Comscore Tracker

Pencarian Korban Longsor Sumedang Diperpanjang Tiga Hari

Tim SAR masih cari 15 korban yang diduga tertimbun

Sumedang, IDN Times - Tim SAR gabungan memperpanjang operasi pencarian korban longsor di Desa Cihanjuang, Kecamatan Cimanggung Kabupaten Sumedang selama tiga hari.

Sampai hari ke-7, tercatat masih ada 15 orang yang diduga masih tertimbun atau belum ditemukan. Selama 7 hari ini, tim SAR sudah berhasil menemukan jenazah korban longsor Sumedang sebanyak 25 orang.

1. Operasi pencarian ditambah tiga hari

Pencarian Korban Longsor Sumedang Diperpanjang Tiga HariPetugas tim SAR gabungan melakukan evakuasi di longsor Sumedang. (IDN Times/Bagus F)

Kepala Kantor SAR Bandung Deden Ridwansyah mengatakan, sesuai dengan SOP pencarian dan pertolongan, operasi SAR berakhir setelah 7 hari. Setelah melakukan evaluasi, operasi pencarian diputuskan untuk berlanjut sampai tiga hari berikutnya.

"Mengingat masih banyaknya korban dan banyaknya permintaan dari keluarga korban, pencarian diperpanjang hingga 3 hari ke depan," ungkap Deden, Jumat (15/1/2021).

2. Waspada pergerakan tanah susulan

Pencarian Korban Longsor Sumedang Diperpanjang Tiga HariDok. SAR Bandung

Selain cuaca buruk, kendala yang dialami tim SAR gabungan selama 7 hari ini cukup kompleks. Masih tingginya potensi longsor susulan juga menjadi kewaspadaan tersendiri bagi petugas di area operasi pencarian.

"Tebalnya material longsor serta potensi longsor susulan yang masih tinggi. Karena walau bagaimanapun juga keselamatan tim menjadi yang paling utama, namun kita akan terus memberikan yang terbaik," papar Deden.

3. Perpanjangan waktu sesuai instruksi Basarnas

Pencarian Korban Longsor Sumedang Diperpanjang Tiga HariIDN Times/SAR Bandung

Kepala Seksi Sumberdaya Kantor SAR Bandung Iwan Ramdani menegaskan, perpanjangan waktu operasi pencarian korban longsor Sumedang sesuai dengan instruksi Basarnas.

"Sesuai instruksi dari Kepala Basarnas kita sudah menerima radiogram bahwa pencarian diperpanjang sampai tiga hari ke depan," ujar Iwan.

4. Tiga hari babak tambahan diharap bisa optimal

Pencarian Korban Longsor Sumedang Diperpanjang Tiga HariTim SAR Gabungan mengevakuasi korban longsor Sumedang. (Dok. Tim SAR Bandung)

Jika dalam tiga hari ke depan operasi pencarian korban belum juga rampung, maka tim SAR akan melakukan evaluasi dan melaporkan kepada Basarnas pusat.

"Tentu kita akan melihat efektivitas. Kita juga berembug dengan stakeholder yang ada. Setelah itu kita konsultasikan lagi dengan Basarnas pusat," tutupnya.

Baca Juga: Dihantui Longsor, Tata Ruang Kabupaten Sumedang Harus Didesain Ulang

Baca Juga: Menteri PUPR: 224 Rumah di Area Longsor Sumedang Dikosongkan Permanen

Topic:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya