Comscore Tracker

Urai Kerumunan Massa Nataru 2021, Polda Jabar Jaga Tiga Jalur Ini

Jalur wisata akan menjadi fokus pengamanan Polda Jabar

Bandung, IDN Times - Kepolisian Daerah (Polda) Jawa Barat akan melakukan pengaman lalu lintas di tiga jalur di beberapa wilayah Jabar. Pengamanan dilakukan untuk mengurai kerumunan selama perayaan Natal dan Tahun Baru (Nataru) 2021.

Adapun tiga jalur yang akan dilakukan pengamanan  Polda Jabar yaitu, jalur tol dalam dan luar kota, jalur arteri dan jalur wisata seperti di Puncak Bogor dan Lembang, Kabupaten Bandung Barat (KBB).

1. Pengamanan sudah disiapkan hingga hari H Nataru 2021

Urai Kerumunan Massa Nataru 2021, Polda Jabar Jaga Tiga Jalur IniIDN Times/Azzis Zulkhairil

Direktur Lalu Lintas Polda Jabar, Kombes Eddy Djunaedi mengatakan, terkait pengamanan laku lintas Nataru 2021 saat ini sudah diatur oleh pemerintah daerah masing-masing. Seluruh personel sudah dikerahkan hingga hari H pergantian tahun.

"Semua sudah diatur, kami nanti hanya melakukan pengamanan, berkaitan dengan penyekatan yang ada di wilayah masing-masing," ujar Eddy saat ditemui usai apel pasukan di Jalan Diponegoro, Bandung, Senin (21/12/2020).

2. Pos pelayanan sudah disiapkan Polda Jabar

Urai Kerumunan Massa Nataru 2021, Polda Jabar Jaga Tiga Jalur IniIDN Times/Surya Aditya

Ia menjelaskan, sejumlah pos pengamanan untuk tiga jalur yang akan dilakukan pengawasan sudah dibuat. Beberapa personel Polda Jabar nantinya akan turut melakukan penjagaan bersama unsur pemerintahan daerah masing-masing.

"Kami sudah siapkan, pos pelayanan, pos pengamanan, ada semuanya sudah tergelar, kami siap memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat dalam rangka pengamanan Nataru," tuturnya.

3. Jalur wisatawan tidak ditutup penuh

Urai Kerumunan Massa Nataru 2021, Polda Jabar Jaga Tiga Jalur IniRencana pembangunan rest area puncak, Bogor (Dok. IDN Times/Kementerian PUPR)

Eddy mengungkapkan, meski akan dilakukan pengamanan jalur bukan berarti wisatawan tidak diizinkan masuk ke wilayah tersebut. Ia mengatakan, pembatasan sifatnya akan menyesuaikan kondisi di lapangan.

"Kami tetap mengutamakan prokes, kami imbau kepada masyarakat harap diketahui bersama bahwa saat ini pandemi COVID-19 belum selesai," katanya.

4. Masyarakat diminta tetap di rumah saja

Urai Kerumunan Massa Nataru 2021, Polda Jabar Jaga Tiga Jalur IniIlustrasi kemacetan. (ANTARAFOTO/Yulius Satria Wijaya)

Ia mengimbau, dalam kondisi saat ini ada baiknya masyarakat dapat menahan diri dan tidak melakukan perayaan yang berlebihan di luar rumah. Apa lagi, kata dia membuat acara yang sifatnya mengumpulkan banyak massa.

"Masyarakat lebih baik di rumah saja, untuk berlibur dengan keluarga, memanfaatkan waktu dengan keluarga yang baik," kata dia.

Untuk diketahui, dalam pengamanan Nataru 2021 Pemorov Jabar menerjunkan sebanyak lima ribu lebih personel gabungan dari TNI dan Polri. Semua personel ini akan ditempatkan di sejumlah daerah di Jabar.

Baca Juga: [BREAKING] Ditangkap Polda Jabar, Tarif Artis TA Rp75 Juta Per Hari

Baca Juga: Oded: Rapid Test Antigen Tak Wajib untuk Wisatawan di Bandung

Topic:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya