Comscore Tracker

Ada Suara Gemuruh di Bandung, BMKG: Mungkin Aktivitas Manusia

Setelah dentuman sekarang muncul suara gemuruh di Bandung

Bandung, IDN Times - Suara gemuruh terdengar oleh sebagian warga Bandung yang berada di sekitar Jalan Setiabudi dan Jalan Cemara, Sukajadi sekitar pukul 11.12 WIB. Suara tersebut seperti dikeluarkan pesawat yang terbang rendah.

Suara tersebut juga terdengar kembali pada pukul 11.44 WIB. Berdasarkan dari laporan masyarakat tersebut, Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Bandung menelusuri dengan peralatan yang dimiliki berupa Lightning Detector, Kemagnetan, Cuaca saat ini di sekitar Jalan Cemara dan Jalan Sukajadi serta jaringan Seismograph.

Dari monitoring alat-alat tersebut, dari pukul 10.00 WIB sampai 12.00 WIB tidak merekam adanya aktivitas gempa bumi di sekitar Kota Bandung, Lembang dan sekitarnya.

"Kemudian dari alat Lightning Detector BMKG Bandung dari pukul 10.00 WIB012.00 WIB tidak mencatat adanya aktivitas petir di sekitar Jalan Cemara sampai radius 20-50 km," tulis rilis BMKG, Kamis (11/2/2021).

1. Tidak ada anomali gangguan kemagnetan di atmosfer

Ada Suara Gemuruh di Bandung, BMKG: Mungkin Aktivitas ManusiaPixabay.com

Selain itu, cuaca saat masyarakat mendengar suara tersebut cukup cerah, tidak ada perawanan di sekitar lokasi. Sedangkan dari data Kemagnetan, tidak menunjukkan adanya anomali atau gangguan kemagnetan di atmosfer.

"Konfirmasi dari LAPAN Bandung, belum ditemukan atau belum teridentifikasi adanya benda luar angkasa di sekitar lokasi kejadian," ungkap BMKG dalam lanjutan rilis.

2. Penyebab suara gemuruh belum bisa ditentukan

Ada Suara Gemuruh di Bandung, BMKG: Mungkin Aktivitas ManusiaIlustrasi Kilat (IDN Times/Mardya Shakti)

Berdasarkan hal-hal diatas, pada pukul 11.00 WIB–12.00 WIB tidak adanya aktivitas seismik maupun petir yang terjadi di sekitar wilayah Kota Bandung tepatnya di Jalan Setiabudi dan Jalan Cemara, Sukajadi. Penyebab dari suara tersebut masih belum dapat dipastikan.

"Namun, kemungkinan adanya suara tersebut disebabkan oleh aktivitas manusia," papar BMKG Bandung.

3. Suara gemuruh terjadi dua kali selang 30 menit

Ada Suara Gemuruh di Bandung, BMKG: Mungkin Aktivitas ManusiaIDN Times/Gregorius Aryodamar P

Yusnia, salah satu warga Bandung sempat mendengar suara gemuruh tersebut. Dia mendengarnya sekitar pukul 11.00 WIB.

"Saya tadi lagi menggendong anak, tadinya mikir suara pesawat, tapi kok lama. Akhirnya saya keluar tapi tidak ada pesawat yang melintas, suara tersebut masih terdengar," kata Yusnia.

Ia pun sempat merekam detik-detik suara gemuruh tersebut dengan ponselnya. Tak berselang alam suara gemuruh juga muncul sekitar pukul 11.44 WIB. Suara gemuruh yang kedua berlangsung lebih sebentar, yakni 2,5 menit.

Baca Juga: Geger Suara Dentuman di Kabupaten Sukabumi, Ini Penjelasan BMKG 

Topic:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya