Puting Beliung Sumedang Rusak Empat Kawasan di Dua Kecamatan

Tiupan angin puting beliung akibatkan truk terguling

Bandung, IDN Times - Peristiwa bencana alam puting beliung turut memporak-porandakan rumah warga di Kabupaten Sumedang, Rabu (21/2/2024). Berdasarkan data sementara, ada dua kecamatan yang turut terdampak dari peristiwa ini.

Dari beberapa video yang beredar, angin puting beliung turut membuat beberapa kendaraan motor terparkir di PT. Dwipapuri Abadi tepatnya Jalan Raya Rancaekek Km 24.5, Mangunarga, Kecamatan Cimanggung, Kabupaten Sumedang, berjatuhan.

Salah satu yang terlihat ada tiga buah truk yang turut terguling. Kemudian, angin puting beliung juga merusak rumah warga di Jalan Cibungur, Kecamatan Jatinangor. Selain itu, angin juga merangsek beberapa rumah warga di Perumahan Ratu Bilqis 7, Cinta Mulya, Kecamatan Jatinangor.

Selain itu, warga setempat, Nandri (30 tahun) mengatakan, ada beberapa blok di Perumahan Ratu Bilqis 7 yang terdampak angin puting beliung. Namun untuk blok E tidak mengalami dampak serius.

"Wilayah terdampak ada di Blok a, b, c, dan d. Mayoritas kerusakan genteng rumah. Tadi sempet liat belakang kahatex bolong atap nya. Sekarang warga tengah memperbaiki kerusakan," kata Nandri.

Pranata Humas, BPBD Provinsi Jawa Barat, Hadi Rahmat mengatakan, peristiwa ini terjadi pada Pukul 16.00 WIB. Dia memastikan, ada beberapa bangunan yang mengalami kerusakan dari peristiwa ini.

"Dampak Sementara depan PT Kwalram, Kawasan Industri Dwipapuri. Kemudian depan Borma Rancaekek, Asrama Polda Brimob Jabar, dan depan Indomaret Eston Jatinangor," ujar Hadi saat dikonfirmasi.

Dia memastikan, saat ini anggota BPBD Jawa Barat bersama Pemkab Sumedang tengah melakukan penanganan di lokasi kejadian guna memberinya penanganan dan pendataan objek yang terdampak m

"BPBD Provinsi Jawa Barat berkoordinasi dengan BPBD Kab Sumedang, dan kini sedang melakukan assesment," kata dia.

Baca Juga: Sumedang Diguyur Hujan, TPS Pemilu 2024 Digelar di Garasi Rumah RT

Baca Juga: TPS Keliling Disiapkan untuk Korban Banjir di Sumedang

Topik:

  • Yogi Pasha
  • Retno Rahayu

Berita Terkini Lainnya