Ridwan Kamil Prediksi Kasus COVID-19 di Jabar Meningkat di Juli 2022

Masyarakat diminta tetap terapkan prokes maksimal

Bandung, IDN Times - Gubernur Jawa Barat (Jabar) Ridwan Kamil alias Emil memprediksi bahwa akan ada peningkatan kasus COVID-19 di wilayahnya pada Juli 2022. Prediksi ini dikeluarkan setelah melakukan perhitungan ilmiah.

"Prediksi puncaknya di bulan Juli, menurut hitungan ilmu setelah Juli nanti turun lagi, nanti landai lagi. Hal begini itu akan mengiringi, makanya dari awal kita sampaikan COVID-19 tidak akan hilang dan akan datang dan pergi," ujar Emil di Gedung Sate, Rabu (22/6/2022). 

1. Vaksinasi di Jabar sudah dilakukan secara maksimal

Ridwan Kamil Prediksi Kasus COVID-19 di Jabar Meningkat di Juli 2022Ridwan Kamil (ANTARA FOTO/Raisan Al Farisi)

Meski akan ada puncak kenaikan kasus COVID-19, Emil memastikan bahwa saat ini kekebalan kelompok di masyarakat juga sudah terbentuk. Vaksinasi di Jabar sendiri sudah mencapai target.

"Vaksinasi kita sudah sangat maksimal, sehingga menurut Kemenkes daya tahan masyarakat indonesia oleh vaksin ini di atas 90 persen," ungkapnya.

2. Gubernur ingatkan prokes untuk tetap diterapkan

Ridwan Kamil Prediksi Kasus COVID-19 di Jabar Meningkat di Juli 2022Ilustrasi kampanye menggunakan masker. (ANTARA FOTO/Destyan Sujarwoko)

Selain itu, Emil meminta masyarakat untuk tidak mengabaikan protokol kesehatan, meski pemerintah pusat sudah memberikan kelonggaran dengan mencabut aturan penggunaan masker di ruang publik.

"Tetap prokes, vaksin ditingkatkan apalagi Jabar dosis satu dosis dua sudah mendekati 100 persen. Terus rata-rata 30 persen-an menandakan mayoritas dari 37 juta itu sudah tercapai," katanya.

3. Kasus harian COVID-19 di Jabar mengalami peningkatan

Ridwan Kamil Prediksi Kasus COVID-19 di Jabar Meningkat di Juli 2022Gubernur Jabar Ridwan Kamil bersama Wakil Gubernur Uu Ruzhanul Ulum saat memimpin rapat evaluasi penanganan COVID-19 di Mapolda Jabar (Dok. Humas Jabar)

Sebelumnya, kasus COVID-19 harian di kabupaten dan kota di Jabar mengalami peningkatan. Adapun peningkatan ini terjadi sejak Senin (20/6/2022). Pantauan IDN Times melalui laman Pikobar Jabar, pada 8 Juni 2022 ada 83 terkonfirmasi COVID-19, 10 Juni ada 106 terkonfirmasi.

Kemudian, pada 20 Juni 2022 ada 184 kasus. Adapun peningkatan kasus terbanyak ada di wilayah perkotaan, yakni Kota Bandung dengan 27 kasus, Kota Bekasi 48 kasus, dan Kota Depok 48 kasus. 

Baca Juga: 27 Daerah di Jabar PPKM Level 1, Dinkes Jabar Minta Prokes Tetap Ketat

Baca Juga: Disdik Jabar Tambah Wilayah Zonasi untuk PPDB 2022 Jabar

Topik:

  • Galih Persiana

Berita Terkini Lainnya