Pemprov Jabar Anggarkan Rp15 Miliar Untuk Subsidi Sembako Ramadan 2022

Subsidi akan diberikan pada beberapa komoditas sembako

Bandung, IDN Times - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Barat (Jabar) berencana akan memberikan subsidi pada beberapa komoditas sembako saat Ramadan 2022. Anggaran dari program ini diperkirakan mencapai Rp15 miliar.

Iendra Sofyan, Kepala Disperindag Jabar mengatakan, iklim pasar menjelang Ramadan tidak bisa dipungkiri selalu terjadi kenaikan harga. Oleh karena itu, Pemprov Jabar berencana memberikan subsidi pada masyarakat kecil.

"Ini sifatnya subsidi, jadi hanya beberapa komoditas sembako, dan tidak semua dijual dalam operasi pasar. Ini tentunya yang terdampak, seperti kemarin kita ada subsidi dari pemerintah pusat di minyak goreng," ujar Iendra, Senin (21/3/2022).

1. Beberapa komoditas subsidi masih dipelajari

Pemprov Jabar Anggarkan Rp15 Miliar Untuk Subsidi Sembako Ramadan 2022Iendra Sofyan, Kepala Disperindag Jabar (IDN Times-Azzis Zulkhairil)

Disperindag Jabar hingga saat ini masih menganalisis beberapa kebutuhan pokok pangan masyarakat yang mengalami peningkatan harga dan stok yang berkurang. Nantinya, kata Iendra, tim akan menyusun kebutuhan pokok dan memasukannya pada daftar untuk diberi subsidi.

"Dana subsidi Rp15 miliar di mana barangnya masih kita kaji, beras gula pasir daging pastinya tidak semua disubsidi. Nantinya kami akan didampingi Badan Pengelola Keuangan Daerah (BPKD)," ungkapnya.

2. Kebaikan harga jelang Ramadan 2022 disebut wajar

Pemprov Jabar Anggarkan Rp15 Miliar Untuk Subsidi Sembako Ramadan 2022ilustrasi cabe (pexels.com/Artem Beliaikin)

Meski begitu, Iendra bilang, beberapa strategi lain saat ini juga terus disiapkan Pemprov Jabar. Adapun soal dinamika naik-turunnya harga, kata dia, merupakan dinamika yang rutin terjadi setiap hari keagamaan.

"Saya kira ini dinamika tiap tahun selalu terjadi, paling tidak ada dua momen terutama dalam bahan pokok secara umum dan hari besar keagamaan," katanya.

3. Stok dalam gudang Bulog diklaim mencukupi

Pemprov Jabar Anggarkan Rp15 Miliar Untuk Subsidi Sembako Ramadan 2022Ilustrasi. ANTARA FOTO/Muhammad Bagus Khoirunas

Sebelumnya Badan Urusan Logistik (Bulog) wilayah Jawa Barat (Jabar) memastikan stok beras jelang rRamadan dan Idulfitri 2022 aman. Ketersediaan beras bahkan bisa mencukupi hingga akhir tahun ini.

Faisal, Kepala Bulog Wilayah Jabar mengatakan, berdasarkan pendataan dan perhitungan di gudang, kebutuhan beras untuk masyarakat Jabar sangat mencukupi hingga akhir tahun.

"Stok di gudang Bulog Jabar saat ini ada sekitar 150 ribu ton. Dan itu kemudian akan ada tambahan karena sebentar lagi masuk panen," ujar Faisal melalui keterangan resmi, Kamis (10/3/2022).

4. Bulog siap memasok kebutuhan operasi pasar Pemprov Jabar

Pemprov Jabar Anggarkan Rp15 Miliar Untuk Subsidi Sembako Ramadan 2022ANTARA FOTO/Muhammad Bagus Khoirunas

Selain beras, Faisal bilang, Bulog Jabar juga sudah melaksanakan operasi pasar khusus minyak goreng dan sudah tersalurkan sebanyak 300 ribu liter di sejumlah kota dan kabupaten di Jabar. Kata dia, Bulog telah memesan 800 ribu liter minyak goreng, tetapi masih menunggu kiriman distributor.

"Kami juga siap memasok kebutuhan operasi pasar beras, gula pasir, dan daging, atau untuk bantuan sosial (Bansos) Jabar," katanya.

Baca Juga: HET Minyak Goreng dicabut, Pemprov Jabar Minta Polda Pantau Distribusi

Baca Juga: Terhenti Akibat Corona, Pemprov Jabar Mulai Berangkatkan Jemaah Umrah

Topik:

  • Galih Persiana

Berita Terkini Lainnya