RSHS Diduga Lalai, Walkot Bandung Minta Rumah Sakit Utamakan Pelayanan

Fakses harus menerapkan pelayanan berdasarkan SOP

Bandung, IDN Times - Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung meminta semua fasilitas kesehatan (faskes) di wilayahnya memaksimalkan pelayanan pada pasen sesuai Standar Operasional Prosedur (SOP).

Hal itu dilakukan usai terjadinya kasus duggan kelalaian Rumah Sakit Hasan Sadikin (RSHS) dalam menangani pasien yang berakibat meninggal dunia. Wali Kota Bandung, Yana Mulyana mengatakan bahwa seluruh faskes termasuk Rumah Sakit milik Kota Bandung memaksimalkan pelayanan.

"Kami akan menekankan seluruh faskes untuk memberikan pelayanan kesehatan sebaik-baiknya sesuai SOP di rumah sakit," ujar Yana, Sabtu (21/5/2022).

1. Yana menyayangkan terjadinya peristiwa ini

RSHS Diduga Lalai, Walkot Bandung Minta Rumah Sakit Utamakan PelayananIDN Times/Galih Persiana

Sebelumnya, Yana mengatakan bahwa ia sangat menyayangkan peristiwa ini terjadi, di mana RSHS diduga lalai dalam menangani pasien yang berakibat meninggal dunia. Rumah Sakit pada dasarnya harus menerapkan perlakuan sesuai SOP.

Meski begitu, Yana mengatakan bahwa hingga sampai saat ini ia belum mendapatkan kronologi yang jelas dari Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Bandung.

"Yang pasti kami tentu sangat menyayangkan kejadian ini, tapi karena saya juga belum dapat laporan dari Kadinkes, dan lagipula RSHS itu domainnya pemerintah pusat," ungkapnya.

2. Setiap RS harusnya menerapkan pelayanan berdasarkan SOP

RSHS Diduga Lalai, Walkot Bandung Minta Rumah Sakit Utamakan PelayananIDN Times/Istimewa

Setiap rumah sakit dipastikan memiliki SOP penanganan pasien. Menurutnya, hal itu harus diterapkan oleh pengelola agar tidak terjadi peristiwa di luar dugaan seperti ini. Namun, Yana juga belum daapt berkomentar banyak karena belum mengetahui secara pasti awal kasus ini.

"Setiap rumah sakit harusnya memiliki SOP masing-masing untuk pelayanan pasien. Nah, tapi saya juga belum tahu apa sebabnya di kasus ini," ungkapnya.

3. Yana akan koordinasi dengan Dinkes Bandung

RSHS Diduga Lalai, Walkot Bandung Minta Rumah Sakit Utamakan PelayananIDN Times/Galih Persiana

Disinggung soal langkah Pemkot Bandung untuk turut menengahi persoalan ini, Yana bilang bahwa ia akan berkoordinasi dengan Dinkes Kota Bandung terlebih dahulu. Sebab, Yana harus mengetahui terlebih dahulu awal kasus ini sebelum memberi tanggapan.

"Kalau koordinasi dengan RSHS belum ya, nanti saya coba tanya dulu Kadinkes. Tapi yang pasti, kita ikut prihatin, ikut berbela sungkawa. Mudah-mudahan ini kejadian yang pertama dan terakhir," kata dia.

4. Kasus ini berawal dari unggahan video korban dan viral

RSHS Diduga Lalai, Walkot Bandung Minta Rumah Sakit Utamakan PelayananArif Susanto, suami pasien yang meninggal di RSHS sedang berbincang dengan media. IDN Times/Debbie Sutrisno

Saat ini RSHS tengah mendapat sorotan dari masyarakat setelah sebuah video viral di media sosial. Dalam video tersebut seorang pasien yang tengah dirawat meninggal dunia, diduga karena suplai oksigen kepada yang bersangkutan lalai.

Suami pasien, Arif Susanto membenarkan video tersebut. Menurutnya, video itu diambil ketika dia meminta bantuan perawat mengganti tabung oksigen untuk istrinya yang sedang dirawat. Namun, petugas lambat dalam penanganan sehingga istrinya yang sakit kanker kulit akhirnya tidak tertolong.

Ditemui di rumahnya, Arif menyampaikan kekecewaanya pada petugas di RSHS saat istrinya dirawat. Sebab, dia sudah meminta pertolongan hingga tiga kali untuk ganti tabung oksigen tapi perawat mengabaikannya.

"Saya tidak mau gimana gitu, cuman minta (RSHS) datang ke sini. Lihat kondisi saya, anak saya, ibu saya. Minta maaf lah intinya mah ke sini (saya)," kata dia kepada IDN Times di rumahnya.

Menurutnya, permintaan agar RSHS datang ke rumahnya bukan berarti tidak minta pertanggungjawaban atas meninggal istrinya. Karena semua ini sudah takdir, tapi Arif hanya berharap pihak RSHS mengakui kesalahannya.

"Jadi tidak ada kepikiran jauh-juah. Hanya minta maaf ke saya, ibu, dan anak. Itu saja," kata dia.

Baca Juga: Kronologis Video Viral Pasien Wafat di RSHS karena Kekurangan Oksigen

Baca Juga: Video Viral, RSHS Bantah Tak Tangani Pasien hingga Meninggal Dunia

Topik:

  • Galih Persiana

Berita Terkini Lainnya