Tugas Amirul Hajj Selesai, Ridwan Kamil Pulang Ke Jabar

Hari ini Emil sampai Indonesia

Bandung, IDN Times - Gubernur Jawa Barat (Jabar) Ridwan Kamil alias Emil telah selesai bertugas sebagai Amirul Hajj untuk ibadah haji 2022 di Makkah. Orang nomor satu di Jabar ini akan pulang ke daerahnya pada Senin (18/7/2022) pagi waktu setempat.

"Hari Ahad atau Hari Minggu ini hari terakhir saya beribadah di Tanah Suci, besok Senin subuh sudah kembali pulang terbang ke Tanah Air tercinta. Semoga selamat sampai rumah," tulis Emil di akun instagram pribadinya, Senin (18/7/2022).

1. Pelaksanaan Amirul Hajj dilaksanakan dengan maksimal

Tugas Amirul Hajj Selesai, Ridwan Kamil Pulang Ke JabarRidwan Kamil (ANTARA FOTO/Raisan Al Farisi)

Selama menjadi Amirul Hajj, Emil bertugas mengawal dan memastikan sekitar 17.000 jemaah haji asal Jabar mendapatkan pelayanan maksimal. Dia juga juga rutin mengunjungi penginapan untuk menyapa dan memastikan jemaah haji mendapatkan pelayanan optimal dan menjalankan ibadah haji dengan khusyuk.

"Tugas menjadi Amirul Hajj Jawa Barat sudah dilaksanakan semaksimal mungkin. Berbagai koordinasi dan aksi melancarkan kegiatan jamaah haji sudah dilakukan dan terus dikerjakan dengan koordinasi dengan tim pendamping haji daerah," ungkapnya.

2. Ridwan Kamil juga menjalankan ibadal haji untuk Eril

Tugas Amirul Hajj Selesai, Ridwan Kamil Pulang Ke JabarGubernur Jawa Barat Ridwan Kamil (Dok. IDN Times)

Kemudian, Emil juga berkesempatan menjalankan badal haji untuk almarhum putra sulungnya Emmeril Khan Mumtadz yang meninggal karena tenggelam saat berenang di sungai Aare, Swiss. Emil melaksanakan semua kemauan dari Eril sebelum wafat.

"Haji Emmeril Kahn Mumtadz, sudah menyempurnakan rukun Islam ke-5 nya melalui fisik dan jiwa saya ayahnya. Setiap rukun dan ibadah saya kerjakan, seolah-olah almarhum yang melakukannya sendiri. Termasuk wasiatnya ingin berkurban di Palestina juga sudah ditunaikan," katanya.

3. Ridwan Kamil berharap haji Jabar bisa mabrur

Tugas Amirul Hajj Selesai, Ridwan Kamil Pulang Ke JabarGubernur Jawa Barat Ridwan Kamil (IDN Times/Kevin Handoko)

Emil juga berharap semua masyarakat Indonesia, khususnya Jabar, yang berhaji pada tahun ini mabrur. Emil mendoakan agar masyarakat Jabar yang pulang haji dari Arab Saudi selalu diberikan kesehatan.

"Selamat untuk semua jemaah haji Indonesia yang beruntung Allah panggil dan mudahkan urusannya dengan berhaji tahun 2022 ini. Semoga semua menjadi haji Mabrur dan hajjah mabrurah," kata dia.

Baca Juga: Disdik Jabar Pastikan Tidak Ada Perpeloncoan di MPLS SMA/SMK

Baca Juga: Disdik Jabar Pastikan Tidak Ada Perpeloncoan di MPLS SMA/SMK

Topik:

  • Galih Persiana

Berita Terkini Lainnya