pada Selasa (2/11/2021) sore. Hujan deras yang terjadi di Bandung dan sekitarnya membuat sungai tidak sanggup menampung air.

"Kiriman air semakin deras, jadi meluap airnya ke sini. Kejadiannya sekitar magrib-an, kondisi rumah di sini semuanya sudah terendam, " ujar Ade kepada wartawan, Rabu (3/11/2021).

1. Motor dan mobil tak bisa diselamatkan

Banjir Cijerah Bandung, 5 Rumah Jebol 10 Kendaraan  Terendam IDN Times/Istimewa

Karena kejadiannya berlangsung dengan cepat, warga yang terkena limpahan air sungai bergegas meninggalkan rumah. Namun, sejumlah barang berharga termasuk motor dan mobil tidak terselamatkan dan terendam banjir.

Menurutnya, di wilayah tersebut setidaknya ada 15 rumah dan 15 KK yang terdampak banjir kiriman. Ade yang sudah puluhan tahun tinggal di rumahnya mengaku baru lima tahun terakhir ini banjir meluap dan parah.

"Warga di sini dulu menolak adanya mesin penyaringan ini, karena tak berfungsi sejak 2008, yang saya tahu ini yang Provinsi, " keluhnya.

Ade menambahkan hingga sekarang belum ada bantuan dari pemerintah.

2. Luapan air sungai karena alat pengangkut sampah rusak

Banjir Cijerah Bandung, 5 Rumah Jebol 10 Kendaraan  Terendam Ilustrasi Banjir (IDN Times/Mardya Shakti)

Sementara itu, Lurah Cijerah Elsa mengatakan, luapan air sungai terjadi karena alat pengangkut sampah yang ada di aliran sungai tersebut tersendat.

"Di situ ada crane yang sudah tidak berfungsi. Crane untuk pengangkut sampah itu bukan milik Kota Bandung tapi Cimahi dan provinsi," katanya.

Dia menilai adanya mobil terjebak di tumpukan sampah karena baru kali ini banjir terjadi, sementara sebelum-sebelumnya belum pernah terjadi banjir seperti ini.

"Mereka (warga) santai saja karena enggak pernah banjir. Karena banjir begitu besarnya, tidak terkendali lagi, sampah tiba-tiba masuk ke rumah-rumah itu dan jebol juga. Sampah masuk ke parkiran itu," tuturnya.

Untuk mobil yang terjebak belum dievakuasi karena masih banyak sampah di lokasi tersebut.

3. BMKG sebut cuaca ekstrim di Bandung sampai besok

Banjir Cijerah Bandung, 5 Rumah Jebol 10 Kendaraan  Terendam Ilustrasi hujan (IDN Times/Sukma Shakti)

Kepala Stasiun Geofisikan BMKG Bandung Teguh Rahayu mengatakan, Berdasarkan prakiraan cuaca berbasis dampak (IBF) untuk dampak banjir/banjir bandang, berlaku tanggal 2 November 2021, tidak ada potensi dampak dengan status siaga untuk wilayah Bandung Raya

Adapaun beberapa daerah yang akan terdampak kondisi buruk cuaca ada di daerah baik di Kota Bandung maupun Kabupaten Bandung.

"Untuk 3 November masyarakat harus siaga karena ada potensi dampak cuaca. Itu juga terjadi pada 4 November," kata Teguh.

Baca Juga: Cuaca Ekstrim, Bandung Dikepung Banjir dan Longsor Usai Hujan Deras

Baca Juga: Longsor Hingga Banjir Bandang Terjang Tiga Desa di Bandung Barat

Baca Juga: Driver Ojol Korban Pohon Tumbang di Purwakarta Meninggal Dunia

Topic:

  • Galih Persiana

Berita Terkini Lainnya